Tutorial Mengetahui Penggunaan Quota Bandwidth Pelanggan

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dalam mengelola laman situs web atau blog, pengguna biasa berhadapan dengan berbagai jenis error yang membuat lama web tidak dapat diakses. Error atau kesalahan ini biasanya muncul seperti Error 404, Error 503 Service Unavailable dan banyak lain jenis dan tipe kesalahan di dunia maya. Lalu bagaimana kalau kesalahan atau error yang muncul berbunyi “Bandwidth Limit Exceeded”?

Mungkin bagi pengguna yang awam dan tidak memahami istilah dalam dunia IT akan menganggap kesalahan ini sebagai server yang sedang down. Tidak jarang mereka mengira kalau error ini disebabkan oleh kendala teknis pada koneksi maupun server pusat. Sehingga bisa saja pemilik website akan menghubungi penyedia hosting dan domain mereka untuk melakukan tindakan yang dapat mengatasi kesalahan ini.

Sedangkan selain kemungkinan masalah yang ada, customer support akan lebih condong mengatakan penyebab masalah ini adalah bahwa quota bandwidth sang pengguna telah habis. Jadi tindakan yang disarankan adalah mengisinya kembali untuk membuat situs web berfungsi seperti sedia kala. Namun jika Anda masih bingung mengenai quota bandwidth, mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Bandwidth

Tutorial Mengetahui Penggunaan Quota Bandwidth Pelanggan
 

Dalam komputasi, bandwidth adalah tingkat maksimum transfer data melintasi jalur yang diberikan. Bandwidth sendiri dapat ditandai sebagai bandwidth jaringan, bandwidth data, atau bandwidth digital. Definisi bandwidth ini berbeda dengan bidang pemrosesan sinyal, komunikasi nirkabel, transmisi data modem, komunikasi digital, dan elektronik.

Di mana disini bandwidth digunakan untuk merujuk pada bandwidth sinyal analog yang diukur dalam hertz, yang berarti rentang frekuensi antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat dicapai saat memenuhi level penurunan daya sinyal yang terdefinisi dengan baik. Kecepatan bit aktual yang dapat dicapai tergantung tidak hanya pada bandwidth sinyal tetapi juga pada noise pada saluran.

Maka dari itu mari melihat segala yang berhubungan dan berkaitan dengan bandwidth seperti penjelasan di bawah ini.

Baca Juga :   Cara Mengubah Background Di Aplikasi Zoom Via Smartphone (HP) dan Laptop

 

Kapasitas Bandwidth Jaringan/ Network

Istilah bandwidth kadang-kadang mendefinisikan ‘peak bit rate ‘ yakni tingkat bit bersih, ‘information rate,’ atau lapisan fisik ‘useful bit rate’, kapasitas saluran, atau throughput maksimum jalur komunikasi logis atau fisik dalam sistem komunikasi digital. Misalnya, tes bandwidth mengukur throughput maksimum jaringan komputer. Tingkat maksimum yang dapat dipertahankan pada tautan dibatasi oleh kapasitas saluran Shannon-Hartley untuk sistem komunikasi yang bergantung pada bandwidth di hertz dan dari ramainya saluran yang ada.

 

Konsumsi Jaringan Bandwidth

Bandwidth yang dikonsumsi dalam bit / s, sesuai dengan throughput atau goodput yang dicapai, yaitu, rata-rata tingkat transfer data yang berhasil melalui jalur komunikasi. Bandwidth yang dikonsumsi dapat dipengaruhi oleh teknologi seperti pembentukan bandwidth, manajemen bandwidth, pembatasan bandwidth, tutup bandwidth, alokasi bandwidth (misalnya protokol alokasi bandwidth dan alokasi bandwidth dinamis), dan lain- lain.

Perhitungan bandwidth bit stream sebanding dengan bandwidth sinyal rata-rata yang dikonsumsi di hertz (bandwidth spektral rata-rata dari sinyal analog mewakili aliran bit) selama interval waktu yang digunakan. Bandwidth saluran mungkin dikacaukan dengan throughput data yang berguna (atau goodput). Misalnya, saluran dengan x bps mungkin tidak perlu mentransmisikan data pada laju x, karena protokol, enkripsi, dan faktor-faktor lain dapat menambah overhead yang cukup besar.

Seperti saat banyaknya lalu lintas internet yang menggunakan protokol kontrol transmisi (TCP), yang memerlukan handshake tiga arah untuk setiap transaksi. Meskipun dalam banyak implementasi modern protokolnya efisien, protokol ini menambah overhead yang signifikan dibandingkan dengan protokol yang lebih sederhana. Juga, paket data mungkin hilang yang selanjutnya berakibat dengan mengurangi throughput data yang bermanfaat.

Secara umum, untuk setiap komunikasi digital yang efektif, diperlukan suatu protokol pembingkaian yanki overhead dan throughput yang efektif tergantung pada implementasi. Throughput yang bermanfaat kurang dari atau sama dengan kapasitas saluran aktual dikurangi overhead implementasi.

