Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify dengan Mudah dan Cepat

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Terhitung sejak bulan Maret tahun 2018, Spotify mengumumkan fitur terbaru dalam aplikasinya yang bernama Podcast. Hingga saat ini, keberadaan Podcast cukup berkembang dengan pesat. Anda bisa mencoba untuk mulai membuat akun dan berbagi cerita Anda sendiri melalui podcast dengan cara mencoba aplikasi Spotify yang mempunyai banyak peminat.

Spotify sendiri awalnya dikenal sebagai layanan streaming musisi yang bisa dinikmati melalui smartphone hingga komputer. Hanya saja bedanya disini, perusahaan streaming musik asal Swedia ini membayarkan royalti kepada musisi berdasarkan berapa banyak karya mereka di dengarkan. Sedangkan paket berlangganan yang di tawarkan adalah versi berbayar dan gratis dengan berbagai kelebihan tersendiri.

Namun, apakah Anda sudah memahami dan mengenal apa yang dimaksud dengan podcast? Atau sudah pernahkan Anda mendengar salah satu siaran podcast? Sebelum Anda memulai langkah baru di Spotify, mari cari tahu dan pelajari tentang podcast, sebuah tren penyiaran online masa kini dengan berbagai tema dan banyak di minati para pendengarnya dari seluruh dunia.

 

Mengenal Apa Itu Podcast

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify dengan Mudah dan Cepat
 

Banyak orang mungkin pernah mendengar siaran podcast tetapi belum memahami konsep siaran cara baru ini. Kebanyakan orang yang baru mengenal Podcast akan menyimpulkan bahwa Podcast merupakan salah satu layanan yang memiliki cara kerja layaknya radio. Meski benar begitu, tetapi sebenarnya Podcast dan radio itu berbeda. Keduanya hanya sama-sama berupa audio dan sekarang Podcast sudah bisa diakses dengan video.

Saat ini, terdapat berbagai jenis Podcast yang bisa Anda dengarkan. Bahkan pada iTunes, podcast juga menjamur hingga mencapai ribuan chanel dan akun. Terlebih Anda bisa memilih siaran mana yang ingin didengarkan sesuka hati. Tak heran jika keberadaan radio saat ini kian menurun seiring naiknya berkembangnya Podcast.

Selain itu, Podcast yang merupakan hasil rekaman ini umumnya tidak disiarkan secara langsung. Terlebih di dalam Podcast juga jarang sekali iklan yang muncul. Dengan begitu Anda akan lebih leluasa dalam mendengarkan audionya. Anda pun juga tidak perlu menyesuaikan jadwal siaran seperti yang dimiliki oleh radio.

Podcast juga mempunyai fitur dan format audio bagi mereka yang memilih mendengarkan daripada menonton keseluruhan siaran. Audio ini juga bisa berbentuk rekaman yang bisa di dengarkan kembali kapan saja Anda mau. Ini membuat aplikasi streaming ini menjadi banyak pilihan penyiar individual maupun perusahaan yang juga bergerak di bidang media penyiaran. Jika Anda juga tertarik untuk membuat dan meluncurkan chanel podcast Anda sendiri, berikut peralatan dasar yang harus Anda miliki dan juga lengkapi sebelum memulai penyiaran online Anda di dunia maya.

Baca Juga :   Kumpulan Website Download Lagu Gratis Untuk Mp3 dan Soundtrack

 

Peralatan yang Diperlukan Saat Membuat Podcast

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify dengan Mudah dan Cepat
 

Sebelum Anda memulai untuk membuat Podcast, ada beberapa alat yang perlu disiapkan. Beberapa alat tersebut antara lain :

  1. Mikrofon

    Mikrofon adalah alat yang paling mendasar yang wajib bagi setiap penyiar podcast. Anda dapat memilih beragam mikrofon dengan kualitas dan ragam harga yang sesuai dengan budget Anda. Begitu pula jenis tipe mikrofon yang juga menunjang kepraktisan pilihan Anda mulai dari mikrofon USB hingga mikrofon analog. Pastikan untuk menggunakan mikrofon yang berkualitas sehingga pendengar bisa mendengarkan suara jernih Anda.

  2. Audio interface

    Alat satu ini wajib ada khusus bagi Anda yang menggunakan mikrofon analog. Alat ini sendiri digunakan untuk mengkonversi audio analog menjadi audio digital. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk tetap menjaga kualitas audio yang bersih dan jernih meski di dengarkan melelui perangkat berbeda- beda.

  3. Komputer atau laptop

    Setelah Anda merekam suara dengan memakai mikrofon, maka Anda bisa mengeditnya. Baik itu untuk memotong suara yang dirasa tidak perlu, suara latar yang mengganggu atau menambahkan editan lain yang diperlukan. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan laptop atau komputer untuk mengedit rekaman suara tersebut.

  4. Web cam atau kamera

    Berbeda dengan dulu yang mana Podcast sangat identik dengan audio saja, podcast juga menambahkan visual dalam penyiaran mereka. Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat Podcast video sangat diperlukan web cam atau kamera yang memadai untuk merekam gambar. Perhatikan kualitas kamera yang Anda gunakan karena itu akan berpengaruh pada kejernihan gambar dan penangkapan serta penyelarasan audio.

