7 Plugin WordPress Terbaik Untuk Optimalkan Website Anda

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Salah satu keunggulan wordpress adalah tersedianya banyak plugin yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan website anda. Berbeda dengan blogspot yang memiliki fitur terbatas, wordpress memungkinkan anda untuk berkreasi lebih baik dengan plugin-plugin yang tersedia. Karena alasan inilah banyak para blogger yang beralih dari platform blogspot menuju wordpress. Jika anda memiliki tulisan di blogspot dan ingin dipindahkan ke wordpress, kami menyarankan anda untuk membaca artikel cara migrasi website dari blogspot ke wordpress agar tulisan anda tetap bisa dinikmati di website platform wordpress.

Berikut inilah adalah plugin-plugin yang harus diinstall agar website anda bisa dioperasikan secara maksimal :

  1. WordPress SEO by Yoast
    Ini salah satu plugin yang sangat populer untuk menunjang SEO suatu website. Dengan Yoast, anda bisa secara otomatis melakukan insert meta tag, optimasi RSS, XML sitemap, dan lainnya. Namun yang terpenting adalah anda bisa melakukan fokus terhadap keyword yang anda bidik menggunakan plugin ini. Bahkan penggunaan judul artikel sekalipun bisa dibedakan untuk search engine dan untuk social media. Dengan demikian anda bisa memaksimalkan keduanya untuk mendatangkan trafik.
    Namun kalau anda menggunakan IDCloudHost, sebenarnya plugin ini tidak terlalu berarti. Banyak tools SEO yang telah disediakan IDCloudhost untuk usernya. Jadi, anda juga bisa menggabungkan keduanya untuk hasil maksimal.
  2. JetPack
    JetPack merupakan bundling pulgin dari developer wordpress yang berisikan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya ialah wordpress stats. Dengan ini kamu bisa melihat statistik blog seperti jumlah pengunjung, artikel yang di baca pengunjung, serta website refferal. Selain itu JetPack masih memiliki fitur-fitur lain seperti tombol sharing ke media social, subscribe blog, serta shorten link.
  3. WP Smush
    Salah satu faktor yang memperlambat loading website adalah ukuran gambar yang besar. Dengan loading yang lama, besar kemungkinan pengunjung akan lari da beralih ke website sebelah. Lantas apa yang harus dilakukan? Langkah manual adalah dengan memperkecil ukuran foto menggunakan software-software editing foto. Opsi selanjutnya adalah dengan menginstall plugin WP Smush di wordpress. Plugin ini secara otomatis akan mereduksi ukuran foto yang kamu upload di wordpress. Bahkan ukuran foto yang sangat kecil pun masih akan dioptimasikan. Menarik bukan?
  4. Permalink Finder
    Banyak yang tidak menyadari ketika mengganti permalink suatu website akan menyebabkan terbentuknya url baru untuk artikel-artikel yang lama. Kosekuensinya? Link artikel yang sudah tersebar di media sosial ataupun search engine akan menjadi not found. Jelas ini sangat merugikan. Lantas bagaimana solusinya? Yang harus kamu lakukan hanyalah menginstall plugin Permalin Finder di wordpress. Dengan plugin ini, semua url yang lama secara otomatis akan di redirect ke url yang baru. Dengan demikian artikel tersebut tidak lagi not found ketika di akses.
  5. Akismet
    Plugin yang satu ini biasanya akan ada secara default setelah menginstall wordpress. Meskipun demikian plugin yang satu ini bisa dibilang cukup berguna. Ia berperan bak penjaga yang akan mencegah koment-koment spam dari bot masuk ke situs anda. Lumayan kan?
  6. Google Adsense
    Untuk kamu yang sudah punya akun google adsense, plugin yang satu ini sangat bermanfaat untuk kemudahan memasang iklan. Selain itu dengan menggunakan plugin ini pemasangan iklan tidak menyalahi aturan dari google adsense.
  7. Google XML Sitemaps
    Plugin yang satu ini juga bertujuan untuk optimasi blog di search engine. Sitemap sendiri berfungsi untuk memetakan isi situs anda dan juga berhubungan dalam index google terhadap blog tersebut. Dalam penggunaannya, kita juga harus mengatur di google webmaster tools agar plugin ini bekerja.

 

Related Post :