­­Mengenal Apa Itu Bisnis Dropship Serta Cara Kerja dan Peluangnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Jual beli online sudah menjadi gaya hidup masyarakat di era digital dewasa ini. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, transaksi jual beli bisa dilakukan lewat sentuhan tangan saja. Bisnis konvensional sudah ketinggalan jaman sehingga para pelaku usaha wajib mempertimbangkan bisnis go digital. Pengusaha bisa memperluas jaringan dengan merekrut dropshipper karena cara kerja bisnis dropship dikenal cukup sederhana.

Tak hanya pebisnis yang memiliki modal saja, Anda juga bisa merasakan keuntungan jual beli online dengan modal terbatas. Selain tidak membutuhkan modal, Anda juga tidak perlu membeli barang jualan terlebih dahulu dan menumpuknya sembari menunggu pembeli untuk datang ke situs web jualan Anda untuk membelinya. Membeli dan menumpuk produk dapat membawa resiko yang besar dan kemungkinan tidak laku.

Jenis bisnis dropship ini menjawab semua permasalahan klasik penjual yang biasanya menumpuk produk dan menunggu kesempatan jual beli. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini karena menjadi seorang dropshipper dapat dilakukan dimana saja dengan waktu yang terbatas. Jika Anda tertarik untuk mencoba bisini praktis ini, mari pahami dn simak ulasan mengenai sistem dan cara kerja bisnis dropship berikut.

 

Mengenal pengertian dan cara kerja bisnis dropship

 

Sebelum membahas sistem atau cara kerja bisnis dropship, Anda harus paham dulu mengenai pengertian bisnis dropship. Bisnis dropship dan reseller online adalah dua hal yang berbeda. Bisnis dropship merupakan bisnis jual beli yang menjadikan Anda sebagai perantara saja atau proses pengiriman barang dilakukan suplier atau reseller tangan pertama langsung pada para pelanggan.

Berbeda dengan bisnis reseller yang mewajibkan Anda untuk  melakukan penumpukkan atau stok barang, maka bisnis dropship terbilang lebih mudah dan tidak membutuhkan modal. Anda hanya wajib memiliki ponsel atau perangkat elektronik dan kuota internet saja. Seorang dropshipper hanya perlu mempromosikan barang yang dijual melalui media sosial atau situs lain untuk mendapatkan pelanggan.

Cara kerja bisnis dropship cukup sederhana jika ada pelanggan yang tertarik melakukan pembelian, Anda tinggal meruskan pesanan yang diminta pelanggan pada pihak suplier agar segera dilakukan proses pengiriman. Tentu metode pembayaran harus diselesaikan lebih dahulu sebelum barang dikirim ke alamat pelanggan. Selanjutnya Anda akan mendapatkan komisi dari nilai penjualan ini. Anda bisa mendapatkan nilai keuntungan dari harga jual yang dipatok oleh suplier.

Misalnya Anda mendapatkan harga barang sekitar 100 ribu dari suplier, maka tentukan nilai keuntungan yang diinginkan seperti 25 ribu rupiah. Harga jual produk yang Anda tawarkan pada pelanggan senilai 125 ribu rupiah diluar biaya ongkir. Namun, sebaiknya Anda mengambil untung sedikit dengan jumlah barang yang terjual lebih banyak. Semakin banyak barang yang berhasil Anda jual, semakin besar keuntungan yang didapat tanpa harus stok barang. Cara kerja bisnis dropship yang cukup mudah, bukan?

Baca Juga : Mengenal Apa itu Era Revolusi Industri 4.0 : Dampak, dan Mengatasinya

 

Peluang bisnis dropship di Indonesia

 

Berdasarkan cara kerja bisnis dropship yang terbilang cukup mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa peduli latar belakang, maka persaingan antar dropshipper juga semakin ketat. Namun, peluang bisnis dropship masih sangat besar seiring perkembangan teknologi dan internet. Di Indonesia, jumlah penduduk yang telah melek internet mencapai 74 persen atau lebih dari 174 juta jiwa. Masih ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru nusantara mengingat bisnis online tidak mengenal jarak geografis.

Memanfaatkan peluang bisnis dropship bisa menambah pundi penghasilan sampingan Anda. Pekerjaan ini cocok dilakukan sebagai pekerjaan sampingan diluar pekerjaan utama. Para ibu rumah tangga, pelajar dan mahasiswa juga bisa mencoba profesi yang bisa menghasilkan rupiah bulanan. Agar Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dengan mempraktikkan cara kerja bisnis dropship, pastikan untuk memilih suplier yang terpercaya. Jangan sampai Anda merugi karena bekerja sama dengan suplier yang mempunyai reputasi buruk.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Segmentasi Pasar : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Syaratnya

 

Kelebihan bisnis dropship yang wajib Anda ketahui

 

Prospek bisnis dropship memang masih besar meskipun tingkat persaingan tak kalah tinggi. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau menjalankan cara kerja bisnis dropship yang benar. Kira-kira apa saja kelebihan bisnis dropship dibandingkan teknik bisnis yang lain, mari simak kelebihannya berikut ini :

  1. Tidak membutuhkan modal

    Banyak orang enggan memulai usaha karena tersandung modal yang terbatas. Kelebihan bisnis dropship adalah tidak membutuhkan modal sepeser pun selain gadget dan kuota internet. Jangan lupa untuk memiliki rekening tabungan Anda sendiri . Anda bisa memanfaatkan semua media online untuk mempermudah promo transaksi seperti Facebook, Instagram, Twitter, Marketplace, Website, dan lain-lain.

