Rekomendasi Website Streaming Musik Terbaik dan Gratis untuk Digunakan

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Streaming musik telah berkembang pesat sejak awal dan sekarang menjadi salah satu cara terbaik untuk mendengarkan musik. Banyak layanan streaming yang memungkinkan Anda mendengarkan musik secara gratis, yang mana telah membantu mengekang perlunya pembajakan sementara artis masih mendapatkan setidaknya sedikit penghasilan atas karya dan pekerjaan mereka.

Bagi jutaan orang di seluruh dunia, mendengarkan musik berarti mengalirkan musik. Itulah yang membuat industri musik berkembang dari waktu ke waktu mengikuti perubahan zaman dan juga teknologi, seperti saat ini zaman digitalisasi dimana musik bisa didengarkan secara online. Streaming adalah salah satu cara tersebut yang diprediksikan akan selalu ada hingga masa mendatang.

Apakah Anda juga ingin mencoba menggunakannya sendiri atau ingin mengunggah hasil karya Anda sendiri dan jadi bagaimana tepatnya cara kerja aplikasi -aplikasi musik ini? Selain mudah diakses, terdapat pula banyak streaming yang bisa Anda coba sendiri. Jika Anda sedang berburu musik, berikut adalah aplikasi streaming musik dan layanan streaming musik terbaik untuk didengarkan di gadget Anda.

 

Cara Kerja Streaming Musik

Rekomendasi Website Streaming Musik Terbaik dan Gratis untuk Digunakan
 

 

Sebagian besar platform streaming menawarkan perpustakaan lagu, album, dan daftar putar yang menakjubkan. Semua lagu ini secara teoritis dapat dimainkan oleh setiap pengguna pada satu waktu melalui internet, di mana pun mereka berada, dan apa pun perangkat yang mereka gunakan. Dari sudut pandang teknis, streaming berfungsi dengan mengirim (atau, streaming) informasi dari server ke pemain individu.

Lagu sebenarnya ada di server sebagai file mentah. File mentah berukuran besar dan mendetail, sehingga harus dikompresi agar dapat berjalan melalui internet secara instan. Ketika aliran mencapai perangkat Anda, itu akan memecahkan kode informasi yang dikompresi menggunakan aplikasi atau plugin.

Karena file mentah dikompresi untuk transmisi, beberapa orang berpendapat bahwa streaming musik memiliki kualitas yang lebih rendah daripada format lain seperti CD, piringan hitam, atau bahkan unduhan digital. Ini benar secara luas. Kualitas streaming default Spotify adalah 160 kbps. File MP3 biasa biasanya berukuran 320 kbps (sama dengan pengaturan opsional “streaming kualitas tinggi” Spotify). CD biasanya 1.411 kbps.

Keberhasilan streaming musik telah membuktikan bahwa pendengar tidak serta merta mengutamakan kualitas daripada kuantitas dan kenyamanan. Banyaknya lagu yang tersedia, dan kemudahan untuk menemukan dan mendengarkannya adalah daya tarik yang sesungguhnya. Dan itu menjadi sangat populer, sehingga seluruh industri harus mengatur ulang di sekitarnya sehingga pada 2019, jumlah streaming mencapai satu triliun untuk pertama kalinya dalam sejarah, dan pada bulan Maret, diperkirakan 80% pendapatan dari musik rekaman dihasilkan oleh Streaming.

 

Baca Juga :    Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify dengan Mudah dan Cepat

 

Dampak Streaming Musik kepada Artist

Salah satu cara utama streaming memengaruhi kehidupan artis adalah melalui pembayaran royalti. Meskipun streaming adalah langkah maju dari unduhan ilegal, yang jelas tidak menghasilkan uang sama sekali bagi artis, layanan ini sangat sedikit memberikan benefit kepada artis, produser, penulis lagu, dan label rekaman yang menyediakan musik kepada mereka dan tentu saja hal itu telah mengubah cara musisi membuat musik.

Bagi banyak orang, royalti yang lebih rendah dari rekaman berarti peralihan ke pertunjukan live sebagai cara utama menghasilkan uang. Meskipun demikian, laporan Wall Street Journal menemukan bahwa artis merilis lebih banyak musik daripada sebelumnya. Para ahli menduga hal ini terjadi karena adanya kemudahan merekam, merilis, dan memasarkan musik di era digital, yang banyak di antaranya didorong oleh streaming.

 

Baca Juga :      Mengenal Apa itu Copyright Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Cara Kerjanya

 

Rekomendasi Website Streaming Musik Terbaik dan Gratis

Rekomendasi Website Streaming Musik Terbaik dan Gratis untuk Digunakan
 

Jelas bahwa streaming lagu sekali tidak sama dengan membeli satu CD, atau bahkan mendownload lagu secara digital. Semuanya kini lebih dipermudah dan bisa diakses kapan saja, seperti beberapa layanan aplikasi streaming musik berikut ini.

 

  • Apple Music

    Apple Music menjadi trending di akhir 2015 dan dengan cepat menjadi salah satu aplikasi streaming musik terbaik di luar sana. Aplikasi ini menampilkan 30 juta lagu bersama dengan daftar putar, live radio 24/7, dan Anda dapat mengunggah musik Anda dan mengalirkannya ke perangkat Anda. Ada juga komponen sosial tempat Anda dapat mengikuti artis dan melihat apa yang mereka lakukan. Aplikasi ini juga memiliki berbagai paket bulanan, termasuk paket individu, paket pelajar yang lebih murah, dan paket keluarga yang mendukung hingga enam anggota keluarga. Kekurangannya adalah keterbatasan ketersediaan di banyak negara di mana banyak dari layanan lain ini tidak tersedia.

