Mengenal CloudLinux: Fitur dan Keunggulannya

Web & Development / 0 | | 0

Operating system penting dalam sebuah komputer tetapi juga dibutuhkan untuk server agar kinerja server menjadi lancar dan maksimal. Berhubungan dengan kualitas kinerja maka harus teliti untuk memilih jenis operating system yang bisa diandalkan,bukan hanya dari segi peformanya saja,namun dilihat dari segi keamanan. Apalagi sebuah kinerja server sangat berpengaruh untuk menentukan kecepatan dari akses website. Jika OS yang digunakan tidak berkualitas, maka akan mengganggu kinerja server. 

Bagaimana memilih operating system yang benar? Di era digitalisasi saat ini, tidak sulit untuk menemukan OS yang memiliki banyak kelebihan seperti terjamin keamanan data. Salah satu operating system yang populer adalah CloudLinux. Lantasmengenai salah satu OS populer yaitu CloudLinux. Simak penjelasannya dibawah ini ya!

Apa itu CloudLinux?

Apa itu CloudLinux?

CloudLinux adalah sistem operasi yang didesain khusus untuk kebutuhan server. Sesuai dengan namanya operating system ini berbasis Linux. Tujuan dari OS ini adalah membuat kinerja server lebih meningkat secara optimal. Jika Linux dapat diakses secara gratis maka akses CloudLinux berbayar. Selain itu, CloudLinux adalah operating system yang menggunakan teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE) dengan teknologi tersebut membuat server hosting menjadi lebih stabil.

Jika dilihat dari banyak pengguna CloudLinux memiliki kurang lebih 20 juta pengguna website di seluruh dunia. Faktor yang menyebabkan OS ini populer, karena salah satu kelebihan istimewa yang dimilikinya yaitu mampu mengelola resource server dengan baik. Artinya setiap pengguna akan diatur menggunakan resource mereka masing-masing sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. 

Pada sebuah layanan hosting CloudLinux adalah sistem operasi yang dapat melakukan limitasi kepada resource user. Secara sederhana, CloudLinux akan secara otomatis membatasi resource user yang satu dengan user lainnya dalam satu server. Kemudian jika sewaktu-waktu user menyebabkan load server menjadi tinggi dan website tiba-tiba menjadi error. Maka OS ini akan mengatasinya dengan limitasi yang dapat dilakukan sendiri serta software-software yang kompatibel dapat membantu memperbaikinya.

Mengapa harus menggunakan CloudLinux?

Mengapa harus menggunakan CloudLinux?

Saat akan mengakses sebuah website maka yang diperhatikan oleh user adalah kinerja yang cepat dan stabil, sehingga membuat user lebih lama untuk berkunjung ke website Anda. Jika ingin mewujudkannya diperlukan server yang baik dalam mengatur serta mengontrol website.

Ditambah dengan masalah utama yang sering terjadi yaitu resource yang banyak bertebaran, itu membuat tidak ada pembatas antara masing-masing user yang pada akhirnya akan membuat server down.

Mengatasi hal tersebut memilih sistem operasi CloudLinux adalah pilihan yang harus Anda pertimbangkan. Karena CloudLinux memiliki kemampuan untuk mengatasi resources secara keseluruhan dengan membatasi berbagai user yang akan masuk.

Dengan limit yang diterapkannya membuat tidak semua user dapat masuk dalam satu cPanel yang sama. Ini membuktikan bahwa CloudLinux konsisten untuk membuat operating system yang mementingkan kebutuhan usernya dari segi penggunaan sampai akses data keamanan.

Keunggulan CloudLinux

Keunggulan CloudLinux

Setelah Anda mengetahui penjelasan serta alasan CloudLinux diatas , ternyata ada beberapa keunggulan yang dimilikinya, apa saja? Simak penjelasannya dibawah ini!

Kinerja server lebih stabil

Keunggulan pertama dari CloudLinux adalah membuat kinerja server menjadi lebih stabill. Hal ini membuat website tidak mudah untuk down karena ada batasan user yang diterapkan oleh OS ini. Misalnya satu user hanya boleh tergabung dalam satu user. Fitur-fitur yang membuat server ini menjadi lebih stabil yaitu:

  • Teknologi Lightweight Virtualized Environment (LVE ) , fitur ini  berfungsi untuk membatasi dan memberi akses resource tiap akun dan sebagainya.
  • MySQL Governor, dengan hadirnya fitur ini membuat CloudLinux dapat bekerja secara maksimal. 

