8+ Plugin Toko Online WordPress Terbaik 2022

8+ Plugin Toko Online WordPress Terbaik 2022

Seiring dengan perkembangan teknologi, cara orang-orang berbelanja juga ikut berubah. Jika dulu Anda harus mendatangi toko secara langsung untuk berbelanja, sekarang Anda tak perlu melakukannya. Siapapun bisa berbelanja dan berjualan secara online. Menggunakan plugin toko online WordPress ini adalah salah satu caranya. 

Jual beli online semakin banyak dilakukan masyarakat ketika era pandemi menyerang. Karena itulah, bermunculan berbagai aplikasi dan website toko online yang memudahkan konsumen dalam berbelanja. Aksesnya yang cepat dan mudah membuat banyak orang mulai beralih menggunakan internet untuk berbelanja. 

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, membuat website toko online untuk usaha Anda merupakan peluang besar untuk meningkatkan penjualan. Anda dapat menjangkau pembeli yang lebih luas dari luar daerah, juga bisa menekan biaya operasional dan sewa toko. 

Banyak pemilik bisnis yang menggunakan WordPress untuk membangun website toko online mereka. Hal ini karena WordPress mudah digunakan dan dipelajari oleh siapa saja. Selain itu, CMS yang satu ini juga memungkinkan Anda menambahkan fitur-fitur tambahan menggunakan berbagai plugin yang tersedia. 

Apa saja plugin WordPress untuk toko online yang ada di WordPress? Berikut rekomendasi lengkapnya. 

Baca Juga: 5+ Plugin Menu WordPress Terbaik untuk Website Anda

Rekomendasi Plugin WordPress untuk Toko Online Terbaik 2022

Untuk membuat website dengan menggunakan WordPress, Anda tak perlu memiliki kemampuan programming tingkat lanjut. Semua bisa dilakukan dengan mudah dengan menginstal plugin-plugin berikut ini untuk menunjang tampilan dan fungsi website toko online Anda. 

  1. WooCommerce

Jika membahas tentang plugin toko online di WordPress, yang pertama teringat pasti WooCommerce. WooCommerce adalah plugin toko online WordPress yang paling populer dan sudah memiliki jutaan pengguna. 

Kepopuleran ini salah satunya karena WooCommerce menyediakan fitur yang lengkap untuk menunjang berbagai kebutuhan toko online Anda. Mulai dari tema, fitur pembayaran, halaman check out. WooCommerce adalah plugin yang kompleks dan dapat Anda instal berbagai ekstensi sesuai kebutuhan. 

Ekstensi yang ada di WooCommerce dapat Anda gunakan secara gratis maupun berbayar. WooCommerce juga dapat Anda integrasikan dengan beberapa tools lain yang menunjang keigatan marketing. Mulai dari Google Ads, MailChimp, dan beberapa media sosial.

  1. MemberPress

plugin toko online wordpress memberpress

MemberPress adalah plugin yang dapat Anda gunakan untuk penjualan produk digital. Plugin ini banyak didownload oleh streamer, kursus online, penulis e-book, dan lain-lain. Kepopuleran MemberPress ini adalah karena fitur updatenya yang mudah digunakan oleh siapa saja. 

Keunggulan paling menonjol dari MemberPress adalah kemudahannya dalam mengelola anggota komunitas yang Anda jadikan target konsumen Anda. Anda bisa melihat kebiasaan mereka dalam berbelanja dan menjadikan hal tersebut data untuk terus memperbarui produk Anda. 

Sayangnya, MemberPress tidak memiliki versi gratis, sehingga Anda harus berlangganan layanan premiumnya seharga $149-349/tahun. 

  1. BigCommerce

BigCommerce

BigCommerce adalah plugin berbayar yang mengharuskan Anda membayar biaya langganan untuk menggunakan berbagai fiturnya secara leluasa. Plugin toko online WordPress yang satu ini berbasis Software as a Service dan mendukung penjualan di beberapa channel sekaliugs. 

Sehingga, Anda bisa mengintegrasikannya ke platform seperti Google Shopping dan Amazon, kemudian mengelola semua channel berjualan Anda dalam satu control panel saja. Mudah sekali, bukan? Anda tidak perlu bolak-balik ke setiap platform hanya untuk memantau penjualan. 

Data-data toko online Anda akan diperbarui secara otomatis, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan. Plugin ini cocok bagi Anda yang memiliki usaha dengan skala besar dan memanfaatkan banyak channel untuk mempromosikan produk Anda. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Plugin Backup WordPress Terbaik

  1. Shopify

Shopify adalah plugin toko online WordPress yang sudah diinstal oleh lebih dari 5000 pengguna. Plugin ini bisa Anda gunakan secara gratis dan memiliki banyak fitur menarik untuk menunjang operasional toko online Anda. 

