Ketahui Niche Blog Paling Populer 2023

Ketahui Niche Blog Paling Populer 2023

Menjalankan sebuah blog adalah salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lebih lanjut, melalui blog Anda juga dimungkinkan untuk menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun, untuk menentukan jenis informasi tersebut diperlukan berbagai pertimbangan. Karena jika tidak, maka trafik blog Anda akan menjadi ancamannya. Dalam blog tentu saja Anda harus menentukan niche. Apa saja niche blog paling populer 2023? 

Ketika akan menulis sebuah konten maka sangat perlu untuk menentukan jenis topik yang akan ditulis. Tentu saja selain bermanfaat bagi masyarakat, topik yang tepat juga akan membantu perkembangan blog Anda. Oleh karena itu, topik blog ini disebut niche dan Anda harus mengetahui niche apa saja paling populer di tahun 2023. Maka dari itu, simaklah artikel berikut ini ya!

Apa Itu Niche? 

Niche adalah topik yang dipilih dan akan menjadi fokus dalam sebuah pembuatan konten. Tentunya menentukan topik yang akan ditulis menjadi sangat penting karena hal ini akan menentukan kesuksesan blog Anda. 

Meskipun pada dasarnya tidak ada aturan khusus dalam menentukan niche blog dan Anda bebas untuk menulis apapun. Namun, tips berikut bisa Anda pertimbangkan ketika akan menentukan niche. Ingat saja, ketika Anda membuat konten dengan niche yang tepat tentu saja akan lebih disenangi oleh para user. Oleh karena itu, perhatikan poin-poin berikut ini: 

  • Identifikasi hal yang Anda senangi

Ketika akan menentukan niche maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi topik atau teman yang disenangi. Tentu saja hal ini akan semakin mempermudah Anda mengembangkan blog Anda karena pada dasarnya Anda telah memiliki passion pada topik tersebut. 

  • Identifikasi masalah

Tentunya ketika Anda telah mengetahui topik yang sesuai dengan passion Anda, maka sekarang saatnya Anda menentukan masalah. Hal tersebut dapat berupa hal apa yang sedang dibicarakan atau apa yang dibutuhkan dari topik tersebut. 

  • Lihatlah audiens

Dengan melihat audiens maka Anda bisa menentukan target pemasaran layaknya siapa yang akan mendominasi membaca blog Anda, berinteraksi, atau bahkan membeli produk Anda. Tentunya dengan melihat audiens maka akan mempermudah Anda dalam mengidentifikasi perilakunya. 

  • Eksperimen

Anda bisa melakukan eksperimen layaknya melalui google analytics, google trend, dan sebagainya yang dapat membantu Anda dalam berbagai hal. Melalui eksperimen ini tentu saja Anda dapat melihat siapa kompetitor terbesar, kata kunci yang bisa digunakan, atau nilai unik yang menjadi value konten Anda. 

  • Evaluasi

Sangat mungkin bagi Anda untuk memperbaiki setiap eksperimen yang Anda coba. Melalui evaluasi Anda dapat menyesuaikan setiap niche yang mungkin lebih berpotensi. 

Niche Blog Paling Populer 2023

Niche Blog Paling Populer 2023

Berikut kami sajikan kumpulan topik atau niche yang populer pada tahun 2023. Tentu saja kumpulan niche ini bisa Anda jadikan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kualitas blog Anda. Dengan demikian, perhatikanlah poin-poin niche paling populer tahun 2023 versi IDCloudHost berikut ini:

  • Fashion

Masih ingatkah Anda dengan fenomena Citayam Fashion Week? Hal tersebut merupakan salah satu bentuk perkembangan fashion yang memang tidak pernah hentinya. Berbagai trend terus bermunculan dari brand-brand terkenal, para desainer handal, para artis, atau bahkan influencer. 

Hal ini tentunya membuat orang-orang ingin mengetahui trend fashion terbaru. Momentum ini bisa Anda gunakan dengan menjadikan fashion sebagai niche blog Anda. Tentunya Anda bisa melakukan review berbagai brand fashion, mencoba fashion para artis, atau melaporkan fenomena fashion seperti Citayam Fashion Week, dan berbagai hal lainnya. 

  • Pendidikan 

Semenjak pandemi COVID-19, sudah banyak sekali platform pendidikan yang bertransformasi menjadi virtual. Hal ini tentu saja membuat para siswa lebih memahami bahwa belajar bisa dilakukan secara online. 

Tentu saja hal ini bisa Anda maksimalkan melalui konten-konten blog. Anda bisa menyajikan berbagai informasi mengenai pelajaran tertentu seperti bahasa Inggris, matematika, sains, dan sebagainya. Anda juga menulis niche yang berkaitan dengan perubahan sistem masuk perguruan tinggi, atau bisa jadi jurusan paling menarik, dan berbagai hal lainnya. 

Lebih lanjut, Anda bisa memaksimalkan target audiens Anda. Bahkan, jika memungkinkan Anda bisa membuat konten premium dengan produk e-book, kursus berbayar, atau konten eksklusif lainnya. 

  • Resep Makanan

Sebagai kebutuhan dasar manusia, maka eksplorasi makanan memang tidak ada habisnya. Dengan topik yang general Anda bahkan bisa membuat beberapa segmen dalam halaman website Anda. Misalnya Anda bisa membuat halaman makanan yang menyehatkan, halaman berbagai resep makanan, atau bahkan Anda membuat halaman berdasarkan segmen negara, benua, dan sebagainya. 

