Keunggulan dan Kelemahan VPS NVMe

Keunggulan dan Kelemahan VPS NVMe

Saat mencari solusi yang tepat untuk aplikasi atau proyek berbasis web, Anda mungkin menemukan opsi server VPS NVMe. Karena NVME merupakan teknologi yang lebih baru, banyak orang yang tidak terbiasa dengan NVMe serta keunggulan VPS NVMe.

Server berjalan pada berbagai macam teknologi. Bagi pengusaha atau pemilik bisnis pada umumnya, memahami bagaimana detail pada server yang digunakan mempengaruhi layanan Anda. Maka dari itu di artikel ini kami menjelaskan keunggulan dan kelemahan VPS NVMe yang tentunya akan bermanfaat untuk Anda. Simak sampai akhir ya!

Apa Itu Server VPS NVMe?

NVMe (Non-Volatile Memory Express) adalah teknologi yang relatif baru yang membantu mengatasi beberapa keterbatasan solusi penyimpanan sebelumnya. NVMe adalah protokol yang dirancang untuk menggunakan media penyimpanan berkecepatan tinggi.

Solid-state drive (SSD) memberikan kecepatan baca/tulis yang lebih cepat dibandingkan dengan hard drive disk (HDD) tradisional. Namun, selama bertahun-tahun, kecepatan SSD meningkat hingga mencapai kecepatan transfer maksimal untuk protokol penyimpanan.

SSD mengandalkan antarmuka SATA dan SAS, sehingga membuat drive jauh lebih cepat. Untuk mengatasi masalah ini, para pengembang menciptakan protokol yang memanfaatkan antarmuka PCI Express (PCIe). Dengan menggunakan antarmuka PCIe, NVMe memberikan kecepatan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Apa Itu SSD? Pengertian, Jenis, dan Perbedaannya dengan HDD

Protokol ini juga memungkinkan peningkatan keandalan dan kinerja keseluruhan yang lebih baik. VPS hanyalah lingkungan virtual yang disiapkan di server fisik. Server fisik biasanya menjalankan beberapa VPS, masing-masing dengan sumber daya khusus.

Server VPS NVMe juga mudah digunakan dan dikonfigurasikan, memungkinkan pengguna untuk memilih sistem operasi (OS) dan opsi lain yang mereka perlukan. Misalnya, Anda biasanya dapat memilih antara solusi VPS Linux dan VPS Windows.

VPS memberikan alternatif bagi tingginya biaya server khusus dan keterbatasan akun hosting, seperti shared hosting. Namun, server virtual tidak termasuk hosting. Server VPS sepenuhnya dapat dikonfigurasi. Bisa dikonfigurasikan sebagai server web, server basis data, server game, atau jenis server lainnya.

Pada dasarnya, drive NVMe adalah SSD yang menggunakan antarmuka PCIe, bukan antarmuka SATA atau SAS. Server VPS NVMe adalah server VPS yang dikelola pada server fisik dengan SSD NVMe.

Keunggulan VPS NVMe

vps nvme

Masih ragu untuk beralih ke VPS Indonesia terbaik dari IDCloudHost? Media penyimpanan yang satu ini memiliki banyak keunggulan yang wajib Anda ketahui, lho. Berikut ini akan kami sajikan beberapa keunggulan VPS NVMe

NVMe vs Server VPS Biasa (SSD)

Dengan server NVMe, Anda mendapatkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan server VPS biasa. Perbedaan utama antara kedua pilihan ini adalah hard drive-nya. VPS standar biasanya menggunakan server fisik dengan hard drive tradisional atau SSD biasa. Sedangkan VPS NVMe menggunakan server fisik dengan SSD NVMe.

Hard drive yang lebih baru memberikan beberapa peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan SSD yang lebih lama, ini merupakan beberapa keunggulan server VPS NVMe :

  • Hard drive SSD NVMe memberikan kecepatan baca/tulis yang lebih cepat.
  • Hard drive SSD NVMe menangani beban kerja yang lebih berat.
  • Memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • NVMe kemungkinan besar akan menjadi standar kecepatan kedepannya.

SSD NVMe jauh lebih cepat dibandingkan dengan SSD sebelumnya. Bahkan, drive NVMe pada umumnya menangani proses baca/tulis tiga hingga empat kali lebih cepat. Jika dibandingkan dengan HDD tradisional, drive NVMe bekerja hingga 10 kali lebih cepat.

Baca Juga: SSD vs HDD: Wajib Kenali Apa Perbedaannya!

Kecepatan Yang Luar Biasa

Keunggulan VPS yang kedua adalah kecepatannya yang luar biasa. Proses penanganan yang lebih cepat memungkinkan drive NVMe menangani beban kerja yang lebih berat. Drive ini juga memberikan latensi yang lebih rendah, sehingga mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses sebuah permintaan.

Advanced Host Controller Interface (AHCI) yang digunakan oleh HDD tradisional hanya dapat menangani 32 perintah yang tertunda. Kemudian, serial Attached SCSI (SAS) yang digunakan pada SSD standar hanya dapat menangani 256 perintah.

