Pentingkah Website untuk Bisnis Anda?

Pentingkah Website untuk Bisnis Anda?

Indonesia merupakan negara dengan penduduk terbanyak ke 4 di dunia, dan saat ini banyak sekali pelaku UKM yang sudah mempunyai bisnis dengan sektor yang beragam mulai dari Fashion, Produk, Makanan dan Lainnya. Tahun 2015 merupakan awal yang sangat cocok untuk para pelaku UKM agar bisa melakukan penyebaran lebih luas untuk usaha bisnisnya, namun kembali lagi? Siapkah Anda? Langkah awal yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah membuat website UKM untuk bisnis Anda.

Kesempatan yang luas untuk mengembangkan bisnis mendorong banyak pelaku usaha untuk mulai go digital. Untuk go digital sendiri sebenarnya banyak sekali media yang bisa digunakan, misalnya menggunakan social media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Setiap Social media mempunyai kekuatan yang berbeda yang bisa kita lihat seperti instagram yang kuat dengan konten gambar.

Lalu bagaimana dengan Website? Website merupakan suatu media yang bisa dimanfaatkan para pelaku ukm. ada berbagai macam website yang ada saat ini dan fungsionalitasnya juga beragam. Kenapa website menjadi penting untuk usaha kecil dan menengah?

Kenapa Website Penting bagi Bisnis Anda?

Jika Anda masih bingung apa channel yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis Anda secara digital, mungkin Anda bisa mempertimbangkan penggunaan website. Berikut adalah beberapa alasan kenapa website sangat penting untuk bisnis Anda.

Kehadiran Online 24/7

Salah satu keuntungan utama memiliki website adalah dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja. Bahkan di luar jam kerja, pelanggan dapat mengakses situs web Anda dan memanfaatkan layanan Anda atau mendapatkan informasi yang mereka butuhkan tentang bisnis Anda. Website selalu bekerja untuk memastikan bahwa pelanggan yang datang selalu dilayani dengan nyaman dan diberikan informasi yang lengkap. 

Customer Support 24/7

Menyediakan customer support adalah hal yang penting bagi bisnis, tapi tak mudah untuk dilakukan. Namun, memberikan dukungan pelanggan secara online lebih mudah dan lebih hemat biaya. Di sinilah pentingnya memiliki situs web menjadi jelas karena dukungan pelanggan melalui situs web dapat diberikan dengan berbagai cara:

  • FAQ – Ini adalah media yang paling umum digunakan. Semua pertanyaan pelanggan yang sering ditanyakan akan dirangkum di website beserta jawabannya. Hal ini akan menghemat waktu Anda, sekaligus memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada pelanggan.
  • Chatbots – Chatbots di situs web juga melakukan pekerjaan menangani pertanyaan pelanggan yang sering muncul melalui jawaban template. Chatbots juga dapat memberikan banyak informasi penting lainnya kepada pengguna seperti prosedur pendaftaran, informasi tentang layanan / produk, dan sebagainya.

Pertukaran Informasi

Lebih dari 50% pelanggan mengharapkan merek atau bisnis apa pun memiliki kehadiran online di mana mereka dapat mengakses layanan mereka. Hal ini karena sekarang banyak orang menghabiskan waktu di internet setiap harinya, dan sering mencari pertimbangan lewat mesin pencari sebelum berbelanja.

Salah satu aspek yang paling menguntungkan dari sebuah website adalah betapa mudahnya membuat informasi dapat diakses oleh pelanggan. Website adalah media untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan untuk memberi mereka informasi yang akurat tentang bisnis Anda, agar mereka tertarik melakukan pembayaran. Berikut adalah beberapa cara di mana situs web membantu dalam bertukar informasi:

  1. Iklan yang memberi tahu pelanggan tentang penawaran terbaru pada produk dan layanan
  2. Newsletter yang menginformasikan kepada pelanggan tentang acara dan berita yang akan datang
  3. Contact form yang menampung pertanyaan atau permintaan dari pelanggan

Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan 

Jika di masa lalu pelanggan mengharapkan sebuah bisnis menyertakan nomor telepon di brosur, pelanggan saat ini mengharapkan bisnis memiliki website atau online precsence. Ini adalah langkah pertama yang penting dalam membangun kepercayaan di mata pelanggan.

