Ketahui Apa Saja Kesalahan dalam Mengelola Usaha

Informasi / 0 | | 0

Ada sejumlah kesalahan dalam mengelola usaha yang sering kali terjadi di sekitar kita. Hal ini tentu saja bisa merugikan pihak pemilik usaha. Mereka bisa mengalami kerugian baik secara finansial maupun non finansial. Jika Anda juga akan memulai usaha, maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja kesalahan dalam mengelola usaha. Dengan demikian, Anda pun nantinya bisa melakukan langkah yang tepat untuk meminimalisir, mengantisipasi, dan mengatasi kesalahan tersebut.

Baca Juga : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?

Ketahui Beberapa Kesalahan dalam Mengelola Usaha

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada sejumlah orang yang melakukan kesalahan dalam mengelola usaha. Hal seperti ini jika dibiarkan terlalu lama bisa memberi dampak negatif yang merugikan. Bahkan, kerugian yang didapat pun bisa berjumlah besar jika dilihat dari segi finansial. Kejadian ini pun bisa memberi dampak dari segi psikis.

Bila Anda ingin memiliki usaha sendiri, maka ada baiknya sejumlah hal dilakukan dan dipertimbangkan dengan tepat. Dengan demikian, Anda pun bisa menghindari atau bahkan meminimalisir terjadinya kesalahan yang akan menimbulkan kerugian. Memang tak semua orang mengalami kasus yang sama, namun tak ada salahnya untuk mengantisipasi di awal.

Sebelum memulai sebuah usaha di bidang bisnis, maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa saja kesalahan dalam pengelolaannya. Berikut ini sejumlah kesalahan dalam mengelola usaha tersebut.

1. Terlalu besarnya modal awal

Jika dihadapkan pada pilihan memulai usaha dengan banyak dana untuk bisnis yang langsung besar atau menyediakan dana sederhana dan memulai bisnis dari bawah, maka pilihan kedua bisa Anda ambil. Investasi kecil bisa berkembang dan lebih aman. Selain itu, hal ini lebih mudah, masuk akal, dan risikonya kecil.

2. Menggabung rekening perusahaan dan pribadi

Pastikan Anda tak menggabung rekening perusahaan dan pribadi. Hal ini akan membuat Anda kesulitan membedakan pengeluaran dan pemasukan. Selain itu, jika kedua rekening ini bisa membuat Anda cenderung menggunakan anggaran perusahaan untuk kepentingan pribadi.

3. Uang pribadi untuk biaya bisnis

kesalahan dalam mengelola usaha bisa terjadi karena seseorang mengeluarkan uang pribadi untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Hal ini kurang disarankan karena Anda nantinya akan kesulitan membuat laporan keuangan. Pastikan segala keperluan bisnis ditanggung pihak operasional dari perusahaan

4. Buruknya pengembalian utang

Pada masa kini, ada banyak kredit modal usaha yang ditawarkan. Jika Anda akan mengambil tawaran tersebut, pastikan pengelolaan keuangan yang baik agar pinjaman modal bisa dikembalikan dengan baik. Selain itu, diperlukan beberapa hal yang harus dipersiapkan karena tahun awal usaha berjalan tak selalu sesuai harapan

5. Tak menyediakan anggaran masa depan

Keuntungan yang didapat dari bisnis sering kali langsung diputar untuk keperluan serupa. Hal ini bisa menjadi kesalahan dalam mengelola usaha, karena uang tersebut tak disisihkan untuk beberapa bulan ke depan. Hal ini penting dilakukan untuk berjaga-jaga, jika ada sesuatu yang mendesak di masa yang akan datang.

6. Tak mempunyai anggaran operasional

Tiap perusahaan harus memiliki anggaran operasional. Hal ini bertujuan agar semua kebutuhan kantor bisa terpenuhi. Selain itu, Anda pun bisa mengukur keuntungan karena ada jumlah uang yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Anggaran ini nantinya bisa semakin meningkat jika bisnis Anda sudah stabil.

Baca Juga : Penyebab UMKM Gagal dalam Membangun Bisnisnya

Antisipasi Dulu Kesalahan dalam Mengelola Usaha Sebelum Memulainya

Jika Anda ingin menghindari kesalahan dalam mengelola usaha, maka hal ini bisa dilakukan sejak awal. Dengan mengetahui beberapa hal penting untuk menghindari kesalahan, maka ada kemungkinan Anda tak akan mendapat kerugian dalam jumlah besar. Hal ini pun nantinya akan sangat membantu Anda, sebab usaha yang dimiliki pun akan bisa terkontrol.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi kesalahan dalam mengelola usaha antara lain seperti berikut.

  1. Belajar
    Sebelum memulai bisnis tertentu, ada baiknya Anda belajar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memahami informasi tentang bisnis, agar bisa mengetahui apa saja yang perlu dan tidak untuk disiapkan. Anda pun bisa bertanya pada orang yang lebih ahli dalam bidang ini.
  2. Perhitungkan modal
    Anda bisa memperhitungkan modal yang dibutuhkan untuk bisnis nanti. Hal ini juga bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah modal yang ada sudah setara dengan kebutuhan bisnis sesuai dengan produk dalam bentuk barang atau jasa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen nantinya.
  3. Buat pembagian anggaran
    Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kesalahan dalam mengelola usaha adalah dengan membagi anggaran yang ada. Anda perlu membagi dana untuk beberapa keperluan, sebab di dalam dunia bisnis semua dana tak hanya digunakan untuk membeli barang, namun juga biaya operasional dan sebagainya.
  4. Hindari sesuatu yang tak perlu
    Terkadang seseorang sering tergiur dengan adanya beberapa pemanis untuk usaha mereka. Misalnya saja aksesoris untuk menambah estetika, padahal belum tentu perlu. Hal seperti ini bisa Anda hindari untuk menekan pembengkakan anggaran.
  5. Berani berkata tidak
    Jika ada tawaran penambahan barang untuk dijual namun Anda merasa kurang sreg, maka jangan takut untuk berkata tidak. Sesuatu yang dipaksakan karena gengsi akan membuat Anda terbebani baik dari segi psikis maupun finansial. Hal ini juga bisa membuat anggaran membengkak dan kacau.

Beberapa kesalahan dalam mengelola usaha dan upaya mengantisipasinya sudah dibahas. Anda pun telah mengetahui apa saja yang sebaiknya dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan beberapa hal di atas sebagai modal awal dan pertimbangan. Pastikan Anda bisa melakukan sesuatu yang tepat untuk membuat usaha sukses dengan beberapa hal di atas.

Related Post :

popup image