Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Manajemen Bisnis Terbaik di Indonesia

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Melanjutkan pendidikan sampai ke bangku kuliah merupakan impian semua orang. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dikarenakan ijazah yang tinggi juga berpengaruh terhadap pekerjaan apa yang Anda peroleh nantinya. Dengan kuliah Anda akan mendapatkan gelar yang baik dan ijazah yang sangat diperlukan di Indonesia ini untuk mencari pekerjaan. Selain memilih tempat kuliah yang baik Anda juga harus memilih jurusan apa yang Anda inginkan. Dari tahun ke tahun pasti ada yang namanya jurusan favorit, salah satunya adalah jurusan manajemen bisnis.

Pada tahun ini saja peminat jurusan manajemen bisnis juga masih tinggi dan tidak terjadi penurunan yang drastis di tahun-tahun sebelumnya. Kebanyakan orang memilih jurusan manajemen bisnis karena prospek kerjanya yang bagus. Jurusan studi bisnis dan manajemen termasuk ilmu praktis yang bisa langsung diterapkan dalam konteks pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Jika Anda mengambil jurusan ini maka Anda langsung dapat menerapkan ilmu dalam hal berbisnis. Banyak mahasiswa di jurusan ini yang sudah menjadi pengusaha sukses atau mendapatkan karir yang baik di perusahaan.

Di Indonesia sendiri terdapat universitas negeri dan swasta dengan akreditasi jurusan manajemen bisnis yang baik. Mulai dari jenjang S1, S2, dan S3 atau dari universitas swasta atau negeri semuanya sudah ada. Kualitasnya pun tidak kalah baik dengan kampus yang ada di luar negeri. Seperti yang diketahui untuk masuk ke jurusan ini memanglah sedikit sulit karena persaingan yang ketat. Namun tenang saja karena terdapat banyak pilihan universitas yang dapat Anda ambil. Mungkin banyak yang masih bingung untuk memilih universitas mana yang terbaik dalam jurusan manajemen bisnis ini. Maka dari itu berikut ini terdapat daftar universitas negeri dan swasta di Indonesia yang terbaik dalam jurusan manajemen bisnis.

 

Mengenal Jurusan Manajemen Bisnis

 

Jika Anda bingung memikirkan jurusan apa yang akan diambil sewaktu kuliah nanti, maka jurusan manajemen bisnis ini dapat menjadi pilihan. Terlebih jika Anda memiliki jiwa dan bakat untuk mengelola bisnis. Program studi manajemen ini mempelajari tentang tanggung jawab untuk pengelolaan organisasi atau perusahaan, yang mana merupakan cabang ilmu bisnis.

Program studi manajemen juga masuk ke dalam bidang ekonomi dan bisnis, namun lebih fokus ke kegiatan mengelola, mengatur dan merencanakan semua proses yang ada di dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut. Tujuan jurusan manajemen ini adalah mempelajari ilmu – ilmu yang berhubungan tentang siklus perusahaan. Karena lulusan jurusan manajemen ini diharapkan dapat mengambil keputusan untuk kemana arahnya perusahaan dan kebijakan – kebijakan yang berlaku.

Banyak sekali yang dipelajari pada jurusan ini. Pada semester pertama mungkin Anda akan banyak untuk menghafal teori-teori. Namun secara garis besar yang dipelajari pada jurusan manajemen bisnis adalah

  • Memahami tujuan yang harus dicapai
  • Mengumpulkan dan menganalisis data, informasi
  • Menyusun rencana dan/atau strategi berdasarkan prinsip: ‘Efisien dan Efektif’
  • Mengimplementasikan rencana
  • Mengevaluasi

 

Baca Juga :    Jurusan Populer untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Alasan Mengambil Jurusan Manajemen Bisnis

Dari pengertian diatas Anda pasti memiliki gambaran seperti apa jurusan manajemen bisnis itu. Kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang berkuliah di jurusan tersebut masih sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak heran jika tiap tahun menjadi jurusan yang paling banyak diminati calon mahasiswa. Agar Anda lebih mengerti alasan jurusan ini banyak diminati maka simaklah penjelasan dibawah ini :

  • Lulusannya banyak diminati perusahaan

    Banyak perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan untuk lulusan Manajemen Bisnis. Bahkan untuk tingkatan karier yang cukup baik, seperti manajer atau posisi lain yang lebih tinggi, beberapa perusahaan besar kini mencari dan memprioritaskan kandidat dengan gelar Master (S2) dalam bidang Manajemen atau Bisnis.

  • Dapat masuk ke berbagai bidang industri

    Ilmu Manajemen Bisnis merupakan ilmu yang mudah diaplikasikan ke semua lini pekerjaan. Alhasil karier Anda tak terbatas pada satu bidang khusus, namun bisa merambah ke macam-macam sektor dari ritel, logistik dan distribusi, trading, properti, jasa, sampai ke industri e-commerce dan masih banyak lagi. Selain bekerja di perusahaan, Anda juga bisa masuk dalam badan-badan pemerintahan, sampai organisasi internasional.

