TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Dengan lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia, TikTok menghadirkan peluang besar bagi pengiklan. TikTok tidak hanya melampaui Twitter dan Snapchat dalam popularitasnya tetapi TikTok juga merubah cara iklannya dibandingkan dengan kedua platform lama tadi sehingga tidak mengherankan kalau TikTok lebih diminati oleh Gen Z. Aplikasi visual yang memungkinkan pengguna untuk mengedit dan berbagi video 15 detik dengan filter, efek dan musik bawaan ini telah berhasil mengguncang cara dunia pemasaran model kuno.

Cara dan metode ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya sehingga TikTok dan pengiklannya menjadi viral. Wajar saja jika pengiklan lebih memilih beriklan di TikTok karena melihat keunikan dan inovasi yang dinilai lebih relatable (relevan). Pada awal tahun 2019 lalu, aplikasi ini meluncurkan versi beta dari penawaran iklannya. Sejak itu, nama-nama besar seperti Grubhub, Nike, Fenty Beauty bahkan Apple Music telah menggunakan iklan TikTok untuk mempromosikan produk dalam kampanye yang unik dan menarik secara visual.

Mengandalkan fitur penargetan canggih dan unik, pembuatan iklan serta platform Iklan TikTok pun tidak seperti banyak pendahulunya. Namun, tidak setiap bisnis diposisikan untuk mendapat manfaat dari penawaran unik TikTok. Sebelum menginvestasikan waktu dan usaha Anda ke dalam iklan TikTok, berikut adalah dua pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda untuk menentukan apakah platform iklan ini tepat untuk bisnis Anda. Apakah bisnis Anda menggunakan TikTok? Ingin tahu bagaimana cara beriklan di TikTok? Mari simak penjelasan dibawah ini.

 

Target Demografis dan Potensi Pengiklan TikTok

TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya
 

Jika kaum muda adalah salah satu audiens utama untuk bisnis Anda, iklan TikTok bisa menjadi investasi yang berharga bagi Anda. Dengan 66% pengguna TikTok yang lebih muda dari 30 (41% berusia 16-24), jelas saja ini bukanlah platform yang tepat untuk bisnis yang melayani audiens yang lebih tua.

Lebih umumnya sejumlah besar video tren di TikTok terkait dengan topik yang berorientasi pada kaum muda, seperti sekolah, tren terkini atau budaya pop. Namun, perlu dicatat bahwa sementara audiens TikTok saat ini didominasi muda, jejaring sosial cenderung diadopsi oleh audiens yang lebih muda terlebih dahulu yang kemudian merambah target demografis yang lebih tua. Mungkin tidak ada salahnya bagi pengiklan untuk tetap mempelajari lebih lanjut tentang beriklan di platform ini apabila Anda menganggapnya dapat membantu bisnis Anda.

Baca Juga :    Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads (IG Post dan IG Story)

 

Potensi Iklan di TikTok

Saat mencari contoh iklan TikTok yang efektif, ada banyak merek- merek besar yang memanfaatkan platform ini untuk beriklan karena mereka menemukan target pemasaran yang tepat. Tetapi jika Anda masih ragu apakah bisnis Anda mempunyai tempat di TikTok, berikut adalah beberapa statistik utama yang dapat membantu Anda menentukan apakah bisnis Anda harus beriklan di TikTok.

  • Dengan 800 juta pengguna aktif bulanan, TikTok mengalahkan LinkedIn (660+ juta), Reddit (430+ juta), Snapchat (218+ juta), Twitter (340+ juta), dan Pinterest (322+ juta).
  • Pengguna Apple dan Google Play telah mengunduh aplikasi TikTok lebih dari 1,5 miliar kali.
  • TikTok adalah aplikasi keenam yang paling populer secara global berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan.
  • Pengguna TikTok menjangkau 150 negara di seluruh dunia.
  • TikTok adalah salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di AS, Jepang, India, dan Korea pada tahun 2018.
  • 63,5% pengguna TikTok di Amerika Serikat berusia di bawah 29 tahun.
  • 51,8% pengguna TikTok di Amerika Serikat menghasilkan lebih dari $ 75.000 per tahun.

 

 

Cara Kerja Iklan di TikTok

TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya
 

Untuk memulai beriklan di TikTok, Anda memerlukan akun atau manajer akun TikTok. Sedangkan melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat, Anda dapat menghubungi Iklan TikTok secara langsung. Setelah Anda mengirimkan informasi, perwakilan TikTok akan meninjau informasi Anda. Jika bisnis Anda memenuhi syarat, mereka akan menghubungi Anda untuk mengatur akun iklan Anda.

 

Opsi Iklan TikTok

TikTok menawarkan beberapa opsi bagi pengiklan untuk mencapai target demografis mereka, seperti :

  • In- Feed Video

    Iklan Anda akan muncul di umpan berita asli TikTok pada halaman For You.

