Mengenal Apa itu Coworking Space dan Perkembangannya di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Kita semua tentunya pernah mendengat istilah Coworking Space atau di kenal juga dengan istilah ruang kerja bersama. Nah Coworking Space sendiri sudah mulai banyak menjamur di Indonesia bahkan sudah ada hampir di seluruh wilyah di Indonesia. Coworking Space atau ruang kerja bersama merupakan salah satu fasilitas tempat kerja yang bisa digunakan oleh siapapun, ada banyak model Coworking Space di Indonesia dan tentunya mempunyai fasilitas dan keunggulan masing-masing untuk bisnis Anda.

Nah yuk simak lebih lanjut bagaimana Coworking Space bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk kebutuhan kantor Anda di masa depan, karena Coworking Space bisa menawarkan solusi terbaik dan harga terjangkau sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga : Tips Bagaimana Cara Membangun Startup

 

Mengenal Apa itu Coworking Space

Mengenal Apa itu Coworking Space dan Perkembangannya di Indonesia | IDCloudHost

 

Coworking Space atau Ruang kerja bersama adalah suatu tempat dimana semuanya bisa menggunakan ruangan untuk bekerja, dan kesempatan untuk berinteraksi hingga tercipta kolaborasi bersama. Coworking Space bermaksud mengusung nilai-nilai komunitas, kolaborasi, pembelajaran, dan kesinambungan. Dari segi itu, coworking space dapat dipandang sebagai bagian dari gerakan sosial.

Biasanya mereka berkumpul dalam satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama dan ruangan-ruangan kecil yang dapat disewa per individu atau per komunitas atau perusahaan. Coworking space tidak hanya untuk para startup founder saja. Tetapi coworking space bisa & tepat juga untuk seseorang yang memiliki bisnis digital secara individu hingga para freelancer profesional yang membutuhkan tempat untuk bekerja diluar rumah namun tidak ‘serasa’ kantor.

Coworking Space identik juga dengan ruangan terbuka dan ada banyak sekali macam-macam ruangan yang biasanya tersedia pada layanan Coworking Space diantaranya:

  • Public Space yang merupakan ruangan besar yang biasanya bisa digunakan khusus maupun untuk siapapun yang menggunakannya. Biasanya ruangan public space ini sifatnya besar dan mempunyai meja yang sangat luas dan besar yang bisa ditempati oleh siapapun yang merasa nyaman untuk bekerja di ruangan terbuka
  • Private Space / Office merupakan ruangan yang lebih kecil dan biasanya digunakan oleh suatu perusahaan dan organisasi yang ingin lebih private dari perusahaan lainnya. Tentunya ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk Startup Anda dalam memanfaatkan fasilitas yang ada pada suatu Coworking Space dengan ruangan Private Office.
  • Event Space / Workshop Space merupakan suatu ruangan besar yang biasanya juga digunakan untuk melaksanakan Event. Setiap Coworking Space mempunyai Fasilitas Event Space ini baik itu dengan kapasitas kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan dari penggunannya.
  • Fasilitas pendukung lainnya yang juga disediakan seperti dapur, pantry, hingga library dan bahkan ada juga Coworking Space yang menawarkan ruangan silent, tempat tidur bahkan tempat bermain. Wah menarik sekali ya!

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

Sejarah Coworking Space dan Perkembangannya

Mengenal Apa itu Coworking Space dan Perkembangannya di Indonesia | IDCloudHost

 

Sejarah coworking space di dunia pertama kali yang berdiri adalah Schraubenfabrik Coworking Space yang merupakan sebuah coworking space di Wina, Austria, yang didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll pada tahun 2002. Oleh karena itu, Schraubenfabrik disebut juga Mother of Coworking Space.

Di Indonesia, menurut beberapa sumber, coworking space di Indonesia pertama kali hadir di Kota Bandung sekitar tahun 2010 dengan nama Hackerspace oleh Yohan Totting dkk. Bandung memang sering menjadi tempat lahir sebuah inovasi-inovasi yang unik & sangat menarik. Setelahnya, ruang kerja berkonsep sharing ini menjamur di berbagai kota besar Indonesia lainnya. Coworking space pun berhasil menarik perhatian bagi para founder startup hingga freelancer.