  • Deezer

    Deezer mengalami pasang surut, namun layanan streaming ini masih beroperasi. Menawarkan berbagai fitur biasa, termasuk daftar putar, stasiun, rekomendasi, dan Flow, hingga fitur soundtrack pribadi. Deezer juga menawarkan 43 juta lagu di lebih banyak negara daripada banyak pesaing. Mungkin fitur terbaiknya adalah opsi streaming Hi-Fi dengan kualitas FLAC 16-bit seharga $ 19,99 per bulan.

  • SoundCloud

    SoundCloud adalah layanan streaming musik yang sangat populer diantara pembuat musik indie di seluruh dunia. Banyak orang mengunggah barang mereka ke SoundCloud dan fitur SoundCloud Go yakni layanan berdasarkan permintaan SoundCloud untuk menambahkan puluhan juta trek populer ke dalam campuran. Totalnya lebih dari 150 juta trek yang tersedia seharga $ 9,99 per bulan dan merupakan koleksi musik terbesar kedua setelah Google Play Musik dan YouTube Red. Ini adalah aplikasi yang tempat yang bagus untuk menemukan hal-hal indie yang tidak diketahui umum.

  • Spotify

    Spotify adalah salah satu aplikasi streaming musik paling terkenal di dunia. Ini menampilkan pengalaman yang solid lengkap dengan puluhan juta lagu, daftar putar, podcast, stasiun radio yang dikurasi, dan bahkan beberapa konten video. Hanya kombinasi kuat dari YouTube Red dan Google Play Musik yang memiliki keseluruhan pilihan konten video dan audio yang lebih baik. Spotify tersedia di banyak platform, stabil, dan tersedia di banyak tempat di seluruh dunia. Plus, versi gratisnya jauh lebih baik daripada kebanyakan pesaing. Ada aplikasi streaming musik lain yang berkinerja lebih baik di beberapa area, tetapi lebih buruk di area lain. Namun, Spotify melakukan semuanya dengan baik dan itulah mengapa itu populer. Anda juga dapat mencoba Stasiun Spotify jika ingin menikmati layanan ini dengan cara lain.

  • YouTube Music

    YouTube Music sekarang menjadi layanan streaming besar Google. Aplikasi ini berfungsi dengan cukup baik sebagai layanan streaming. Anda mendapatkan akses ke puluhan juta lagu yang sama seperti setiap layanan streaming lainnya. Namun, yang satu ini juga bersumber dari YouTube sendiri dan itu memberikan keuntungan dalam hal pilihan lagu. Aplikasi ini agak barebone tetapi fitur-fitur baru diluncurkan dengan cukup konsisten. Layanan ini pada akhirnya mengambil alih Google Play Musik dan sebagian besar fitur Google Play Musik sedang ditransfer ke layanan baru sebelum dimatikan.

  • Tidal

    Tidal menyebut dirinya sebagai layanan streaming musik oleh musisi. Aplikasi ini membanggakan lebih dari 48,5 juta lagu, dukungan di banyak negara, dan kelompok kepemilikan lebih dari selusin musisi dan penghibur. Beberapa fitur lainnya termasuk audio berkualitas CD 16-bit (seharga $ 19,99 per bulan), dukungan TV Android, daftar putar yang dikurasi, blog musik yang sebenarnya, dan lebih dari 130.000 video musik. Pesaing umumnya memiliki lebih banyak fitur dan tipu muslihat, namun, Tidal pasti lebih melayani penggemar musik yang serius daripada pendengar biasa yang membuatnya dan Deezer adalah satu-satunya dua opsi bagus untuk audiophile juga.

  • iHeartRadio

    Sebagai aplikasi favorit lama, iHeartRadio adalah salah satu yang terbaik dalam hal daftar putar dan stasiun radio yang dikurasi. Layanan ini juga menawarkan layanan musik premium atas permintaan dengan jutaan lagu. Pilihan radionya jauh lebih baik daripada kebanyakan pesaing. Versi $ 4,99 menambahkan pemutaran musik on-demand sementara $ 9,99 menambahkan banyak fitur tambahan. Meskipun banyak pesaing memiliki pilihan sesuai permintaan yang lebih baik, iHeartRadio akan selalu menjadi juara pasar stasiun radio gratis.

 

Baca Juga :    TikTok Saingi Spotify Dengan Meluncurkan Aplikasi Streaming Musik Online Resso

 

Kesimpulan dan Penutup

Streaming musik bekerja dengan cara yang sebenarnya cukup sangat sederhana. Yakni layanan streaming mengirimkan data ke streamer dalam jumlah kecil sehingga pengguna bisa mendapatkan musik pra-buffer yang telah di-buffer beberapa menit atau bahkan beberapa detik sebelum memutar lagu.

Mengingat bahwa pengguna memiliki koneksi internet yang baik, teknologi streaming memberikan pengalaman mendengarkan tanpa gangguan, tanpa pernah benar-benar menyimpan file di perangkat pengguna. Teknologi dan bisnis streaming ini secara keseluruhan dikembangkan sebagai tanggapan atas platform pembajakan musik di akhir 90-an dan awal 00-an.

 

 

Related Post :