  • Brand Takeover

    Iklan akan muncul ketika pengguna TikTok membuka aplikasi dan iklan sepenuhnya mengambil alih layar pengguna selama beberapa detik sebelum berubah menjadi iklan In- Feed Video.

  • Iklan Menggunakan Tantangan Hashtag

    Iklan akan muncul di halaman Discovery yang dapat mendorong pengguna untuk berpartisipasi dalam tantangan pembuatan konten pengguna. Cara ini juga mencakup komponen yang dapat diiklankan dan dibeli secara langsung.

  • Branded AR Content

    Iklan muncul dalam bentuk stiker maupun filter yang bisa digunakan pengguna dan berhubungan dengan brand pengiklan.

  • Custom Influencer Package

    Iklan yang muncul merupakan bagian dari konten yang disponsori.

 

Baca Juga   :    Cara Daftar Google AdSense Terlengkap Untuk Pemula

 

Cara Beriklan di TikTok

TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya
 

Ada beberapa langkah atau cara untuk membuat dan memulai iklan pertama Anda di platform TikTok. Berikut ini beberapa langka yang bisa Anda coba dan terapkan.

 

Buat Akun Iklan TikTok

Karena program periklanan TikTok masih cukup baru, prosesnya tidak seotonom Instagram atau Facebook. Kunjungi beranda TikTok Ads dan klik tombol “Buat Iklan”. Ketika Anda mengklik tombol, sebuah formulir akan muncul meminta untuk mengisi informasi mengenai bisnis dan mengatur akun Anda. Isi dan kirimkan, dan perwakilan TikTok akan menghubungi Anda dalam 5 hari kerja untuk memberi tahu jika bisnis Anda memenuhi syarat.

 

Buat Kampanye Iklan

Setelah Anda berada di dalam dasbor Iklan TikTok, Anda harus mengklik tab “Kampanye” dan kemudian pada tombol “Buat”. TikTok mengatur iklan mereka dalam tiga tingkatan: Kampanye, Grup Iklan, Iklan. Kampanye adalah aktivitas keseluruhan, sementara grup iklan dan iklan adalah fungsi dalam kampanye. Pilih sasaran dan target untuk iklan Anda. Saat ini, iklan TikTok menawarkan tiga tujuan utama: lalu lintas (traffic), konversi (conversions), dan instalasi aplikasi (application installations). Sekarang Anda harus memilih anggaran untuk seluruh kampanye. Anda dapat memilih antara opsi “Anggaran Harian” atau “Anggaran Total”.

 

Mempersiapkan Grup Iklan

Langkah selanjutnya adalah membuat grup iklan dalam kampanye. Langkah ini adalah saat penempatan dan penargetan ditentukan. Dalam kampanye, Anda dapat memiliki grup iklan berbeda yang ditujukan untuk audiens yang berbeda. Beriklan di TikTok memberi Anda akses untuk beriklan di seluruh keluarga aplikasi terkait yang mencakup Vigo Video (khusus India), BuzzVideo (Jepang), TopBuzz (AS dan BR), Babe (Indonesia), dan News Republic (seluruh dunia). Anda dapat memilih untuk membatasi iklan Anda hanya ke TikTok atau ke seluruh jaringan yang tersedia.

TikTok akan menghitung di mana mereka bisa mendapatkan hasil terbaik dengan iklan Anda dan penempatannya. Setelah Anda memilih penempatan yang Anda sukai, ikuti instruksi untuk memasukkan semua aset yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan Anda, termasuk URL, nama tampilan, gambar, kategori, dan lain- lain.

Aspek yang sangat menarik dari langkah ini adalah bagian kata kunci yang memungkinkan Anda memilih hingga 20 istilah untuk menggambarkan situs web atau aplikasi Anda. Kata kunci ini akan digunakan untuk menunjukkan produk Anda kepada audiens yang tepat, jadi pikirkan baik-baik pilihan Anda. Akhirnya, bagian “Penargetan” memungkinkan Anda untuk menentukan target audien untuk iklan Anda. Anda dapat mengatur parameter seperti lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, perangkat, dan lainnya yang sesuai target Anda.

Sedangkan jika Anda ingin meluncurkan iklan ke sekelompok orang tertentu, misalnya, untuk menjalankan kampanye pemasaran ulang, Anda dapat membuat audiens khusus melalui ID pengguna TikTok yang ada. Cukup unggah daftar ID ke file CSV, TXT atau ZIP. Anda juga membutuhkan piksel TikTok untuk menjalankan kampanye pemasaran ulang dan melacak efektivitas kampanye yang Anda buat.

