Inlislite: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Inlislite: Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

Mengelola perpustakaan bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan ketelitian dalam memanajemen banyak data agar perpustakaan bisa beroperasi dengan lancar. Seperti kita ketahui, perpustakaan adalah salah satu penunjang pendidikan. Setiap institusi pendidikan biasa memilikinya, mulai dari sekolah hingga perguruan tinggi. Untuk mengelola data perpustakaan tersebut, tentu dibutuhkan tools yang dapat memudahkan seperti Inlislite.

Inlislite merupakan solusi terbaik bagi Anda yang memerlukan aplikasi untuk mengelola perpustakaan sehingga segala hal terkait operasionalnya dapat teroptimasi. Simak penjelasan selengkapnya tentang aplikasi yang satu ini.

Apa itu Inlislite?

Inlislite merupakan sebuah perangkat lunak ( Software ) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) pada tahun 2011. Inlislite tentunya sangat membantu dalam kegiatan perpustakaan dan pustakawan. Kemampuan pustakawan harus bisa untuk benar-benar menguasai perangkat lunak ini secara menyeluruh.

Dengan perkembangan dunia perpustakaan yang semakin maju, khususnya Indonesia, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menjelaskan perlunya memfasilitasi perpustakaan di seluruh daerah. Hal tersebut tentunya untuk menerapkan otomasi perpustakaan menuju terwujudnya perpustakaan digital.

Baca Juga: Panduan Instalasi INLISLite di Cloud VPS IDCloudHost

Apa Saja Manfaat Inlislite? 

Setelah memahami pengertiannya, Anda tentu harus mengetahui apa manfaat aplikasi yang satu ini. Inlislite memiliki banyak manfaat diantaranya adalah :

Otomasi Perpustakaan

Perangkat ini dapat membantu pengembangan otomasi perpustakaan yang ada di seluruh Indonesia. Perangkat lunak ini juga merupakan sarana perpustakaan digital untuk bisa mengelola koleksi teks lengkap dan multimedia. Inlislite dapat membantu pembentukan katalog elektronik berbasis MARC untuk Indonesia (INDOMARC).

Mendukung Program Nasional

Selanjutnya adalah dapat melaksanakan program nasional yang diamanatkan kepada Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia). Hal tersebut dilakukan agar bisa mengumpulkan data koleksi nasional dalam KIN (Katalog Induk Nasional) dan BNI (Daftar Pustaka Nasional Indonesia). Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Pembentukan KID dan BiD 

Perangkat lunak ini dapat membantu pembentukan KID (Katalog Induk Kabupaten) dan BiD (Bibliografi Kabupaten). Perangkat tersebut dikelola oleh perpustakaan umum provinsi yang bersama mitra kerja yang berada di tingkat kabupaten. Hal tersebut dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk Menyampaikan Saran bagi Anggota Perpustakaan 

Perangkat lunak ini digunakan sebagai media perpustakaan untuk mendapatkan masukan atau masukan dari anggota perpustakaan. Inlislite juga sebagai portal yang dapat menyajikan info Bibliografi, informasi, jurnal, dan juga potensi perpustakaan secara terpadu dan komprehensif.

Media Interaksi Pustakawan dan Pemustaka 

Selain itu, dapat dijadikan sebagai media interaksi antara pustakawan dan juga pemustaka. Manfaat lainnya adalah digunakan sebagai komunikasi dua arah untuk langkah awal implementasi e-library atau perpustakaan digital. Inlislite ini dapat Anda instal ke dalam web server, sehingga bisa menjadi Perpustakaan Digital yang bisa diakses dimana saja. Maka hal itu akan memudahkan pustakawan untuk bisa mengaksesnya dimana saja.

Baca Juga: 10+ Fungsi Cloud VPS Ini Wajib Anda Ketahui!

Kelebihan dan Kekurangan Inlislite

Kelebihan dan Kekurangan Inlislite

Anda juga perlu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Inlislite yang akan dijelaskan berikut ini :

Kelebihan Inlislite

Kelebihan yang pertama adalah karena perangkat lunak tersebut menggunakan skema metadata MARC 21. Skema tersebut mendukung tiga jenis metadata yaitu, metadata administratif, metadata deskriptif, dan metadata struktural.

Perangkat lunak ini menggunakan dan memanfaatkan framework pengembangan web. Framework pengembangan tersebut adalah Yii web framework yang bisa membuat tampilan bidang metadata menjadi lebih user friendly.

  • Bisa mendukung karakter unicode yang bisa memudahkan pustakawan ketika akan membuat metadata yang menggunakan karakter-karakter yang tidak formal atau tidak ASCII.
  • Bisa melakukan metadata crosswalk atau metadata mapping dari skema metadata Dublin Core dan MODS, bidang metadata yang bisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Pengembangan dengan melakukan pembaruan modul metadata dari patch atau pembaruan sistem setiap tiga bulan sekali, dapat mendukung peraturan katalogisasi AACR2 dan juga RDA.
  • Backup data sistem yang berupa format SQL untuk sebuah data bibliografis dan juga file kompresi untuk kumpulan file yang diunggah ke dalam repository, dan juga mendukung keamanan akses repository atau Repository Access Control (RAP) oleh Yii Framework dari akses lain yang tidak bertanggung jawab, contohnya adalah SQL Injection.

Kekurangan Inlislite

Selain kelebihannya, Inlislite juga memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebagai berikut.