Tentu saja Anda bisa menambahkan gambar makanan tersebut, melakukan review, dan bahkan memberikan rekomendasi tempat pesanan. Jika memungkinkan dan blog Anda ramai dikunjungi, bukan tidak mungkin berbagai usaha makanan beriklan di blog Anda. 

Lebih lanjut, jika Anda ingin konsisten dalam membuat blog dengan niche makanan maka kami telah menulis artikel tips sukses menjadi food blogger yang bisa Anda jadikan rujukan. Jangan lupa berkunjung ya!

  • Travel blog

Apakah Anda memiliki hobi jalan-jalan dan menceritakan pengalaman Anda? Maka menjadikan travel sebagai niche adalah pilihan yang tepat. Anda bisa menuliskan berbagai rekomendasi tempat wisata yang telah Anda kunjungi. Lebih lanjut, Anda juga bisa melakukan review dan membagikan pengalaman unik yang Anda rasakan. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menulis berbagai tempat wisata yang paling menarik walaupun belum pernah Anda kunjungi. Atau bahkan, Anda bisa membagi website Anda menjadi beberapa segmen halaman seperti halaman rekomendasi wisata Indonesia, wisata luar negeri, estimasi budget dalam berwisata, wisata halal, dan sebagainya. 

Jika Anda konsisten maka sangat mungkin blog Anda dilirik dan tentunya mendapatkan panggilan dari agen wisata untuk bekerja sama. Tentu saja, hal ini sangat menarik bukan? 

Lebih lanjut, jika Anda serius ingin menjadi seorang travel blogger. Kami telah menyediakan tips yang bisa Anda lakukan dalam artikel tips dan trik menjadi travel blogger. Oleh karena itu, jangan lupa berkunjung ya!

  • Review dan perbandingan

Membuat blog mengenai review dan perbandingan merupakan niche yang bisa Anda pertimbangkan. Saat ini orang-orang cenderung akan melakukan riset sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. 

Tentu saja review dan perbandingan bisa Anda sesuai dengan minat Anda. Misalnya jika Anda memiliki minat di skincare maka bisa saja Anda membandingkan brand Ms Glow dengan Scarlett serta mereview kelebihan dan kekurangan masing-masing brand dan jangan lupa memberikan rekomendasi akhir. 

Perlu diingat, melakukan review atau perbandingan bukan berarti Anda menjelek-jelekkan suatu brand atau memuji-muji brand lainnya. Melainkan Anda hanya menyampaikan opini Anda dan fakta yang ditemukan. Misalnya pada skincare membandingkan kandungan tertentu didalamnya, atau bagaimana kemasannya yang keseluruhan hal tersebut hanya membantu seseorang dalam mengambil keputusan tanpa ada tujuan lainnya. 

  • Teknologi

Perkembangan teknologi akan semakin pesat khususnya dengan semakin banyaknya orang-orang saat ini yang telah melek dengan teknologi (tech savvy). Hal tersebut tentu saja membuat orang-orang ingin terus update dengan informasi terbaru misalnya merek Iphone dengan keluaran terbaru. 

Jika Anda konsisten dan mampu mengembangkan blog Anda, maka sangat mungkin Anda berafiliasi dengan berbagai brand. Mereka akan mengundang Anda ketika melakukan launching produk barunya. 

  • Keuangan dan Investasi

Saat ini orang-orang semakin melek dengan investasi dan berbagai instrumen keuangan. Hal ini tentu saja dalam upaya mengembangkan aset-aset yang dimilikinya sehingga mencapai titik finansial yang aman.

Jika Anda memiliki ketertarikan dengan saham, obligasi, emas, asuransi, dan berbagai hal lainnya mengenai perekonomian maka niche ini adalah pilihan tepat bagi Anda. 

Disebabkan keuangan adalah hal yang sensitif bagi kebanyak orang, maka pastikan setiap informasi yang Anda sampai adalah fakta maupun opini namun dengan penjelasan yang detail sehingga blog Anda akan selalu dipercaya oleh audiens. 

  • Kesehatan

Setelah pandemi COVID-19, orang-orang lebih peduli dengan kesehatannya baik itu fisik maupun mental. Anda dapat membuat berbagai topik melalui kesehatan baik itu mengenai kesehatan mental, olahraga sehat, gym, dan sebagainya. 

Lebih lanjut, Anda juga bisa memberikan rekomendasi bagaimana mewujudkan gaya hidup sehat atau bahkan menghadirkan cerita Anda dalam proses diet, dan sebagainya. Lebih jauh, bukan tidak mungkin blog Anda dijadikan rujukan dalam informasi kesehatan yang membantu berbagai audiens. 

Penutup

Demikianlah berbagai niche yang dapat Anda jadikan rujukan sebagai topik blog Anda. Perlu diketahui bahwa pastikan Anda menggunakan niche dengan topik yang Anda kuasai dan tentunya sesuai dengan target audiens Anda. Ingat saja, dengan topik yang tepat akan menghadirkan trafik yang lebih tinggi dan bahkan menghantarkan Anda sebagai seorang blogger yang sukses. 

Meskipun Anda telah menentu niche yang bagus namun tetap saja kualitas website adalah hal yang wajib Anda pertimbangkan. Anda dapat menggunakan layanan cloud hosting IDCloudHost yang memiliki alokasi sumber daya menggunakan dedicated untuk RAM dan CPU Core. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan performa website Anda yang pastinya akan lebih cepat. Jadi tunggu apalagi, gunakan layanan cloud hosting untuk operasional yang lebih baik ya!

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update