  • Memperlengkapi untuk memulai usaha sendiri

    Jurusan ini tidak hanya banyak diminati oleh para profesional yang bekerja dalam bidang bisnis maupun manajemen. Tetapi juga memiliki potensi yang besar bagi mereka yang ingin merintis usaha sebagai entrepreneur.
    Anda yang ingin menjadi entrepreneur bisa sangat terbantu dengan pengetahuan yang Anda pelajari di perkuliahan Manajemen Bisnis.

Baca Juga:    Rekomendasi Kampus di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

 

Rekomendasi Universitas Negeri Jurusan Manajemen Bisnis

 

Terdapat banyak universitas negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi terbaik untuk jurusan manajemen bisnis ini. Kualitas pengajaran yang diberikan oleh kampus negeri di Indonesia juga tidak kalah dengan kampus di luar negeri dengan jurusan yang sama. Banyak alumni dari kampus negeri di jurusan ini yang menjadi orang-orang penting di Indonesia. Dibawah ini terdapat rekomendasi universitas negeri jurusan manajemen yang sudah terbukti dan terakreditasi baik adalah

  • Institut Teknologi Bandung (ITB)

    Kampus yang selalu menjadi kampus nomor satu di Indonesia ini memiliki jurusan manajemen yang dikenal dengan SBM ITB atau School of Business Management ITB. Sekolah jurusan bisnis dan manajemen sudah berdiri sejak tahun 2003 dan terus berkembang sampai saat ini. SBM ITB juga merancang mata kuliah dengan basis IBE atau integrated Business Experience yang membuat Anda mendapat pengalaman bisnis sendiri. Kuliah Manajemen di kampus negeri ini tersedia lengkap sampai ke jenjang magister – Master of Science in Management dan Master of Business Administration.

  • Universitas Indonesia (UI)

    Jurusan Manajemen Universitas Indonesia (UI) beralamatkan di Jl. Profesor Dr Selo Soemardjan, Jakarta, Indonesia. Program studi manajemen di Universitas Indonesia ini memiliki akreditasi dari BAN-PT yaitu A. Serta mendapat predikat jurusan bisnis terbaik ada di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis di UI merupakan yang terbaik di Indonesia, tentunya dengan beragam pilihan departemen. Dilihat dari laman resminya, ada tiga departemen, yang pertama adalah Ilmu Ekonomi, Akuntansi, dan Manajemen. Ilmu-ilmu tentang bisnis bisa Anda pelajari di Departemen Manajemen. Buat Anda yang ingin mempelajari sistem maupun proses bisnis ala syariah, ada juga Program Studi Bisnis Islam untuk jenjang S1. Biayanya pendidikannya dimulai dari Rp 25 jutaan.

  • Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini memiliki jurusan manajemen yang berada di bawah Fakultas Ekonomika & Bisnis. Lokasi fakultas tersebut berada di Jalan Sosio Humaniora, Bulaksumur No.1, Karangmalang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Jurusan manajemen UGM juga memiliki dua program, yaitu sarjana reguler dan sarjana internasional. FEB UGM juga kerap menjadi tujuan belajar para mahasiswa dari mancanegara. Dilihat dari website resminya, mereka menerima setidaknya 150 mahasiswa mancanegara setiap tahunnya. Program studi yang ditawarkan pun juga beragam, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3.

  • Universitas Diponegoro (UNDIP)

    Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro (UNDIP) beralamatkan di jalan H. Profesor Soedarto, SH, Tembalang, Kota Semarang 50275. Jurusan yang telah berdiri sejak tahun 1980, telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Tidak hanya jurusan manajemen saja yang memiliki akreditasi A, namun Universitasnya pun menyandang akreditasi A. Terdapat 3 kejuruan dalam Jurusan manajemen di UNDIP. Berikut kejuruan dalam jurusan manajemen yaitu akuntansi, manajemen sumber daya manusia, pemasaran. Dilihat dari laman kampus ini, untuk jenjang S1 saja mereka ada Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Akuntansi, Ekonomi Islam. Sementara untuk jenjang S2 ada Magister Manajemen, Akuntansi, serta Ilmu Ekonomi dan Pembangunan. Kalau untuk Anda yang berminat mengambil gelar doktor di FEB Undip ada program studi Doktor Ilmu Ekonomi.

  • Universitas Airlangga (UNAIR)

    Kampus yang biasa disebut UNAIR ini memiliki jurusan manajemen dengan akreditasi A. UNAIR juga merupakan salah satu kampus negeri terfavorit di Indonesia yang berada dalam peringkat lima besar kampus terbaik. Fakultas ini telah berdiri sejak tahun 1953 yang diberi nama Perguruan Tinggi Ekonomi Krisnadwipayana. Ada 4 departemen yang bisa Anda pilih, diantaranya Manajemen, Ilmu Ekonomi, Ekonomi Syariah, dan Akuntansi. Semua departemen tersebut telah mengantongi akreditasi dari lembaga dalam negeri maupun luar negeri. Jadi sudah dijamin kalau kualitas pendidikannya sangat baik dan menghasilkan lulusan-lulusan yang berkompeten.