  5. Digital Audio Workstation

    Digital Audio Workstation merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk memperhalus suara yang sudah direkam. Software ini sendiri memiliki banyak pilihan, seperti PreSonus, Reaper, Wavepad, dan masih banyak lagi. Menariknya Anda bisa mendapatkan software ini dengan gratis software.

  6. Pop Filter

    Software lain yang mungkin Anda perlukan adalah Pop Filter. Software ini dapat Anda gunakan untuk membuat audio Podcast menjadi lebih profesional. Anda dapat menghilangkan noise dan menjernihkan suara rekaman. Hanya saja, software ini berbayar maka jika dirasa tidak diperlukan Anda bisa tidak menggunakannya.

Itu dia beberapa alat maupun software yang perlu Anda siapkan untuk membuat Podcast. Jika semua peralatan telah siap, maka Anda bisa langsung mengetahui seperti apa cara mendaftarkan Podcast di Spotify berikut ini!

Baca Juga :   Jira : Aplikasi Manajemen Team Terbaik dan Mudah selain Trello

 

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify

Cara Mendaftarkan Podcast di Spotify dengan Mudah dan Cepat
 

Setelah selesai menyiapkan peralatan yang diperlukan untuk melakukan Podcast, maka Anda bisa mulai mempelajari cara mendaftarkan Podcast di Spotify. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda praktikkan.

  1. Tentukan topik terlebih dahulu

    Sebelum Anda benar-benar mendaftarkan diri di Podcast, pastikan Anda telah menentukan topik yang ingin dijadikan bahan obrolan ataupun pembahasan di Podcast nantinya. Pastikan Anda memilih topik yang memang benar-benar dikuasai. Jika perlu, pilih topik yang saat ini belum banyak dibahas oleh banyak orang.

  2. Mulai buat narasi sendiri

    Cara mendaftarkan Podcast selanjutnya, Anda bisa membuat narasi sendiri. Narasi tersebut akan membantu mempermudah Anda dalam memandu jalannya Podcast dengan baik. Namun, Anda juga tidak harus terpaku untuk membacanya, lakukan improvisasi jika diperlukan.

  3. Mulai lakukan recording

    Selanjutnya, Anda bisa melakukan cara mendaftarkan Podcast dengan recording. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda bisa menggunakan beberapa tools yang diperlukan. Kemudian pastikan mikrofon terhubung dengan komputer dan gunakan untuk turut merekam narasi Anda. Jika perekaman sudah selesai dilakukan, maka jangan lupa untuk mendengarkannya kembali. Kemudian mulai edit rekaman tersebut sesuai dengan keinginan dan pastikan bahwa file rekaman Anda tidak lebih dari 200 MB.

  4. Tentukan nama dan cover image untuk Podcast

    Selanjutnya, Anda bisa menentukan nama yang dapat mendeskripsikan konten Anda. Perlu dipastikan juga bahwa cara mendaftarkan Podcast dalam menentukan nama ini tidak boleh melebihi 20 karakter. Jika sudah, Anda juga bisa membuat cover image yang diinginkan sebagai sampul Podcast. Tetap pastikan bahwa gambar atau logo yang Anda gunakan tidak memiliki copyright agar terhindar dari masalah yang mungkin saja terjadi di waktu mendatang.

  5. Mulai pilih host website Anda

    Cara mendaftarkan Podcast selanjutnya adalah dengan memilih dan menentukan host website Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar Podcast Anda dapat tersedia di internet. Setelah itu, Anda akan memperoleh RSS feed jika sudah menguploadnya pada podcast.

  6. Terakhir, saatnya upload ke Spotify

    Cara mendaftarkan Podcast terakhir adalah dengan mengupload Podcast Anda di Spotify. Bagaimana caranya? Anda bisa mengikuti cara mendaftarkan Podcast di bawah ini :

    • Buka halaman Spotify untuk Podcaster
    • Kemudian masuk memakai akun Anda
    • Klik Get Started pada halaman Submit your Podcast
    • Selanjutnya centang kotak pada Terms and Conditions kemudian klik Continue
    • Lanjutkan dengan memasukkan link RSS feed pada kotak yang ada
    • Kemudian judul dan cover Anda akan muncul lalu klik Next
    • Di bagian Add Podcast Info Anda bisa menambahkannya dengan nama negara, kategori, bahasa, maupun penyedia layanan barulah tekan Next
    • Terakhir review kembali detail informasi dari Podcast yang ingin diupload, lanjutkan dengan tekan Submit.

Baca Juga :   Psikotes Gambar : Tips & Trick, Cara Menjawab, dan Contohnya

 

Kesimpulan dan penutup

Membuat chanel atau akun podcast merupakan hal yang banyk di lakukan banyak orang karena ini dapat memberikan mereka kendali penuh akan konten yang ingin mereka bagikan. Pemilik podcast juga bisa melakukan podcast mereka dimana saja dan kebanyakannya melakukan penyiaran online ini dari kediaman pribadi atau bahkan menyediakan studio pribadi.

Hanya saja, dikarenakan ada banyaknya chanel podcast di luar sana, Anda harus memikirkan tema dan benang merah untuk podcast Anda. Hindari membahas suatu teman yang sama yang bahkan mungkin sudah pernah dibicarakan dan menjadi suatu tren di masa lalu. Gunakan kreatifitas Anda, lakukan riset sebelum membahas suatu topik dan tentu saja, selalu konsisten untuk membawa konten Anda agar chanel podcast Anda akan lebih di dengar.

 

Related Post :

popup image