Terapkan Peluang Bisnis Ini Saat COVID-19

Terapkan Peluang Bisnis Ini Saat COVID-19

Kondisi di saat wabah pandemi ini berlangsung mengubah semua kegiatan dan tingkah laku masyarakat. New Normal adalah istilah baru yang mempresentasikan hidup berdampingan dengan COVID-19. Sejak pandemi ini berlangsung di Negara Indonesia banyak sekali dampak yang diterima oleh masyarakat. Dampak yang diterima masyarakat tidak main-main banyak sektor dalam kehidupan masyarakat seperti ekonomi, pendidikan, dan tentunya kesehatan sangat terdampak.

Ekonomi di Indonesia dihadapkan pada sebuah permasalahan yang besar. Banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya dan tidak sedikit juga yang melakukan PHK. Hal ini membuat daya konsumsi dari masyarakat menurun karena masyarakat tidak mempunyai penghasilan tetap lagi. Namun, dibalik berita yang tidak menyenangkan itu masih ada peluang untuk tetap berpenghasilan saat pandemi.

Banyak sekali peluang usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah finansial saat pandemi ini berlangsung. Bermacam-macam peluang bisnis bisa dilakukan oleh masyarakat baik secara online maupun offline. Peluang bisnis ini pastinya dapat membantu menggerakkan ekonomi yang sempat berjalan lambat di Indonesia. Adapun macam-macam peluang bisnisnya akan dibahas pada artikel berikut ini. Yuk mari kita simak!

 

Dampak Ekonomi Covid-19 di Indonesia

 

Sebelum masuk kepada penjelasan mengenai peluang bisnis online saat corona, terlebih dahulu wajib diketahui apa yang melatarbelakangi mengapa peluang bisnis saat corona ini tercipta. Dampak ekonomi Covid-19 di Indonesia sangat mengkhawatirkan. Menurut Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani, pertumbuhan PDB Indonesia akan turun minus 3,8%. Penurunan itu akibat dari produktivitas ekonomi yang terganggu. Banyak sekali perusahaan yang merumahkan pekerjanya dan tidak sedikit juga yang melakukan PHK. Data dari Kementerian Ketenagakerjaan terdapat 1,79 juta tenaga kerja yang dirumahkan dan sebanyak 380.221 orang tercatat telah di PHK oleh perusahaan.

Akibat tindakan PHK yang dilakukan beberapa perusahaan-perusahaan ini mendorong terjadinya perlambatan pada daya konsumsi masyarakat. Daya konsumsi yang melambat ini terjadi karena menurunnya penghasilan yang ada di masyarakat. Penghasilan yang turun dan diperparah lagi dengan tidak mempunyai pekerjaan membuat masyarakat semakin menderita. Untuk mengatasi hal ini pemerintah sudah berupaya dengan memberikan sejumlah bantuan pada masyarakat. Namun, bantuan ini masih dirasa belum cukup membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Meskipun begitu masih terdapat upaya yang bisa dilakukan oleh masyarakat sendiri untuk mencukupi kebutuhan di tengah kondisi yang serba tidak jelas ini. Cara yang dapat dilakukan masyarakat saat ini adalah dengan membuka usaha atau bisnis. Banyak sekali peluang bisnis yang tercipta karena kondisi pandemi ini. Mulai dari dropshipping, afiliasi, freelancer, dan masih banyak lagi. Cara berbisnisnya pun mudah bahkan ada beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah peluang bisnis online atau offline di masa pandemi corona yang dapat dicoba dan bisa membantu memperingankan beban finansial.

Baca Juga :     Apa itu Bisnis Franchise : Peluang, Cara Kerja, dan Keunggulannya

 

Peluang Bisnis Online Saat Corona

Sebelum terjadinya pandemi masyarakat sudah biasa dihadapkan dengan ekonomi yang dapat dilakukan secara digital. Pada waktu pandemi ini ekonomi digital justru mengalami perkembangan akibat terjadi perubahan perilaku konsumsi masyarakat. Peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) menuntut masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja. Tentu hal ini berpengaruh pada konsumsi masyarakat yang sebelumnya dilakukan secara offline menjadi online. Tren ini disebut dengan stay at home economy, maka dari itu peluang bisnis online menjadi salah satu peluang menjanjikan masyarakat memperoleh penghasilan tambahan. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang dapat dilakukan saat masa pandemi corona.

 

  • Peluang Bisnis Dropshipping

    Siapa yang tidak tahu tentang bisnis dropshipping yang semakin menjamur di masyarakat. Bisnis ini memang merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan di tengah pandemi corona. Dropshipping adalah sebuah bisnis yang dimana terdapat perantara antara produsen dengan konsumen, nah si perantara ini nantinya akan mengambil keuntungan dari harga yang telah disepakati bersama dengan produsen. Jadi, dalam bisnis ini melibatkan pihak ketiga yang seolah-olah penjual atau pemilik barang.
    Mengapa memilih dropshipping? Bisnis ini menawarkan berbagai keuntungan yang dapat dinikmati. Dalam memulai bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil bahkan tidak membutuhkan sepeserpun modal. Dalam melakukan bisnis ini dropshipper tidak perlu menyimpan atau membeli barang terlebih dahulu. Jadi bisnis ini tidak sama dengan bisnis reseller yang harus menyediakan tempat barang terlebih dahulu. Tentunya dengan sistem seperti ini seorang dropshipper dapat menjual barang dimana saja dan kapan saja. Seorang dropshipper juga bebas untuk menentukan barang yang dijual apalagi sekarang banyak para online store yang menyediakan jasa dropshipping ini. Adapun barang-barang yang cocok dijual pada dropshipping ini seperti makanan dan minuman, pakaian, furniture, dan masih banyak lagi.