 

Rekomendasi Universitas Swasta Jurusan Manajemen Bisnis

Tidak terdapat perbedaan yang berarti dari segi kualitas pendidikan yang diajarkan oleh universitas negeri maupun swasta. Pandangan masyarakat yang menganggap berkuliah di kampus swasta cenderung kurang baik. Namun anggapan tersebut salah besar karena memang sama-sama memberikan kualitas pendidikan terbaik dan sudah terdapat kampus swasta dengan akreditasi A. Banyak rekomendasi universitas swasta jurusan manajemen bisnis yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan, antara lain :

  • Prasetya Mulya Business School

    Prasetya Mulya Business School dikenal dengan jurusan bisnisnya yang terkenal. Jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, Prasetya Mulya Business School mampu bersaing. Lokasi kampus ini juga strategis karena terletak di BSD City, Tangerang. Program studi yang ditawarkan untuk jenjang S1 di kampus ini cukup beragam, seperti program studi Akuntansi, program studi Bisnis, program studi Pemasaran, program studi Event, program studi Keuangan dan Perbankan, program studi Bisnis Ekonomi, program studi Hukum Bisnis Internasional, dan program studi Bisnis Perhotelan. Prasetya Mulya Business School juga menawarkan peluang untuk melanjutkan studi hingga jenjang master dengan program Magister Manajemen.

  • IPMI International Business School

    Sebagai salah satu universitas swasta, kampus ini justru dikenal sebagai sekolah bisnis yang perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, metode pembelajaran yang diterapkan pun seperti Universitas Harvard. Anda bisa meraih gelar sarjana di program studi manajemen dengan peminatan atau penjurusan Akuntansi dan Keuangan, Kewirausahaan dan Manajemen, serta Bisnis Internasional.

  • Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida)

    Universitas Kristen Krida Wacana (UKRIDA) merupakan perguruan tinggi swasta yang berdiri sejak tahun 1967 di bawah naungan GKI Sinode Jakarta Barat. UKRIDA memiliki tiga kampus dan dua rumah sakit pendidikan, dengan 5 fakultas dan 13 program studi, serta didukung program soft skills untuk menyiapkan mahasiswanya siap terjun di dunia karier. Semua program studi telah terakreditasi Baik, Sangat Baik, dan Unggul oleh BAN-PT.

  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

    Universitas yang masih berada di bawah naungan Muhammadiyah ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Didirikan pada 1964 silam, kini, universitas ini berlokasi di daerah Malang, Jawa Timur, dengan jumlah program studi sebanyak 56 buah. Universitas Muhammadiyah Malang ini memiliki lima jurusan unggulan termasuk jurusan manajemen. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang ini berada di posisi 39 Kemenristekdikti, peringkat 34 Webometrics, serta peringkat 39 UniRank.

  • Telkom University

    Sebagai salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia, Universitas Telkom merupakan universitas yang terhitung baru berdiri. Pada Agustus 2013 silam, empat badan pendidikan yang berada di bawah PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melakukan merger sehingga sekarang terciptalah Universitas Telkom yang terdiri dari tujuh fakultas ini. Ada empat jurusan yang jadi jurusan unggulan di Universitas Telkom, salah satunya adalah jurusan manajemen bisnis. Universitas Telkom sudah bertengger di peringkat 61 Kemenristekdikti, peringkat 25 Webometrics, dan peringkat 24 UniRank.

 

Kesimpulan dan Penutup

Diatas merupakan sebagian universitas negeri dan swasta yang disebutkan. Masih terdapat banyak universitas negeri dan swasta yang menghadirkan jurusan manajemen bisnis terbaiknya. Sebenarnya berkuliah di universitas negeri maupun swasta bukanlah menjadi pembeda. Namun Anda yang harus memiliki semangat belajar tinggi agar dapat meraih kesuksesan Anda nantinya. Hal yang sangat penting adalah jangan sampai berhenti ditengah jalan sewaktu duduk di bangku kuliah karena hal itu sangat merugikan diri Anda dan orang tua.

Berbicara lagi mengenai jurusan manajemen bisnis yang memiliki saingan sangat ketat untuk masuk kesana, tentunya Anda juga harus belajar lebih giat untuk lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Perlu Anda ketahui juga prospek lulusan jurusan manajemen bisnis ini juga sangat baik. Beberapa pilihan karir yang tersedia untuk pemegang kualifikasi manajemen bisnis adalah Posisi-posisi Manajerial, Analis bisnis / Business analyst, Business development
Marketing & sales executive, Wiraswasta / Entrepreneur, Pemimpin perusahaan. Cocok untuk Anda yang sangat ingin bekerja di bidang bisnis.

Related Post :