Di Indonesia sudah banyak sekali Coworking Space yang terdaftar bahkan ada lebih ratusan Coworking Space yang saat ini tumbuh dan berkembang sejalan dengan perkembangan Startup bisnis di Indonesia. Di Jakarta ada lebih 80% Coworking Space dari Total Coworking Space di Indonesia karena kita ketahui bahwa jakarta merupakan pusat bisnis dan ibu Kota Negara yang menjadi tempat yang cocok untuk berbisnis Coworking Space.

Para pebisnis coworking space di Indonesia juga tergabung dalam satu asosiasi bernama Coworking Indonesia yang biasanya juga menggelar konferensi besar membahas perkembangan Coworking Space di Tanah Air. Pada acara Coworking Indonesia tersebut kita bisa banyak bertemu dengan para pelaku Coworking Space di Seluruh Indonesia dan bertukar ide dan kolaborasi antar Coworking Space di setiap wilayah.

Adapun Asosiasi Coworking Indonesia dibuat dengan Visi dan misi sebagai berikut :

Visi Coworking Indonesia Our vision is that Coworking Indonesia will be a community of community builders, that can inspire, support and grow the coworking movement in Indonesia towards a sustainable economic impact for society.

Misi Coworking Indonesia dimana COWORKING SPACE sebagai

WADAH:

  • Menjadi forum bagi coworking space untuk berbagi informasi, pengetahuan dan jejaring.
  • Meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan coworking space. Mewujudkan definisi dan sistem pengelolaan coworking space yang efisien, berorientasi pada komunitas, dan berstandar nasional dan/atau internasional bagi seluruh anggotanya.

KOMUNITAS:

  • Untuk mendukung komunitas yang mempunyai tujuan jelas untuk meningkatkan dampak positif dalam pertumbuhan inovasi dan ekonomi dalam masyarakat.
  • Coworking Indonesia tidak secara bias memilih dan menyukai komunitas dan/atau coworking space tertentu.
  • Terbuka bagi coworking space dan perorangan yang mempunyai visi sejalan dengan Coworking Indonesia

KEMITRAAN:

  1. Coworking Space:
    • Mewujudkan suatu hubungan kerjasama yang setara dengan coworking space di berbagai kota di Indonesia serta jaringan internasional dengan Negara lain.
    • Mendukung dan membantu memetakan kolaborasi dan kerjasama antara asosiasi Coworking Indonesia dengan asosiasi coworking di negara lain.
  2. Pemerintah:
    • Coworking Indonesia menjadi asosiasi yang merepresentasikan gerakan coworking di Indonesia
    • Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan badan pemerintah untuk mendorong gerakan coworking di Indonesia
  3. Korporasi & Investasi : menjalin kemitraan dengan badan korporasi dan investasi yang mempunyai visi yang sejalan dengan asosiasi Coworking Indonesia

DAMPAK (Impact):

  • Mendukung terselenggaranya perkembangan teknologi informasi, kualitas sumber daya, dan kegiatan pendukung yang progresif di setiap coworking space.
  • Mengumpulkan data dalam bentuk kumpulan cerita nyata dan analisa statistik untuk menunjukkan dampak dan hubungan yang jelas antara gerakan coworking dengan pertumbuhan ekonomi dan masyarakat di Indonesia.

Dan Value yang ditawarkan oleh Coworking Indonesia :

  • Collaboration – Kolaborasi: menjalin kemitraan, kerjasama dan menggunakan secara optimal kekuatan kolektif.
    Sharing – Dengan asas saling berbagi untuk pencapaian tujuan lebih cepat dan dampak lebih besar.
  • Leadership & Mentorship – Kepemimpinan dan Pembimbingan: menginspirasi, mendorong inisiatif baru, memberikan dukungan, pengetahuan dan pendampingan.
  • Sustainability – Keberlanjutan: membantu coworking space untuk dapat berkelanjutan secara pengelolaan dan ekonomi.
  • Passion – Hasrat dan semangat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