Baca Juga :   Rekomendasi Daftar Film Netflix yang Bagus dan Terbaik

 

Tetapkan Detail Kampanye

Di bagian “Anggaran & Jadwal”, pilih anggaran grup iklan. Sekali lagi, Anda dapat memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan per hari atau jumlah total yang ingin Anda belanjakan selama masa kampanye. Kemudian pilih tanggal Anda ingin kampanye aktif. Opsi “Dayparting” memungkinkan Anda memilih waktu atau hari tertentu dalam seminggu untuk menampilkan iklan Anda.

Anda juga dapat memilih kecepatan pengeluaran anggaran: “standar” yang mendistribusikan anggaran secara merata di seluruh kampanye, sementara opsi “percepat” menggunakannya secepat mungkin selama periode yang tetap. Anda kemudian dapat memilih sasaran pengoptimalan grup iklan seperti berikut ini :

  1. Conversion

    Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang paling mungkin melakukan tindakan konversi untuk produk atau layanan Anda. Untuk melacak tindakan yang melibatkan konversi (misalnya, mengunduh aplikasi atau mengisi formulir), Anda dapat membuat acara konversi dan melacaknya menggunakan piksel. Model pembayaran untuk tujuan konversi adalah oCPC atau optimized cost-per-click (biaya per klik yang dioptimalkan),yang memastikan bahwa iklan ditampilkan kepada pengguna yang paling mungkin melakukan tindakan tertentu.

  2. Click

    Iklan Anda akan dioptimalkan untuk menarik sebanyak mungkin klik dari pengguna yang melihat iklan tersebut dan akan dikenakan biaya berdasarkan model pembayaran cost-per-click (biaya per klik).

  3. Impressions

    Iklan Anda akan dioptimalkan untuk tampil sebanyak mungkin pad target penjualan dan akan dikenakan biaya berdasarkan model pembayaran biaya per seribu atau cost-per-thousand.

 

Anda juga dapat menghidupkan atau mematikan opsi “Optimasi Cerdas”. Jika opsi ini diaktifkan, tawaran Anda akan terus dioptimalkan untuk meningkatkan konversi. Anda disarankan untuk mematikan opsi ini jika sasaran Anda adalah klik (click) atau tayangan (impression).

 

Rancang Iklan Anda

Iklan TikTok terdiri dari gambar dan video dalam format horizontal, vertikal dan persegi. Untuk memudahkan pengiklan untuk bekerja, jaringan ini menawarkan alat yang disebut Video Creation Kit,yang mencakup template video dan gambar yang dapat Anda sesuaikan dengan gambar Anda sendiri. Selain itu, TikTok juga memiliki lebih dari 300 opsi musik latar gratis.

Alat lain yang bermanfaat adalah Automated Creative Optimization (Pengoptimalan Kreatif Otomatis) yang memungkinkan Anda untuk mengunggah hingga 10 gambar, 5 video, 5 teks iklan, dan satu ajakan untuk bertindak (call to action) . Sistem kemudian akan menggabungkannya satu sama lain untuk membuat beberapa iklan.

Setelah itu, alat akan menguji iklan ini dan menggunakan kombinasi yang paling efektif bagi iklan Anda. Anda juga dapat menggunakan alat Landing Page to Video (Laman Pendaratan ke Video) yang menangkap gambar berkualitas tinggi dari URL laman landas apa pun yang Anda berikan dan kemudian secara otomatis menggabungkan gambar-gambar ini dengan musik untuk membuat iklan video.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Ads (FB Post dan FB Story)

 

Kesimpulan dan penutup

Setelah mengetahui cara beriklan, menggunakannya, can kerja serta potensi dari beriklan di TikTok, Anda akhirnya siap untuk memulai iklan TikTok Anda. Sedikit tips untuk membuat iklan Anda lebih efektif, Anda dapat mencari inspirasi dari bagaimana merek lain telah berhasil menemukan kesuksesan di platform ini yang dapat memacu semangat Anda dalam beriklan juga. Saat meluncurkan iklan dalam format Brand Takeover, sangat penting untuk menggunakan gambar beresolusi tinggi dan pastikan untuk mengikuti spesifikasi iklan TikTok.

Selalu perhatikan bahwa ruang teks dibatasi hingga 80 karakter. Tetapi, karena Anda hanya memiliki sepersekian detik untuk menarik perhatian audiens Anda, maka sebaiknya masukkan teks yang paling penting langsung ke video itu sendiri. Fokus hanya pada satu ajakan untuk bertindak sekaligus, seperti mengunduh aplikasi Anda atau menggunakan kupon di situs web Anda, tetapi tidak keduanya sekaligus.

Jangan lupa untuk menguji berbagai elemen kreatif dan penargetan untuk meningkatkan iklan Anda di TikTok semakin banyak. Semoga panduan ini telah membantu Anda dan mempersiapkan Anda untuk terjun ke dunia periklanan TikTok. Mengingat platform ini masih merupakan format baru, para pengiklan dan pengguna berharap untuk melihat tren, proses, dan praktik terbaik berkembang dari waktu ke waktu.

 

 

Related Post :

popup image