  1. Tidak adanya format dokumentasi atau informasi bantuan pada pengisian bidang metadata dan belum mendukungnya thesaurus. Tidak adanya format dokumentasi ataupun informasi bantuan pada pengisian bidang metadata.
  2. Inlislite belum bisa mendukung kemampuan checksum yang ada pada metadata Crosswalk untuk bisa mengecek validitas skema metadata yang diimpor dari DC maupun MODS.

Baca Juga: 5+ Alasan Kenapa Anda Harus Beralih Ke Cloud VPS

Inlislite versi 3

Inlislite versi 3

Inlislite memiliki banyak versi, akan tetapi versi ke 3 merupakan versi terbarunya. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai inlislite versi 3 :

Pertama, Perangkat lunak versi 3 ini dibangun dalam 2 pilihan platform bahasa pemrograman yaitu DotNet Framework yang dapat Anda instal pada komputer dengan sistem operasi Windows. Perangkat tersebut kemudian kemudian PHP (Opensource) yang dapat diinstal pada komputer dengan sistem operasi Windows dan juga Linux.

Inlislite versi ke 3 merupakan sebuah pengembangan lanjutan dari software (perangkat lunak) aplikasi otomasi perpustakaan Inlis Lite versi 2.1.2. Perangkat ini dibangun dan dikembangkan oleh perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) sejak tahun 2011. Versi ke 3 ini dikembangkan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan. Hal tersebut untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus untuk mengembangkan perpustakaan digital atau mengelola dan melayankan koleksi digital.

Inlislite ini dibangun dan dikembangkan secara resmi oleh Perpusnas dalam rangka menghimpun koleksi nasional di dalam jejaring perpustakaan Digital Nasional Indonesia. Disamping untuk membantu dalam upaya pengembangan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang ada di seluruh indonesia.

Karakteristik Inlislite versi 3

Inlislite versi 3 memiliki berbagai karakteristik adalah :

  1. Mengikuti standar metadata Machine Readable Cataloguing (MARC) dalam pembentukan katalog digitalnya dan dapat dioperasikan secara bersamaan di dalam satu waktu secara Multi User Ready (Simultan).
  2. Inlislite ini berbasis web atau Web Based Application Software), yang dimana dalam pengoperasiannya menggunakan aplikasi browser internet yang paling umum digunakan untuk bisa menjelajahi informasi internet dan Inlislite ini bebas pakai atau gratis (freeware dan open source).
  3. Instalasi perangkat lunak Inlislite ini cukup hanya dilakukan pada satu komputer yang difungsikan sebagai pangkalan data atau server. Pengoperasian aplikasi cukup hanya dilakukan melalui komputer kerja maupun workstation dengan cara mengkoneksikannya dengan perangkat jaringan komputer, baik dilakukan secara lokal (local area network), internet, maupun antar wilayah (wide area network)

Ketentuan Penggunaan dan Distribusi Inlislite Versi 3

Ketentuan Penggunaan dan Distribusi Inlislite Versi 3

Berikut ini merupakan beberapa ketentuan dalam penggunaan dan distribusi Inlislite versi 3 :

  • Ketentuan yang pertama adalah seluruh perpustakaan lembaga maupun perorangan yang membutuhkan maka akan dipersilahkan untuk menyalin, menginstalasi, dan juga memanfaatkan perangkat lunak aplikasi Inlislite versi 3.
  • Seluruh perpustakaan lembaga maupun perorangan yang membutuhkan maka akan dipersilahkan untuk menyalin dan juga menginstalasi komponen perbaikan program (patch) dan komponen pemutakhiran program (update) apabila tersedia.
  • Ketentuan selanjutnya adalah dilarang memperjual belikan paket instalasi, komponen perbaikan (patch), maupun komponen mutakhir (update) program aplikasi Inlislite versi 3.
  • Technical support (dukungan teknik) akan diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada pengguna perangkat lunak Inlislite versi 3. Hal tersebut dilakukan selama bisa mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
  • Kemudian ketentuan yang selanjutnya adalah bimbingan teknis yang akan diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia selama mematuhi syarat ketentuan yang berlaku.
  • Ketentuan yang terakhir adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Perpusnas merekomendasikan kepada perpustakaan umum pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota sebagai pembina perpustakaan di wilayahnya, untuk bisa berperan aktif dalam membantu memberikan dukungan teknis dan membiayai kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis penggunaan program aplikasi Inlislite versi 3.

Baca Juga: Cloud VPS vs Cloud Hosting: Mana Lebih Baik?

Penutup

Itulah pengertian dan penjelasan tentang Inlislite. Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu Inlislite, kelebihan, serta kekurangan dari Inlislite. Perangkat lunak ini dibangun dan dikembangkan oleh perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) dalam rangka untuk menghimpun koleksi nasional dalam jaringan perpustakaan digital nasional indonesia.

Selain untuk membantu upaya dalam pengembangan dan pengelolaan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia. Perangkat lunak ini dikembangkan sebagai pintu bagi pengelola perpustakaan untuk bisa mengimplementasikan otomasi perpustakaan. Perangkat lunak tersebut juga mengembangkan perpustakaan digital atau koleksi digital.

Jika Anda pengguna IDCloudHost, maka Anda bisa menginstal Inlislite dengan mudah menggunakan layanan Cloud VPS. Dengan fitur one-click deploy, Anda bisa menginstal berbagai aplikasi pilihan dengan cepat dalam sekali klik saja. Coba sekarang!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update