Baca Juga :  Mengenal Apa itu Internet of Things (IOT) : Tutorial, Tips & Trick dan Peluang di Indonesia

 

Bandwidth Asimptotik

Bandwidth asimptotik (throughput asimptotik formal) untuk suatu jaringan adalah ukuran throughput maksimum untuk sumber jumlah besar, misalnya ketika ukuran pesan (jumlah paket per detik dari sumber) mendekati mendekati jumlah maksimum. Bandwidth asimptotik biasanya diperkirakan dengan mengirimkan sejumlah pesan yang sangat besar melalui jaringan, mengukur throughput ujung ke ujung.

Seperti bandwidth lainnya, bandwidth asimtotik diukur dalam kelipatan bit per detik. Karena lonjakan bandwidth dapat memiringkan pengukuran, operator sering menggunakan metode persentil ke-95. Metode ini secara terus-menerus mengukur penggunaan bandwidth dan kemudian menghilangkan 5 persen teratas.

 

Bandwidth Multimedia

Bandwidth digital juga dapat merujuk pada: bit rate multimedia atau bit rate rata-rata setelah kompresi data multimedia (source coding) yang didefinisikan sebagai jumlah total data dibagi dengan waktu pemutaran. Mengingat kebutuhan bandwidth yang tinggi dari media digital yang tidak terkompresi, bandwidth multimedia yang dibutuhkan dapat dikurangi secara signifikan dengan kompresi data.

Sedangkan teknik kompresi data yang paling banyak digunakan untuk pengurangan bandwidth media adalah discrete cosine transform (DCT). Teknik ini pertama kali diusulkan oleh Nasir Ahmed pada awal 1970-an. Kompresi DCT secara signifikan terbukti dapat mengurangi jumlah memori dan bandwidth yang diperlukan untuk sinyal digital, yang juga mampu mencapai rasio kompresi data hingga 100: 1 jika dibandingkan dengan media yang tidak terkompresi.

Baca Juga :  PlayStation 5 (PS5) : Keunggulan, Fitur, Daftar Game dan Cara Ordernya

 

Bandwidth di Web Hosting

Dalam layanan hosting Web, istilah bandwidth sering kali keliru digunakan untuk menggambarkan jumlah data yang ditransfer ke atau dari situs web atau server dalam periode waktu yang ditentukan. Kesalahan ini misalnya adalah konsumsi bandwidth yang diakumulasikan selama sebulan diukur dalam gigabytes per bulan.

Frase yang lebih akurat yang digunakan untuk arti jumlah maksimum transfer data setiap bulan atau periode yang diberikan adalah transfer data bulanan. Situasi serupa juga dapat terjadi pada ISP pengguna akhir, terutama di mana kapasitas jaringan terbatas (misalnya di daerah dengan konektivitas internet yang kurang berkembang dan pada jaringan nirkabel).

 

Tutorial Cara Mengetahui Quota Bandwidth Pelanggan

Tutorial Mengetahui Penggunaan Quota Bandwidth Pelanggan
 

Cara untuk mengetahui bandwidth pelanggan sebenarnya tidaklah terlalu rumit seperti langkah- langkah berikut ini :

  1. Login ke cPanel Anda dengan password yang sesuai
  2. Disini Anda harus mengetahui bahwa cPanel memiliki 2 theme yakni paper lantern dan x3.
  3. Jika Anda menggunakan paper lantern, Anda dapat mengakses menu bagian kiti yaitu Menu Statistic.
  4. Selanjutnya akan Anda dihadapkan pada General & Disk Space.
  5. Kotak yang bertuliskan General dan Disk Space akan menunjukkan quota bandwidth Anda.
  6. Lalu jika Anda menggunakan theme x3, sebuah menu sudah tersedia dari ketika Anda melakukan login pertama.
  7. Di kotak bertuliskan Stats, Anda dapat melihat resource cPanel Anda termasuk di dalamnya adalah disk space serta bandwidth account cPanel Anda.

Baca Juga:  Cara Membuat Link WhatsApp Langsung Ke Chat Pribadi

 

Kesimpulan dan penutup

Meski kini Anda sudah bisa melihat quota bandwidth Anda namun Anda masih bingung kenapa bandwidth Anda keluar lebih besar sedangkan traffic Anda hanya sedikit. Disini Anda harus melihat kembali jika konten dan postingan Anda bisa saja menggunakan ukuran gambar yang besar atau aplikasi tersembunyi yang menyedot konten Anda.

Jika aplikasi seperti ini mampu merusak konten Anda, tentu ia juga mampu menyedot quota bandwidth Anda. Untuk mengatasi kemungkinan seperti ini, Anda dapat menggunakan jasa plugin seperti Behaviour atau PC Robots TXT dalam menanggulangi aplikasi tersembunyi. Atau jika gambar konten Anda di kopi dan ditautkan di website lain, Anda dapat menggunakan Hot Link Protection.

Selain itu Anda juga dapat mencari template yang ringan, gunakan plugin kompresor untuk mengkompres html, css dan juga ukuran gambar. Cara ini juga dapat menghemat quota bandwidth Anda. sedangkan untuk mengetahui apa yang paling menyedot bandwidth di web adalah dengan kembali mengakses cPanel Anda dan menggunakan menu Awstats.

Related Post :