PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19)

PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19)

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan resmi mengumumkan penggunaan aplikasi yang dapat melacak dan mendeteksi penyebaran pandemi virus corona COVID-19 di Indonesia. Sebelumnya kita mengetahui akan sebuah aplikasi yang dinamakan Trace Together yang dapat mendukung surveillance pelacakan kesehatan yang dilakukan sesuai dan mengikuti regulasi bidang kesehatan, kebencanaan, telekomunikasi dan informatika juga serta bidang- bidang terkait lainnya.

Aplikasi pelacakan mobile ini dibuat dan telah diluncurkan di Singapura pada bulan Maret kemarin mampu mendukung upaya pelacakan kontak atau interaksi yang sedang berlangsung di tengah wabah COVID-19 untuk negara Singapura. Sedangkan Indonesia sendiri juga memiliki aplikasi pelacakan corona sendiri yang dinamakan PeduliLindungi yang saat ini telah dapat di unduh oleh pengguna Android dan iPhone.

Pengaruh pandemi ini juga akhirnya menyatukan dua perusahaan sistem operasi raksasa Google dan Apple untuk juga turut membuat aplikasi melacak COVID-19 yang dinamakan dengan aplikasi Contact Tracing. Sistem yang dipasang ini dapat melacak orang yang berkemungkinan pernah berinteraksi dengan pasien positif corona dan akan memberikan peringatan pada pengguna aplikasi tersebut.

 

Aplikasi lacak COVID-19 PeduliLindungi buatan Indonesia

 

Indonesia yang juga mengeluarkan aplikasi tersendiri yaitu PeduliLindungi yang lebih spesifik menargetkan pelacakan secara nasional. PeduliLindungi memberikan fitur dalam melakukan penelusuran, pelacakan dan mengisolasi pasien yang terbukti terinfeksi atau positif COVID-19, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan juga ODP (Orang Dalam Pengawasan). Meski baru hanya dapat diunduh oleh pengguna Android saja untuk saat ini, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya melalui laman resmi mereka di https://www.pedulilindungi.id/ dan menyesuaikan perangkat yang kompatibel sesuai dengan perangkat yang Anda punyai.

 

Mengenal Apa itu PeduliLindungi?

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah Indonesia terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan. Dengan adanya Aplikasi PeduliLindungi ini tentunya diharapkan dapat menekan jumlah pasien yang terjangkit Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Lockdown dan PSBB Selama Pandemi Virus Corona (Covid-19)


Fitur dan keunggulan penggunaan aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19) | IDCloudHost
 

Fungsi dan keunggulan aplikasi buatan pemerintah ini tentu saja untuk dapat memberi peringatan dan memudahkan penggunanya untuk melacak mobilitas dan kemajuan berita mengenai pasiennya. Berikut ini beberapa fitur dan keunggulan yang dapat Anda pertimbangkan untuk secepatnya mengunduh aplikasi ini.

 

  1. Membantu pelacakan untung menghentikan penyebaran COVID-19

    Dengan mengaktifkan akses Bluetooth, Anda akan membantu isntansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentingkan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

  2. Notifikasi zona merah

    Dengan mengaktifkan akses lokasi, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi jika Anda memasuki zona merah. Zona merah adalah area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP). selanjutnya jika Anda tetap berada di zona merah tersebut selama 30 menit, PeduliLindungi juga akan memberikan pengingat untuk segera menyelesaikan urusan Anda diarea tersebut.

  3. Lebih baik #dirumahsaja dan tidak berkumpul

    Anda akan mendapatkan notifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi jika Anda berada di tempat yang sama dengan beberapa orang yang juga sama- sama mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Mengenal Virus Corona (Covid-19) : Asal, Gejala dan Mengatasi Virus Corona 

 

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindungi

PeduliLindungi : Fitur, Keunggulan, dan Cara Kerjanya (Aplikasi Pelacak Virus Corona / COVID-19) | IDCloudHost

 

PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gadget Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh gadget masing-masing. PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan).

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Wabah, Epidemi, dan Pandemi Kejadian Luar biasa (Virus Corona / Covid 19)


Cara Mengaktifkan Aplikasi PeduliLindungi

Meski sudah dapat diakses di seluruh Indonesia, menurut pembaruan terbaru aplikasi telah terdaftar dengan resmi di Google Play yang bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android dan juga iPhone melalui App Store. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda dapat membuka PeduliLindungi pada situs web resmi mereka atau pada Google Play atau App Store. Inilah langkah- langkah yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan aplikasi PedulliLindungi :

  1. Buka https://www.pedulilindungi.id/ atau di Google Play dan App Store dan klik unduh aplikasi menyesuaikan dengan perangkat smartphone Anda.
  2. Instal aplikasi.
  3. Buka aplikasi dan daftarkan diri Anda. Klik petunjuk yang berbunyi “Jadi Partisipan”.
  4. Isi kolom- kolom yang telah disediakan seperti nama dan nomor telepon yang aktif.
  5. Aplikasi akan mengirimkan Anda sebuah kode verifikasi atau OTP, masukkan nomor tersebut untuk melakukan pengaktifan.

Baca Juga : Menelusuri Bagaimana Dampak Virus Corona (COVID-19) Bagi Perekonomian Indonesia

 

Penutup & Kesimpulan

PeduliLindungi yang menggunakan data yang diproduksi dari tiap perangkat smartphone Anda dengan Bluetooth yang aktif dapat merekam informasi yang dibutuhkan nantinta. Apabila aplikasi menemukan smartphone lain yang juga terdaftar di PeduliLindungi dalam radius Bluetooth, maka pengguna akan saling mengirimkan pertukaran identitas (ID) anonim yang akan tersimpan dalam rekod smartphone mereka.

Selanjutnya aplikasi akan mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan). Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan mereka dan dengan siapa saja mereka pernah melakukan kontak.

PeduliLindungi juga sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi Anda. Data Anda disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data Anda hanya akan diakses bila Anda dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan. Jika Anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus COVID-19 positif, baik Anda tahu ataupun tidak tahu orangnya, PeduliLindungi membantu petugas resmi pelacakan kontak untuk menghubungi Anda lebih cepat. dengan begitu, lebih cepat juga menghentikan penularan COVID-19, sehingga kita bisa melindungi orang-orang yang tercinta di sekitar kita.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update