Sedangkan drive NVMe dapat menangani hingga 64.000 permintaan secara bersamaan. Tentu ini luar biasa, bukan? Waktu respons yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah menghasilkan tolok ukur yang lebih tinggi dan mengurangi kemacetan. Sehingga, aplikasi atau layanan Anda dapat berjalan pada kecepatan optimal.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Keunggulan VPS murah dari IDCloudHost ini selanjutnya adalah pengalaman pengguna yang lebih baik. Berkat beberapa fitur yang ada pada server VPS NVMe, proyek-proyek yang membutuhkan banyak sumber daya tidak akan mengalami kelambatan atau gangguan. Memberikan interface yang memuat dengan cepat tentunya akan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna.

Ketika aplikasi berbasis web menerima permintaan dari ribuan klien pada saat yang bersamaan, server harus memproses permintaan tersebut secara bersamaan. Tanpa konfigurasi yang sesuai, server dapat mengalami kerusakan atau menyebabkan dasbor ditampilkan dengan lambat. Dengan performa server NVMe yang ditingkatkan, masalah ini lebih kecil kemungkinannya untuk terjadi. Dari sudut pandang pengguna Anda, semuanya akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga: User Experience (UX): Fungsi, dan Cara Kerjanya

Standar Baru dalam Hard Drive

Keunggulan VPS yang terakhir adalah akan dijadikan standar baru Hard Drive. Di tahun-tahun mendatang, penggunaan teknologi NVMe kemungkinan besar akan menjadi standar seperti halnya SSD yang sebagian besar telah menggantikan HDD tradisional di server. Proyek yang masih mengandalkan SSD lama pada akhirnya akan terlihat lamban dan lambat dibandingkan dengan aplikasi atau layanan yang berjalan pada server VPS NVMe.

Kelemahan VPS NVMe

Namun, hosting VPS NVMe tentunya juga memiliki kelemahan yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memilih. Berikut ini akan kami sajikan beberapa kelemahan dari VPS NVMe

Tidak Cocok untuk Pemula

Kelemahan pertama yang dapat Anda rasakan adalah layanan ini tidak cocok untuk pemula. Alasannya proses konfigurasi dan instalasi dilakukan secara manual sehingga cocok digunakan untuk pengguna yang sudah memiliki pengetahuan tentang basic VPS serta server NVMe.

Proses Instalasi Lebih Rumit

Instalasi dan manajemen perangkat lunak memang lebih rumit dibandingkan jenis VPS yang lainnya. Meski demikian, Anda biasanya akan dibantu oleh team support dimana Anda menyewa jasa provider VPS.

Baca Juga: Cara Order VPS NVMe (High Performance VPS) di IDCloudHost

Siapa yang Cocok Menggunakan VPS NVMe?

Anda sudah membaca keunggulan server VPS di atas. Fitur-fitur unggulan teknologi NVMe menjadikan server NVMe solusi sempurna bagi siapa saja yang memiliki situs web, aplikasi, atau layanan berbasis web berkinerja tinggi. Ini mungkin termasuk mereka yang membutuhkan solusi VPS Forex atau perusahaan besar serta bisnis SaaS dengan ribuan pengguna.

Anda dapat mengkonfigurasi server agar sesuai dengan kebutuhan Anda, apakah Anda membutuhkan server untuk menjalankan game, situs web, database, aplikasi, ataupun email. Jika Anda menginginkan hosting VPS Windows atau Linux terbaik, maka mulailah dengan server yang menggunakan teknologi NVMe. Performa superior drive NVMe memastikan bahwa Anda memiliki arsitektur yang sempurna untuk menyiapkan proyek Anda.

Secara keseluruhan, drive NVMe memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan HDD dan SSD yang sudah ketinggalan zaman. Drive ini melakukan operasi baca/tulis lebih cepat, antrean perintah lebih baik, dan menangani lebih banyak proses.

Nah, bersamaan dengan memilih jenis server yang tepat, maka Anda perlu memilih penyedia yang tepat. Jika Anda menginginkan solusi VPS indonesia murah yang handal dari perusahaan terpercaya, maka Anda bisa memilih paket-paket VPS terbaik dari IDCloudHost. Anda akan menemukan berbagai pilihan yang sesuai dengan anggaran berapapun.

Sorotan lainnya termasuk manajer ISP untuk manajemen VPS dan opsi fleksibel untuk semua jenis bisnis. Para pekerja lepas, wirausahawan, bisnis kecil, dan perusahaan dapat menikmati kecepatan secepat kilat dengan hosting peladen virtual yang dapat diandalkan yang menampilkan teknologi NVMe.

Baca Juga: Kenapa Harus Gunakan Server VPS NVMe?

Penutup

Nah, jika Anda sudah merasa ingin menggunakan server VPS dengan drive NVMe maka Anda bisa langsung menggunakan Server VPS dari IDCloudHost. Dengan berbagai penawaran paket dan juga promo yang tepat untuk kebutuhan spesifik situs web Anda. Ayo berpindah ke server VPS NVMe sekarang juga untuk pengalaman situs web yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih andal. Yuk berlangganan sekarang menggunakan layanan VPS Murah Indonesia dari IDCloudHost !

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update