  • Peluang Bisnis Freelancer

    Peluang bisnis selanjutnya ini cocok bagi seseorang yang ingin bekerja namun tidak harus berangkat ke kantor. Tentu saat pandemi ini pekerjaan seperti semakin banyak dibutuhkan. Seseorang hanya perlu di rumah saja sudah bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Pekerjaan menjadi freelancer merupakan peluang bisnis di tengah pandemi yang tidak bisa diremehkan. Ada banyak sekali pekerjaan freelance yang jika ditekuni uang akan datang dengan sendirinya dan yang terpenting dalam bekerja sebagai freelancer ini adalah memperhatikan keperluan klien dan batas waktu pengerjaanya.
    Peluang bisnis freelance yang dapat dicoba seperti menjadi content writing, desain grafis, dan pembuatan website. Tarif yang didapat dari pekerjaan ini biasanya disesuaikan setelah freelancer dan perusahaan yang menyewa jasa mereka mencapai kesepakatan. Terdapat juga website-website yang menyediakan tempat bagi freelancer mencari pekerjaan seperti Sribulancer , Fiver dan masih banyak lagi.

  • Peluang Bisnis Afiliasi

    Hampir mirip dengan dropshipping, afiliasi juga memberikan keuntungan pada masa pandemi ini. Afiliasi adalah cara menjual produk dari sebuah perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Jadi, penjual diharapkan bisa memasarkan produk dan membuat seseorang tertarik untuk membeli. Apabila pembeli melakukan pembelian pada produk afiliasi maka penjual akan mendapatkan keuntungan.Program afiliasi sangat terkenal di luar negeri, bahkan dengan bisnis ini bisa menghasilkan 20 juta rupiah per bulan.
    Modal yang diperlukan untuk melakukan bisnis afiliasi ini sangat kecil atau bahkan tidak ada. Cukup bermodal sosial media atau sebuah website sudah dapat melakukan bisnis ini. Tinggal mencantumkan link yang tertaut ke halaman pemilik produk pada sosial media atau website uang akan datang dengan sendirinya. Banyak sekali perusahaan yang membuat program afiliasi ini seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga :   Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

 

Peluang Bisnis Offline Saat Corona

Peluang Bisnis Saat Corona (COVID-19) Baik Offline / Online
 

 

Selain terdapat peluang bisnis online yang dapat membantu perekonomian masyarakat terdapat juga beberapa peluang bisnis offline. Peluang bisnis offline ini juga tidak kalah menguntungkan dari peluang bisnis online. Ada beberapa bisnis offline yang tetap bisa dilakukan ketika pandemi ini berlangsung. Tentu dalam melakukan bisnis offline ini harus tetap menjalankan protokol yang telah dianjurkan oleh pemerintah.

 

  • Peluang Usaha Katering Makanan

    Saat pandemi ini terjadi, kebutuhan akan kesehatan gizi makanan dan minuman harus terus dipenuhi. Tentunya gizi yang baik akan membuat badan menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Hal ini tentunya menjadi peluang bagus bagi para ibu-ibu rumah tangga untuk membuka usaha katering makanan sehat. Peluang usaha ini bisa dilakukan di sekitar rumah saja mengingat pemberlakuan PSBB dan menghindari penularan COVID-19. Di daerah perkotaan hal ini cocok sekali untuk dilakukan. Makanan dan minuman sehat yang bisa diproduksi pun bermacam-macam seperti yang tren sekarang adalah salad, susu botol, kopi, dan masih banyak lagi.

  • Peluang Usaha Jual Masker

    Peluang usaha menjual masker pasti sangat laris ketika pandemi ini berlangsung. Apalagi pemakaian masker ini dianjurkan langsung oleh pemerintah dan merupakan salah satu program New Normal. Bagi masyarakat yang memiliki keahlian menjahit bisa sekali mencoba bisnis ini. Masker yang digunakan masyarakat pun sekarang banyak yang terbuat dari kain. Tentu hal ini mempermudah dalam hal produksinya bagi masyarakat. Penggunaan masker kain ini dianjurkan karena masker medis banyak dialokasikan kebutuhannya ke tenaga kesehatan.

  • Peluang Usaha Hands Sanitizer

    Peluang usaha yang satu ini juga tidak kalah menguntungkan dari peluang usaha lainnya. Penggunaan hand sanitizer merupakan bagian dari program New Normal yang diberikan pemerintah. Masyarakat wajib menggunakan hand sanitizer untuk mengurangi risiko penularan Covid-19. Penjualan hand sanitizer bisa dilakukan dengan menjual kembali barang tersebut kepada tetangga atau masyarakat sekitar. Hand sanitizer ini sudah seakan menjadi kebutuhan wajib masyarakat di era New Normal.

 

Baca Juga :    Cara Membuat Website dengan Mudah dan Cepat untuk Bisnis Online Bagi Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Keadaan pandemi ini membuat kegiatan ekonomi lambat. Dampak buruk yang diakibatkan pandemi ini seperti dirumahkannya para pekerja. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang di PHK. Tentunya ini menutup penghasilan dari masyarakat dan membuat penghasilan tetap masyarakat berubah. Banyak dari masyarakat yang menderita akibat keadaan pandemi ini. Mereka bingung harus bekerja dimana di tengah pemberlakuan peraturan pemerintah yang menyempitkan tindakan mereka.

Terdapat solusi untuk mengurangi beban yang terjadi di masyarakat yaitu dengan melakukan bisnis secara online dan offline yang sangat menguntungkan di era pandemi ini. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan masyarakat hanya tinggal duduk di rumah saja mereka bisa menghasilkan uang. Demikianlah artikel tentang peluang bisnis saat corona baik offline maupun online semoga bisa membantu masyarakat dalam mencari sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update