Keamanan server terjamin

Keunggulan kedua dari CloudLinux adalah keamanan server yang lebih terjamin. Data penting user harus selalu dijaga kerahasiaannya karena bersifat pribadi. Sehingga untuk mengatasi kecurangan yang terjadi seperti akses data pribadi yang dibobol secara ilegal oleh user lain. CloudLinux menyediakan berbagai fitur yang saling berkolaborasi untuk menjaga keamanan server antara lain:

  • CageFs, dimana fitur ini berfungsi mencegah user lain untuk melihat, mengintip atau bahkan masuk ke dalam pusat informasi data pribadi milik user lain.
  • Hardened PHP, selanjutnya fitur ini berfungsi untuk melindungi serta memproteksi website dari serangan hacker.
  • Secure Links, sedangkan fitur ini berfungsi untuk mencegah serangan symbolic link yang dilakukan hacker. Biasanya symbolic link ini dibuat secara acak untuk menembus keamanan suatu server.

Performa server menjadi lebih cepat

Keunggulan terakhir dari CloudLinux adalah performa server menjadi lebih cepat. Jika dibandingkan dengan sistem operasi yang lain, kinerja dari server Anda saat menggunakan CloudLinux akan lebih cepat dengan performa menjadi lebih tinggi. Hal ini  bisa terjadi karena fitur  mod_Isapi yang memproses PHP dengan Apache sehingga membuat kinerja website menjadi lebih cepat.

Fitur CloudLinux

Fitur CloudLinux

Setelah memahami berbagai keunggulan dari sistem operasi yang satu ini, Anda mungkin penasaran apa saja fitur CloudLinux yang menjaga performa server Anda tetap cepat, stabil, dan aman.

1. MySQL Governor

Fitur CloudLinux yang satu ini berfungsi untuk mengawasi pengelolaan resource dalam sebuah server. Sesuai namanya, fitur ini menggunakan MySQL dan akan selalu berusaha mencegah kinerja servr overload. MySQL Governor juga mampu menangani gangguan akibat adanya spike dalam penggunaan resource secara otomatis dan realtime.

2. HardenedPHP

Seperti yang Anda ketahui, versi PHP terus diupdate hingga sekarang untuk membuatnya lebih aman dari serangan. Namun, terkadang pengguna menggunakan versi PHP yang berbeda-beda dan bisa saja sudah tidak didukung lagi oleh beberapa kebutuhan server. Fitur CloudLinux yang satu ini berguna untuk memastikan semua versi PHP yang digunakan oleh pengguna tetap dapat terlindungi dengan baik dan aman dari serangan siber.

3. Mod_lsapi

Fitur CloudLinux yang satu ini berguna untuk melayani halaman PHP pada Apache. Selain itu, fitur ini juga dapat menjadi pengganti dari SuPHP, ITK, dan FCGID. Fitur mod_lsapi dapat diandalkan karena sangat jarang mengalami kendala dan kompatibel dengan fitur lain, yakni PHP Selector.

4. PHP, Ruby, dan Python Selector

Salah satu alasan kenapa CloudLinux banyak digunakan adalah karena fleksibilitasnya. Fitur CloudLinux yang satu ini bisa Anda gunakan untuk memilih versi Phyton, Ruby, dan PHP yang Anda inginkan. Versi yang tersedia cukup lengkap dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5. Lightweight Virtual Environment

Fitur LVE dapat Anda gunakan untuk membatasi penggunaan resource untuk setiap pengguna. Sehingga, penggunaan CPU, IO, resource memory, dan proses yang berjalan dalam server tetap terkontrol dan tidak menimbukan gangguan antar pengguna. LVE adalah salah satu fitur CloudLinux yang paling populer dan merupakan salah satu fitur utamanya.

Penutup

Demikianlah penjelasan diatas mengenai pengertian,alasan serta keunggulan dari CloudLinux. Melihat dari alasannya OS yang satu ini wajib masuk dalam list Anda karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya. Dilengkapi dengan keunggulan yang tidak kalah dari OS lain, CloudLinux bisa digunakan untuk membuat kinerja server Anda semakin cepat.

Bagi Anda yang masih bingung mencari OS, cobalah untuk menggunakan CloudLinux dengan beragam fitur-fitur terbaik yang ada didalamnya. Meskipun berbayar OS yang satu ini memiliki keistimewaan yang sesuai untuk Anda rasakan. 

IDCloudHost memiliki layanan Cloud VPS yang memberi Anda keleluasaan untuk memilih sistem operasi yang Anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan CloudLinux untuk virtual machine yang Anda bangun. Dengan sistem pembayaran pay-as-you go yang fleksibel, serta performa yang handal, Cloud VPS IDCloudHost cocok untuk kebutuhan layanan cloud Anda.

 

Related Post :

popup image