 

 

Dari data yang kita kutip dari DailySocial yang bekerja sama dengan JakPat Mobile Survey Platform untuk menggali fenomena ini. Dari survei yang dilakukan terhadap 1617 responden, ditemukan beberapa fakta menarik, di antaranya:

  • Sebanyak 67% responden cukup akrab dengan coworking space, mayoritas mendefinisikan sebagai sebuah tempat khusus untuk bekerja.
  • Mayoritas responden, atau tepatnya 90%, mengonfirmasi bahwa pekerjaannya bisa diselesaikan di coworking space (tidak harus di kantor).
  • Selain lokasi yang strategis (79%), fasilitas (67%) dan lingkungan (42%) menjadi faktor di balik pemilihan coworking space sebagai tempat untuk bekerja.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Startup. Pengertian, dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

 

Manfaat Bekerja di Coworking Space

Mengenal Apa itu Coworking Space dan Perkembangannya di Indonesia | IDCloudHost

 

Nah setelah kita membahas details bagaimana Coworking Space di Indonesia. Co-working Space ditawarkan sebagai solusi bagi siapa saja yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Layanan ruang kerja ini sering kali digunakan oleh individu, perusahaan, profesional, penggiat startup, komunitas, dan freelancer atau pekerja lepas. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari Co-working Space ini untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja di Coworking Space :

  • Membangun Relasi dan Kolaborasi

    Tidak kita pungkiri bahwa dengan mempunyai kantor di Coworking Space akan memperbesar relasi karena di Coworking Space sendiri akan banyak orang yang berkunjung dan kita juga akan berkenalan dan berkesempatan untuk bisa berkolaborasi satu sama lainnya. Peluang ini bisa menjadi peluang yang besar khususnya untuk startup yang ingin menjadi lebih besar dan berkembang dengan sangat cepat.
     
    Selain itu, dengan menjadi anggota sebuah coworking space di wilayah Anda, biasanya Anda tak perlu lagi membayar seminar atau training yang mahal karena sudah termasuk dalam fasilitas yang diberikan terkait pengembangan komunitas dan banyak coworking Space yang menawarkan Diskon dan Free untuk member mereka. Acara-acara yang diselenggarakan, tak jarang berupa acara pitching bisnis yang memungkinkan Anda untuk menemui pihak-pihak investor atau mendapat pendanaan bisnis.

  • Lebih Produktif dan Kreatif

    Coworking Space juga memberikan manfaat lain yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah dapat bekerja lebih produktif dan bisa menciptakan iklim yang kreatif dan inovatif untuk karyawan Anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh Coworking Space untuk menghindari kejenuhan para karyawan Anda sehingga mereka bisa lebih nyaman dalam bekerja.

  • Lebih hemat dan Efisien

    Sebagai pebisnis baik itu UMKM, Startup dan organisasi Anda tentunya lebih fleksibel dan efisien dalam banyak hal karena Anda tidak perlu lagi pusing mengatur dan membeli fasilitas kantor, semua sudha tersedia di Coworking Space yang Anda sewa dimana Anda tinggal membayar biaya sewa. Dan jika di kalkulasi dengan saksama, biaya sewa lebih hemat di Coworking Space dibandingkan memiliki kantor sendiri jika anda bisa dengan pintar memilih Coworking Space yang tepat untuk bisnis Anda.

  • Memanfaatkan Fasilitas dari Coworking Space

    Anda bisa memanfaatkan berbagai fasilitas dari Coworking Space baik itu pantry, library, ruangan bermain atau game, dan lainnya. Meskipun tidak semua Coworking Space memili fasilitas tersebut. Namun yang pasti fasilitas utama yang penting dari Coworking Space adalah koneksi yang cepat sehingga Anda bisa bekerja dengan nyaman.

Demikian informasi ini kita sampaikan, kamu tertarik tidak untuk bekerja di Coworking Space ? Yuk sebutkan kira kira ada Coworking Space g ya di tempat kamu ?

Related Post :

popup image