Kumpulan Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan & Mudah

Kumpulan Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan & Mudah

Berbisnis dan membuat usaha adalah sebuah pilihan yang termasuk bisa dilakukan oleh semua orang yang mempunyai minat dalam bisnis. Dengan maraknya penutupan banyak lapangan pekerjaan dan ekonomi yang tidak stabil, kita di tuntut untuk menjadi kreatif dalam mencari sumber pemasukan. Terlebih lagi bagi ibu rumah tangga yang mau tidak mau juga harus ikut membantu suami dalam menambah pundi- pundi keuangan keluarga.

Sedangkan ide – ide bisnis rumahan sendiri mempunyai banyak ragam dan jenis yang bisa kita pilih dan sesuaikan dengan kemampuan kita. Anda dapat memulai bisnis Anda dari skala terkecil yaitu dari rumah Anda sendiri dengan pengaturan jam kerja yang fleksibel. Mulai dari membuka toko kecil- kecilan maupun memanfaatkan jaringan internet dan media sosial, Anda bisa menyebarkan dan meluaskan jangkauan usaha Anda.

Terbukanya banyak peluang terutama dengan banyaknya platform penjualan offline dan online yang mendukung bisnis penjual kecil, ini tentu akan mempermudah langkah pertama Anda. Hanya saja, untuk mempunyai sebuah bisnis yang baik, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah bisnis yang Anda pilih. Jangan memilih bisnis yang tidak Anda ketahui atau kuasai karena Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal nantinya. Mari simak kumpulan ide bisnis yang bisa saja akan sesuai dengan Anda.

 

Bisnis Ibu Rumah Tangga Sebagai Referensi Pertimbangan Para Wanita Cerdas

Selain bermodalkan tekad yang kuat untuk membantu suami dalam mencari nafkah, para istri pun harus terus mengembangkan wawasannya untuk bisa mandiri dengan mencari peluang bisnis yang bisa dilakukan seorang ibu rumah tangga. Tekad dan pengetahuan tentu menjadi kunci utama bagi para ibu rumah tangga dalam menjalankan bisnis. Cermat melihat kondisi sekitar untuk mendapat ide bisnis rumahan juga tak kalah penting untuk terus diasah.

Terlebih dalam kondisi yang super kritis seperti sekarang ini, dengan meningkatnya jumlah korban PHK dikarenakan wabah Covid-19, tak urung mendorong para istri mencari peluang bisnis untuk bisa menopang kondisi keuangan keluarga. Jadikan ini sebagai semangat Anda yang tidak hanya membantu keluarga Anda namun juga untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam bakat bisnis.

Baca Juga :   Cara Mengurus Surat Izin Untuk UMKM Dan Usaha Rumahan

 

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dilakukan dari Rumah

 

Jika Anda adalah salah satu ibu cerdas dan istri yang cermat dan sedang berusaha menemukan ide terkait bisnis yang sesuai untuk ibu rumah tangga, maka Anda telah mendarat di situs yang tepat. Berikut kumpulan ide bisnis yang dapat dijadikan referensi pintar Anda.

  • Berjualan masker kain

    Memiliki keahlian tertentu merupakan hal yang wajib Anda syukuri. Jika Anda mempunyai keahlian menjahit, Anda dapat mengembangkan keahlian tersebut tidak hanya terbatas pada pakaian saja. Di tengah pandemi ini, pemerintah menghimbau penduduk untuk memakai masker sebagai proteksi. Ini dapat Anda jadikan momentum dan gunakan dengan berjualan masker kain yang Anda jahit sendiri mengingat modalnya yang amat minim namun mempunyai hasil jual yang cukup besar.

  • Membuka jasa katering

    Usaha kuliner adalah jenis usaha yang tidak pernah mati atau putus. Jika Anda mempunyai keahlian memasak, ini adalah peluang besar bagi Anda. Bermodalkan hobi memasak untuk keluarga sendiri, Anda dapat mengembangkannya dengan menawarkan jasa katering dimulai dari lingkungan sekitar Anda. dengan dibukanya kembali perkantoran dan usaha lain, manfaatkan waktu ini untuk berjualan katering dengan menawarkan kelebihan seperti jasa pengantaran atau delivery sekaligus untuk menarik minat pembeli Anda.

  • Menyediakan bumbu masak siap pakai

    Selain jago memasak, Anda juga dapat membuka usaha berjualan bumbu masak siap pakai yang praktis. Ide bisnis ini termasuk sebuah ide yang cemerlang mengingat kesukaan orang- orang terhadap cita rasa masakan rumahan atau home made style. Anda dapat meracik bumbu khas Anda sendiri yang berbeda dari bumbu- bumbu kebanyakkan seperti bebas micin dan pengawet kimia yang akan menjadi selling point yang tinggi bagi Anda dibandingkan dengan penjual sendiri.

