Cara Membangun Brand Awareness yang Baik dan Benar [Perusahaan & Bisnis]

Cara Membangun Brand Awareness yang Baik dan Benar [Perusahaan & Bisnis]

Pernahkah Anda mendengar istilah brand awareness? Sebagian dari Anda mungkin belum pernah mendengar istilah tersebut. Brand awareness umumnya digunakan oleh sebuah brand perusahaan ataupun bisnis guna mempromosikan produk-produk yang mereka miliki. Untuk itu, bagi Anda yang merupakan pemilik perusahaan ataupun bisnis tentu perlu mengetahui cara membangun brand awareness lebih lanjut.

Membangun brand awareness sendiri memiliki peran yang cukup penting. Brand awareness dapat membantu konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merk. Baik itu namanya, gambar, slogan, logo, dan lainnya yang digunakan dalam promo produk. Dengan begitu, konsumen yang lebih mudah mengenali brand/merek Anda juga lebih mudah untuk melakukan pembelian.

Brand atau mereka akan menjadi ciri khas Anda yang akan melekat diingatan masyarakata jika Anda pandai dalam melakukan branding. Ingin tahu seberapa penting penggunaan brand awareness tersebut? Bagi Anda pemilik perusahaan ataupun bisnis yang ingin mendapatkan manfaat dari brand awareness, maka simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 

 

Mengapa Brand Awareness itu Penting

 

Brand awareness cukup penting bagi Anda yang memiliki perusahaan atau bisnis untuk mengundang konsumen agar melakukan pembelian. Brand awareness sendiri juga dapat membantu Anda untuk memudahkan konsumen dalam mengenali produk Anda. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengingat produk Anda saat ingin membeli atau membutuhkan sesuatu.

Membangun brand awareness juga memungkinkan mereka para konsumen untuk memberi tahu orang lain mengenai brand yang Anda miliki. Apabila mereka sudah puas dengan brand yang dibeli, maka bukan tak mungkin mereka juga merekomendasikannya kepada orang lain. Dengan begitu, tanpa disadari pun konsumen Anda bisa bertambah lebih banyak. Selain itu, brand awareness juga dapat dijadikan sebagai nilai tambah bagi produk ataupun jasa.

Saat Anda menginvestasikan untuk membangun brand awareness, maka bisnis Anda pun akan lebih mudah untuk maju dan bertahan. Brand awareness juga memiliki peran penting sebagai alat ukur kinerja sebuah brand perusahaan atau bisnis. Pasalnya, setiap tahun tentu sebuah perusahaan melakukan investasi untuk terus memperbaiki serta meningkatkan brand mereka, dengan adanya brand awareness maka bisa menjadi alat ukur kinerja sebuah brand tersebut. Lalu, bagaimana cara mengukur brand awareness tersebut? Brand awareness dapat Anda ukur dengan beberapa metode yang dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga :     Bagaimana Menentukan Tujuan Karir untuk Masa Depan Kamu (Profesional atau Wirausaha)

 

Cara Mengukur Brand Awareness Perusahaan/Bisnis Anda

Bagi Anda yang penasaran seperti apa cara mengukur brand awareness, maka beberapa metode tersebut dapat Anda pilih. Diantaranya :

 

  • Lakukan survey

    Survey merupakan salah satu cara yang umumnya digunakan dalam mengukur tingkat brand awareness. Dalam hal ini biasanya dilakukan dengan memilih beberapa konsumen kemudian ditanyakan mengenai pengetahuan dari sebuah brand tersebut. Konsumen diminta untuk menyebutkan brand apa saja yang mereka ketahui dan mereka ingat sebanyak mungkin.

  • Sosial media

    Umumnya, sosial media perusahaan ataupun pelaku bisnis digunakan untuk kegiatan promosi. Akan tetapi, dalam hal mengukur brand awareness Anda juga dapat menggunakannya sebagai sosial media. Salah satunya dengan memanfaatkan analytics social media yang dapat memberitahu Anda untuk mengetahui jumlah followers yang merespon brand.

  • Website

    Anda juga bisa mengukurnya dengan menggunakan analytics website untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan atau justru penurunan brand awareness. Salah satu yang bisa Anda pakai adalah Google Analytics. Google Analytics bisa Anda pakai untuk membaca traffic website Anda. Lihat seberapa banyak likes, share, komen, ataupun aktivitas lain yang dilakukan pembaca.