Dari perspektif ini, untuk sebuah bisnis, website tentunya menjadi hal yang sangat penting. Situs web adalah alat penting bagi bisnis untuk membangun kredibilitas mereka dan membangun kepercayaan dengan pelanggan mereka. Hal ini kemudian dapat lebih ditingkatkan dengan optimasi SEO untuk menarik target konsumen Anda untuk berkunjung ke website.  

Meningkatkan Penjualan

Website yang dapat diakses dari seluruh dunia tentunya memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Aksesibilitas bisnis Anda akan terus meningkat, karena website dapat menjadi solusi bagi hambatan geografis yang biasanya dihadapi oleh bisnis yang melakukan pemasaran secara online saja.

Hemat Biaya

Toko fisik membutuhkan investasi besar untuk memiliki atau menyewa ruang komersial. Selain itu, furnitur, interior, dan karyawan juga merupakan beberapa biaya tambahan yang tidak dapat diabaikan. Di sisi lain, membuat website sangat mudah dan hemat biaya.

Dengan CMS seperti WordPress, seseorang dapat dengan mudah membuat situs web tanpa harus punya kemampuan coding. Anda dapat membeli layanan seperti Website Instan IDCloudHost yang cocok digunakan oleh pelaku UMKM untuk membuat landing page dengan mudah dan cepat. 

Peluang Pertumbuhan

Sebuah website dapat bertindak sebagai portofolio atau resume perusahaan. Hal ini terbukti bermanfaat bagi bisnis karena situs web dapat bertindak sebagai referensi bagi calon investor di mana mereka dapat mengenal layanan Anda, apa yang telah Anda capai sejauh ini, dan apa rencana Anda untuk masa depan sebagai sebuah bisnis.

Jenis Halaman Website Untuk Bisnis

Jenis Halaman Website Untuk Bisnis

Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa website sangat penting untuk bisnis Anda, tentunya Anda harus mengetahui berbagai jenis halaman website yang diperuntukkan untuk berbagai kebutuhan yang berbeda bagi bisnis.

Website Toko Online

Website yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin memajang katalog dan memberi kemudahan bagi pelanggan untuk bertransaksi langsung di website Anda. Website ini memiliki sistem seperti e-commerce dan pelanggan dapat bertransaksi langsung di dalamnya. Untuk website seperti ini, Anda harus menyertakan penawaran produk, juga membangun manajemen stok, fitur perhitungan total belanja dan ongkos kirim, serta menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran untuk konsumen.

Saat ini, Anda bisa membangun website toko online dengan menggunakan WordPress. Ada banyak plugin yang tersedia dan dikhususkan untuk membangun toko online Anda sendiri. Mulai dari WooCommerce, BigCommerce, Shopify, MemberPress, dan lain-lain.

Landing Page

Landing page merupakan halaman website yang memiliki fungsi khusus dan banyak digunakan untuk kegiatan digital marketing. Biasanya, halaman ini memiliki fungsi spesifik seperti mendaftar event, membeli barang, mendaftar layanan tertentu, dan lain-lain.

Landing page bisa dikunjungi oleh konsumen dan dapat Anda integrasikan dengan iklan, agar orang lain tertarik membukanya. Karena fungsi khususnya tersebut, biasanya landing page dibuat berbeda dari halaman-halaman lain yang ada di website Anda.

Bio Link

Bio Link adalah halaman website khusus yang berisi kumpulan link menuju berbagai channel lain milik bisnis Anda. Di dalamnya, Anda bisa mencantumkan tautan yang mengarah ke media sosial, website WhatsApp, YouTube, dan lain sebagainya. Biasanya, Bio Link dicantumkan di media sosial milik bisnis Anda.

Penutup

Layanan hosting untuk website yang ditawarkan untuk para pelaku UKM sangat beragam, Anda hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan saja. Di website tersebut, Anda dapat menampilkan produk-produk yang dijual, atau bisa juga transaksi jual beli yang dilakukan di website langsung.

Dengan Website tentunya akan mempermudah user untuk mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan oleh UKM lebih banyak. Sehingga menciptakan banyak sekali peluang yang bisa digarap untuk meraih lebih banyak keuntungan.

Website yang baik tentunya membutuhkan layanan hosting atau cloud server yang baik. Anda bisa mendapatkannya dengan berbagai layanan dari IDCloudHost yang handal, terjangkau, dan tersedia untuk berbagai kebutuhan bisnis Anda. Demikian postingan kali ini, semoga menjadi informasi yang dapat menjadi pertimbangan untuk pelaku UKM agar segera Go Digita. Maju terus UKM Indonesia!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update