  • Berbisnis makanan frozen

    Masih dalam bisnis tipe kuliner dan masih memanfaatkan keahlian yang dimiliki ibu rumah tangga kebanyakkan yaitu masak. Ide membuat frozen food tidak jauh berbeda dengan ide bumbu siap masak namun hanya sedikit lebih memerlukan usaha karena usaha membuat makanan beku memerlukan ketelitian yang tinggi. Anda dapat membuat patty burger, makanan tradisional yang tahan lama seperti cireng atau pempek yang bisa bertahan lama namun minim pengawet juga akan lebih menarik banyak pecinta kuliner lainnya.

Baca Juga :  Kumpulan Peluang Usaha Franchise yang Terbaik di Tahun 2020

 

Kumpulan Ide Bisnis Online yang bisa di coba Ibu Rumah Tangga

Kumpulan Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan & Mudah
 

Tidak hanya ide bisnis yang bisa dilakukan dari rumah dan berbentuk atau berwujud fisik seperti makanan seperti masker kain atau katering, bumbu dan frozen food, ide bisnis selanjutnya adalah yang bisa Anda lakukan secara online. Ide sangat brilian karena Anda tidak harus melakukannya secara fisikal dan lebih fleksibel dengan modal seminim dan bahkan nyaris tanpa modal sekalipun. Apa saja bisnis online yang sesuai untuk ibu rumah tangga? Mari simak apa saja ide bisnis yang bisa Anda terapkan dari rumah berikut ini.

  • Menjadi penulis lepas

    Apabila Anda menyenangi dunia penulisan, ini adalah ide bisnis yang sesuai dengan Anda. Dengan adanya upaya penggalakan baca lebih banyak, Anda juga dapat membantu dengan menulis artikel maupun buku yang bisa menarik daya tarik dan baca masyarakat Indonesia. Selain itu dengan berkembangnya platform dan wadah yang memerlukan banyak penulis lepas yang menghargai penulisnya dengan honor, kenapa tidak memanfaatkannya?

  • Pembuat konten video, vlog dan YouTube

    Disamping menulis, Anda juga bisa mencoba menjadi seorang vlogger atau YouTuber yang mempunyai banyak ragam jenis dan lebih dinamis. Anda bisa berbagi konten berupa video yang saat ini banyak digemari dan ditonton banyak orang. Dari sekian banyak pilihan jenis vlog dan video di YouTube, Anda bisa menyesuaikan isi konten tersebut dengan keahlian atau passion Anda.

     

    Entah itu membuat video tentang tutorial make up, video berbagi parenting tips, video tutorial masak, video bermain dengan binatang, video lucu dan lainnya. Anda dapat mengunggah video yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda sehingga penonton akan lebih menikmati apa yang Anda suguhkan. Tidak hanya berbagi video, Anda pun mempunyai kesempatan besar dengan adanya monetize dari YouTube Adsense jika video Anda dianggap menarik dengan banyak viewers dan followers yang tinggi.

  • Berjualan online

    Ini adalah sebuah tipe bisnis yang paling populer saat ini terlebih lagi kebanyakkan orang lebih memilih berbelanja online karena kepraktisannya. Begitu juga bagi penjualnya yang tidak lagi harus menyediakan modal fisik seperti toko konvensional. Terlebih lagi menjamurnya platform penjualan yang bisa Anda manfaatkan seperti Shopee, Lazada dan lainnya.

     

    Disini Anda bisa berjualan apa saja mulai dari hijab, pakaian dan baju gamis, makanan, make-up atau kosmetik dan lain- lainnya. Jika Anda tidak mempunyai modal untuk membeli barang jualan tersebut, Anda bisa mendaftar untuk menjadi reseller atau dropshipper. Cara ini lebih dikenal di antara pekerja lepas dan rumahan karena yang Anda perlukan hanyalah handphone dan koneksi internet yang stabil.

Baca Juga :   Trend Bisnis Internet yang Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan penutup

Tidak hanya pandemi yang menghambat banyak kegiatan ekonomi yang memukul banyak usah besar dan menengah, sebelum pandemi sekali pun kita juga telah dituntut untuk mampu berkontribusi untuk diri dan keluarga sendiri. Maka dari itu, ibu rumah tangga harus cerdas dan jeli melihat peluang yang bisa membantu keuangan keluarga mereka. Salah satunya adalah berusaha dengan bisnis kecil – kecilan namun stabil dan konsisten.

Jika Anda tertarik atau menemukan salah satu bisnis yang sekiranya bisa Anda lakukan dari rumah dari pilihan – pilihan di atas, maka langkah selanjutnya adalah mewujudkan bisnis tersebut dengan aksi nyata. Selalu latih skill dan keahlian Anda dengan terus belajar serta berinovasi dengan kreatifitas. Selamat mencoba, tetap konsisten dan disiplin, niscaya ide bisnis apa pun yang Anda pilih akan terus berjalan dan berkembang.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update