Tips Memulai Bisnis Travel dengan Tanpa Modal

Tips Memulai Bisnis Travel dengan Tanpa Modal

Sebuah bisnis yang menyenangkan apabila hobi anda dapat anda jadikan bisnis. Salah satunya ialah Bisnis travel (perjalanan). Hal ini karena bisnis wisata banyak diminati terutama ditanah air.

Semakin tinggi kesibukan seseorang, tujuan wisata menjadi hal yang dibutuhkan untuk melakukan penyegaran kembali (refreshing). Bahkan travelling sudah menjadi tren gaya hidup para millenial.

Mungkin kita tidak mengira bahwa bisnis travel merupakan usaha yang dapat dimulai dengan modal nol rupiah sekalipun. Anda hanya memerlukan ketekunan dan kemampuan lobby yang cukup bagus serta pandai melihat peluang. Yuk, simak Artikel Bisnis travel berikut ini.

 

Apa itu Bisnis Travel?

 

Untuk memulai bisnis travel wisata sebenarnya tidak begitu sulit. Disini, modal bukan suatu hal utama yang harus dijadikan sebagai titik perhatian. Di zaman modern sekarang ini, promosi online bisa dikatakan jauh lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan promosi offline. Dengan kata lain, Anda bisa mulai dengan menjadi sebuah agen perjalanan dengan sistem berbasis online.

Begitu pula ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijadikan pertimbangan sebelum memulai bisnis ini. Apabila Anda tertarik untuk mencoba peruntungan menjadi seorang agen perjalanan, di bawah ini adalah beberapa hal yang harus dipikirkan dengan matang.

 

  1. Memilih jenis bisnis travel

    Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya, bisnis ini memiliki cakupan cukup luas. Sebelum memutuskan untuk terjun ke usaha travel, pastikan Anda sudah memilih bidang atau jenis yang diinginkan. Pastikan juga usaha ini sesuai passion supaya lebih mudah. Misalnya saja ketika memilih jasa penyediaan tiket murah, usahakan tetap fokus pada satu hal tersebut.

  2. Menentukan nama bisnis

    Selanjutnya, tentunya nama untuk bisnis yang akan digunakan. Meskipun kelihatan sangat sepele, namun jangan mengabaikan pemilihan nama. Alasannya, ini akan menjadi bagian penting dalam branding. Oleh sebab itu, usahakan mengambil nama yang unik, namun mudah diucapkan, dan mudah diingat. Ini dapat membantu pemasaran bisnis nantinya.

  3. Memetakan lokasi wisata

    Saat membuat perencanaan bisnis travel wisata, Anda juga harus jeli dalam membuat pemetaan lokasi. Contohnya, tempat yang akan dipromosikan menjadi tujuan dari destinasi utama. Pastikan kalau daerah tersebut memang potensial dan juga memiliki long future. Bukan hanya tempat yang viral musiman. Jika musiman, lokasi berdampak buruk bagi travel Anda.

  4. Menawarkan paket menarik

    Yang tidak kalah penting adalah penawaran paket wisata. Supaya lebih menarik, maka pastikan Anda sudah menyusun beberapa paket sekaligus. Calon customer pun juga memiliki lebih banyak pilihan. Selain menawarkan destinasi unik, menarik, dan kekinian, cobalah melakukan riset harga pasar, kemudian aplikasikan harga paling rendah.

  5. Daftarkan Merek Bisnis Travel Anda

    Ini penting, karena bila Anda sudah capek-capek mengeluarkan ide untuk nama/brand dan logo bisnis travel, namun karena Anda tidak mendaftarkannya pada Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka Anda tidak memiliki kuasa secara hukum atas nama atau logo dari bisnis tersebut. Jika waktu-waktu ada orang menggunakan nama/logo itu, Anda tidak bisa menggugatnya meski sebenarnya Anda lah yang menciptakan pertama kalinya.

  6. Siapkan Peralatan Pemasaran

    Manfaatkan sosial media semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis Anda
    Untuk dapat menjalankan bisnis travel yang dirintis, Anda perlu senjata untuk dapat menjual atau menawarkan kepada calon konsumen. Pertama adalah kartu nama. Buatlah kartu nama (business cards) sebagai salah satu alat pemasaran Anda.
     
    Alat pemasaran yang kedua adalah akun media sosial. Buatlah akun media sosial untuk bisnis travel Anda. Sebagai pelengkap cobalah membuat blog agar memudahkan calon konsumen menemukan dan mengetahui secara menyeluruh jasa dan paket-paket yang Anda tawarkan melalui mesin pencari di internet.
    Anda bisa mempromosikan usaha kepada khalayak umum dengan mudah dan cepat. Maksimalkan manfaat media sosial sebagai sarana promosi Anda. Berikan informasi yang memang benar-benar dibutuhkan oleh calon pengguna jasa Anda.
     
    Dengan menggunakan media sosial, kesempatan untuk menjangkau konsumen di luar kota atau daerah semakin besar. Ingat bahwa calon konsumen terbesar atau potensial Anda adalah orang yang berasal dari kota lain.

  7. Perluas Kerjasama Bisnis

    Bekerjasama akan membuat bisnis Anda semakin lengkap pelayanannya
    Selanjutnya adalah lakukan kerjasama dengan banyak pihak yang berhubungan dengan bisnis travel Anda, seperti jasa transportasi, pemerintah daerah, pengelola tempat wisata dan rumah makan. Masih banyak rekanan yang harus Anda ajak berkolaborasi dengan sistem komisi atau bahkan kerjasama yang saling menguntungkan untuk Anda.
     
    Peluang kerjasama ini akan sangat membantu Anda dalam hal menjalankan bisnis ini. Untuk bisnis wisata, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan travel yang berada diluar kota, karena peluang mereka untuk mencari mitra apabila ada tujuan paket wisata di daerah Anda, mereka dapat bekerjasama dengan Anda.

  8. Jadikan Bisnis Anda Secara Online

    Selanjutnya adalah melakukan bisnis travel ini secara online. Di era digital ini, segalanya semakin mudah untuk dilakukan sehingga membuat bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Dengan kehidupan yang sangat dinamis dan padatnya pekerjaan serta aktivitas, membuat banyak orang terkadang kesulitan meluangkan waktu untuk hal-hal lain di luar pekerjaan yang sudah menjadi tuntutan wajibnya.

Baca Juga : Bisnis Web Hosting yang Menjanjikan Bagi Pebisnis Muda

Kesimpulan dan Penutup

Sangat disarankan apabila anda ingin membangun bisnis travel agar membuat sebuah platform baik aplikasi ataupun website. Hal ini karena, mengembangkan usaha di platform digital atau bisnis online, maka akan memudahkan calon pelanggan dan pelanggan lama untuk menggunakan dan terus memanfaatkan layanan yang Anda sediakan.

Hal-hal yang bisa dilakukan secara online selain pemasaran tentunya, adalah pembelian dan pembayaran, serta lainnya. Apalagi jika anda seorang influencer, anda dapat dengan mudah mempromosikan bisnis anda tanpa perlu membayar tim marketing atau infuencer lainnya untuk mempromosikan bisnis travel anda.

Bisnis ini juga dapat anda jalankan apabila ada perayaan hari besar ataupun longweekend, dimana masyarakat yang lelah bekerja dari senin hingga jumat memerlukan wisata alam untuk hiburan dan rekreasi mereka dan keluarga.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update