  2. Lebih fleksibel

    Alasan seseorang menyukai cara kerja bisnis dropship karena fleksibilitas yang ditawarkan. Kelebihan bisnis dropship bisa dilakukan siapa, kapan dan di mana saja tanpa ada batas dan pengekangan kreatifitas maupun latar belakang Anda. fleksibilitas ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kita berada.

  3. Tidak perlu biaya operasional

    Membandingkan bisnis dropship dengan sistem reseller terletak pada biaya atau modal yang dikeluarkan. Jika reseller wajib melakukan stok barang, maka dropshipper tidak perlu biaya operasional sama sekali. Selain itu, Anda juga tidak perlu memikirkan biaya sewa toko, gaji karyawan dan biaya lain-lain. Bisnis bcukup dikelola dari rumah saja atau dimanapun Anda berada.

  4. Memiliki risiko yang minim dengan keuntungan besar

    Jika Anda khawatir dengan sistem stok yang menumpuk di gudang, maka cara kerja bisnis dropship bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pemula. Pasalnya, Anda tidak perlu melakukan stok barang sehingga lebih minim risiko tidak terjual atau rugi.
     
    Bahkan keuntungan yang ditawarkan bisa semakin besar kalau Anda berhasil menjual barang suplier lebih banyak. Tak hanya mendapatkan uang dari laba penjualan, Anda bisa masuk dalam jajaran agen berprestasi yang mendapatkan reward dari pihak suplier. Keuntungan ganda ttentu menjadi poin yang sangat menarik bagi setiap dropshipper.

  5. Bisa menjual aneka produk

    Cara kerja bisnis dropship yang mudah dan menjual produk tanpa perlu stok membuat pelaku usaha bisa menjual aneka produk. Sebagai tips sukses menjadi dropshipper, Anda harus selektif memilih produk yang hendak ditawarkan. Pastikan pangsa pasar memang potensial untuk membeli produk yang Anda jual.
     
    Contoh produk yang memiliki pangsa pasar besar antara lain kebutuhan rumah tangga, fashion dan aksesoris, alat elektronik, dan masih banyak produk menarik lain. Tak hanya bisa menjual satu produk saja, Anda juga bisa menjual berbagai produk menguntungkan selama bekerja sama dengan suplier yang kredibel.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Website dan Fungsinya untuk Kehidupan Sehari-hari

 

Hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan bisnis dropship

Menilik cara kerja bisnis dropship dan keuntungan yang diberikan, mungkin Anda langsung terpikir untuk langsung memulai usaha ini. Namun, sebaiknya mengetahui beberapa hal detail mengenai keuntungan dan kekurangan bisnis lebih dahulu. Bisnis dropship bakal memberikan keuntungan yang lumayan kalau Anda tahu cara membuat konten positif untuk meningkatkan brand toko online sendiri.

Anda memang bebas membuat toko online, namun utamakan kepercayaan dari pelanggan. Brand positif bisa membangun bisnis dropship dari nol Anda menjadi semakin berkembang pesat. Tentu Anda harus memastikan bahwa suplier memiliki jaminan mutu dan kualitas yang tidak diragukan. Jangan sampai Anda menjual produk yang mengecewakan pelanggan. Menjual produk tanpa mengetahui kualitas atau bentuk asli barang bisa saja membuat pelanggan Anda kabur.

Jika terjadi kesalahan barang yang dikirim atau pengiriman lambat, Anda bakal menjadi orang pertama yang mendapatkan komplain. Anda juga harus bertanggungjawab menyelesaikan masalah tersebut. Jadi, pastikan Anda memang bekerja sama dengan suplier atau reseller tangan pertama yang profesional. Kalau salah memilih suplier, toko online Anda bakal mendapatkan ulasan dan testimoni yang kurang baik dari pelanggan. Jelas imbas penjualan atau transaksi bakal menurun karena ketidakpahaman ini.

Baca Juga : Memahami Peran Website Dalam Bisnis Online

 

Kesimpulan dan penutup

Mengingat saat ini begitu banyak peluang menjadi dropshipper  dapat membuat Anda memilih bahan jual yang sesuai dengan keinginan dan keahlian Anda. Meski mudah, Anda tetap harus memperhatikan syaran dan ketentuan, kualitas barang dan produk serta semua peraturan yang berlaku jika Anda mengambil barang dari produsen luar negeri.

Anda juga dapat membaca review dan testimoni dari sesama dropshipper terhadap perusahaan – perusahaan penyedia produk. Dari sini Anda dapat menentukan langkah dan memilah penyedia manakah yang bisa Anda percayai dan mempunyai rating service dan produk terbaik. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap detil produk yang tertera agar tidak berbeda ketika pembeli menerimanya dirumah.

Jaga selalu image Anda sebagai penjual, bantu setiap pembeli yang bertanya mengenai produk – produk Anda dengan ramah dan sabar. Karena hasil foto bisa berbeda dari produk asli, Anda harus memberikan pernyataan terperinci agar pelanggan Anda mempercayai kredibilitas toko jualan Anda. Bantu selalu pelanggan Anda dan jaga image branding Anda dengan tranparansi dan informasi produk yang detil.

Related Post :

popup image