Namun, jika Anda ingin menggunakan fitur-fiturnya secara keseluruhan Anda dapat berangganan layanan premiumnya seharga $99-399/tahun. Plugin ini adalah SaaS (Software as a Service) yang memudahkan Anda untuk memanajemen kegiatan bisnis online Anda. 

Plugin ini memiliki berbagai tema yang menarik untuk memudahkan Anda memodifikasi tampilan toko online. Selain itu, juga bisa membangun toko online dengan mudah menggunakan WordPress melalui Shopify. 

  1. WP eCommerce

WP eCommerce adalah plugin toko online WordPress yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan cocok untuk pemula. Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa membuat website toko online dengan cepat. 

Mengapa WP eCommerce cocok untuk pemula? Karena tampilannya mudah digunakan dan terdapat banyak sekali video tutorial yang akan membantu Anda menggunakan website toko online dengan plugin yang satu ini. 

Untuk mengkostumisasi website toko online Anda juga sangat mudah, karena plugin ini memungkinkan Anda untuk mengedit dengan HTML dan CSS. Tak hanya itu, website toko online yang dibangun dengan WP eCommerce juga memiliki keamanan yang baik karena plugin ini memberikan fasilitas SSL. 

  1. Music Store

plugin toko online wordpress music store

Plugin ini cocok untuk Anda yang menjual karya seni digital berbasis audio dan video. Dengan menggunakan website, Anda bisa berjualan karya dengan lebih professional, lho. Music Store adalah plugin toko online WordPress yang dikhususkan untuk hal ini. 

Pengguna plugin ini biasanya berasal dari kalangan videografer, content creator, musisi indie, dan podcaster. Music Store mendukung audio dan video dengan berbagai format. Selain itu, plugin ini juga sangat aman dan dapat melindungi karya Anda dari pembajakan. Sehingga, Anda tak perlu takut musik atau video Anda akan diunduh dan disebarkan dengan bebas secara ilegal. 

Baca Juga: 5+ Rekomendasi Plugin Landing Page WordPress

  1. Ecwid eCommerce

plugin wordpress

Ecwid adalah plugin toko online WordPress yang cocok untuk berbagai kebutuhan website Anda. Plugin ini mendukung lebih dari 40 metode pembayaran, sehingga Anda yang berjualan produk secara global dapat sangat terbantu dengan fitur ini. 

Ecwid juga terintegrasi dengan media sosial populer seperti Facebook dan Instagram. Nantinya, Anda dapat mensinkronisasikan produk, orderan, dan pelanggan dengan kedua media sosial tersebut. Sangat mudah, bukan? Anda tak perlu mengelolanya satu per satu. 

  1. Easy Digital Download

easy digital downloads

Satu lagi plugin toko online WordPress yang cocok untuk produk digital. Easy Digital Downloads cocok untuk Anda yang ingin mengelola toko online dengan mudah menggunakan plugin yang memiliki tampilan sederhana. 

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan di plugin ini. Seperti kontrol file, membantu pelaporan data dan penjualan, serta memanajemen pelanggan. Anda bisa membangun website toko online yang menjual produk digital dengan berbagai format menggunakan plugin ini. Mulai dari eBook, audio, video, foto, dan lain-lain. 

Plugin ini dapat Anda gunakan secara gratis, tapi terbatas hanya di fitur-fitur yang umum saja. Untuk menggunakan fitur lainnya secara keseluruhan, Anda harus membayar biaya berlangganan mulai dari $99-499/tahun. 

  1. Selz WordPress eCommerce

plugin wordpress

Selz WordPress Commerce adalah plugin toko online WordPress yang dapat Anda gunakan secara gratis sepenuhnya. Tidak seperti banyak plugin yang mengharuskan Anda membayar biaya berlangganan, semua fitur Selz dapat digunakan secara bebas oleh semua usernya. 

Walaupun gratis, fitur-fitur yang ada di plugin ini cukup menarik, lho. Anda dapat memanajemen penjuaan, stok barang, mendata pelanggan, melakukan promosi, dan lain-lain. Plugin ini juga menyediakan SSL gratis agar website toko online Anda memiliki keamanan yang baik. 

Baca Juga: Panduan Plugin WooCommerce Bagi Website Bisnis Online

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang plugin WordPress untuk website toko online. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan salah satunya? Setiap plugin tersebut memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Beberapa bisa Anda gunakan secara gratis, tapi ada juga yang mengharuskan Anda untuk membayar agar bisa mengaksesnya. 

Gunakanlah plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda saja, ya! Sebab menginstal terlalu banyak plugin justru akan membuat website Anda berat dan lambat. Untuk performa website yang cepat, gunakan WordPress Hosting IDCloudHost yang memungkinkan Anda membuat website toko online dengan mudah. Hanya 5 menit saja, website sudah bisa diakses dengan lancar, mulai dari Rp 5.000,-/bulan. 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update