Beberapa metode tersebut bisa Anda pilih untuk membantu mengetahui serta mengukur tingkat brand awareness. Lantas, bagaimana cara membangun brand awareness yang baik dan benar? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga :     Mengenal Apa itu Marketplace : Manfaat, Fungsi, Kelebihan, dan Cara Daftarnya

 

Bagaimana Cara Membangun Brand Awareness Bisnis

Cara Membangun Brand Awareness yang Baik dan Benar [Perusahaan & Bisnis]
 

Terdapat beberapa cara dalam membangun brand awareness bisnis. Agar brand awareness Anda terbangun dengan baik, maka Anda bisa menerapkan beberapa caranya di bawah ini :

 

  • Dengan memanfaatkan jasa influencer

    Siapa yang belum mengunakan jasa influencer? Bagi Anda pemilik bisnis maupun perusahaan, kini bisa mulai menggunakan jasa influencer untuk keperluan membangun brand awareness. Jasa influencer sendiri sudah terbukti dapat dijadikan sebagai media iklan untuk membantu meningkatkan brand awareness. Untuk itu, Anda bisa menggunakan metode ini untuk mengiklankan brand Anda dengan cara memilih jasa influencer yang memang memiliki follower sesuai dengan target konsumen yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda tak hanya akan mendapatkan followers yang bertambah akan tetapi juga dapat meningkatkan penjualan.

  • Jangan ragu untuk mengadakan event marketing

    Cara meningkatkan brand awareness selanjutnya adalah dengan mengadakan event marketing. Event marketing ini bisa Anda lakukan secara live, sehingga brand perusahaan atau bisnis dapat menjadi pusat perhatian oleh banyak orang. Selain itu, cara ini juga bisa jadi jalan untuk Anda memperluas teman, jaringan, atau kolega baik itu secara online maupun offline.

  • Media sosial

    Bagi pemilik bisnis, media sosial tidak bisa dilepaskan begitu saja. Media sosial sendiri bisa Anda gunakan sebagai cara membangun brand awareness dengan beberapa teknik marketing. Selain itu, menggunakan media sosial juga dapat membangun kepercayaan jangka panjang bagi para konsumen. Dengan begitu, akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan tingkat penjualan secara berkala. Cara membangun brand awareness ini bisa Anda lakukan dengan membangun image profesional dan terpercaya di media sosia. Kelola media sosial Anda agar brand benar-benar mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

  • Pakai teknik video marketing

    Teknik video marketing bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness melalui pembuatan konten video yang lebih menarik. Beberapa perusahaan bahkan percaya dengan video produk yang dapat meningkatkan penjualan. Pasalnya, dengan teknik tersebut, kualitas dan kesan produk dapat tersampaikan dengan lebih baik jika dibandingkan dengan teknik yang hanya menggunakan gambar ataupun teks. Untuk itu, jangan ragu untuk menggunakan cara membangun brand awareness menggunakan teknik video marketing tersebut. Serta Anda juga perlu mengoptimakan kualitas video supaya keunggulan produk dapat tersampaikan dengan baik.

 

Baca Juga :     Daftar Franchise Kopi Terbaru dan Terupdate untuk Peluang Wirausaha

 

Kesimpulan dan Penutup

Apabila fokus dengan beberapa cara membangun brand awareness di atas, maka Anda tak hanya mendapatkan pembeli yang lebih banyak juga brand Anda akan lebih mudah diingat dan dibedakan dari brand yang menjuala barang serupa. Akan tetapi, Anda juga akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen baru untuk membeli produk ataupun jasa yang ditawarkan.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan brand awareness perusahaan atau bisnis yang dimiliki dengan baik yang diikuti oleh pelanggan-pelanggan baru secara efektif dan tertarget. Selain daripada itu, konsumen juga tidak akan merasa ragu lagi untuk membeli produk Anda. Itulah beberapa cara membangun brand awareness untuk bisnis maupun perusahaan yang baik dan benar. Anda bisa mulai mencoba beberapa cara di atas agar perusahaan dan bisnis Anda mendapatkan brand awareness yang meningkat.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update