Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Di tengah ekonomi yang tidak stabil seperti saat ini, kita harus dituntut untuk tetap kreatif dalam mencari rezeki. Belum lagi beberapa bulan belakangan ini juga telah terjadi pemutusan kerja (PHK) besar- besar yang membuat banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga mereka harus mencari pekerjaan lain. Atau bisa saja Anda mencari pekerjaan sampingan untuk tetap mendukung finansial Anda.

Tidak masalah apa pun latar belakang Anda dalam mencari peluang usaha atau peluang bisnis baik itu sebagai pusat pendapatn utama atau sebagai usaha sampingan. Setiap usaha yang Anda pilih sebaiknya harus dilakukan dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi juga. Terlebih lagi jika usaha ini adalah sesuatu yang Anda gemari atau passion Anda, usaha ini akan menjadi penyaluran hobi sekaligus mendatangkan keuntungan disaat yang bersama.

Namun, setiap usaha tentunya membutuhkan sebuah persiapan dan langkah yang matang untuk memulainya. Anda tidak dapat membuat usaha begitu saja hanya karena usaha itu terlihat mudah dan mendatangkan untung cepat. Sebelum Anda memutuskan untuk membuka usaha, mari simak apa saja yang diperlukan untuk membuka suatu usaha dan daftar usaha apa saja yang sekiranya sesuai dengan kemampuan Anda, pasar penjualan dan daftar- daftarnya.

 

Tips Membuka Usaha Sendiri

Sebelumnya, Anda harus lebih dulu mengadakan brainstorming atau diskusi mengenai peluang usaha apa saja yang sekiranya akan sesuai untuk Anda. Ini juga termasuk personaliti Anda, peluang pasar, cara distribusi usaha tersebut dan lain sebagainya. Untuk itu berikut beberapa tips sebelum membuka usaha sendiri :

  • Sesuaikan dengan minat dan kemampuan Anda

    Jika Anda mempunyai bakat dalam menjahit pakaian, maka sebaiknya Anda memilih peluang usaha ini kerana sejatinya Anda telah mempunyai modal dan bakat untuk itu. Jangan membuka usaha dari hal yang tidak pernah Anda tahu sebelumnya atau tidak menguasainya sama sekali.

  • Lakukan riset pasar

    Ini adalah tips paling mendasar bagi setiap bisnis, yakni menentukan dan mencari riset pasar untuk memasarkan produk mereka. Jika Anda membuka usaha katering, maka carilah pasar dan pembeli yang memang membutuhkan makanan katering serta peluang untuk berkembang lebih luas seperti para pekerja kantoran yang biasanya memang memerlukan pengantaran makanan katering.

  • Melihat peluang pemasaran

    Dengan digitalisasi yang meluas saat ini, Anda juga dapat memanfaatkan peluang ini dengan mengembangkan bisnis Anda secara online. Memanfaatkan promosi melalui media sosial, pengantaran makanan melalui ojek online seperti Gojek dan Grab, hingga melakukan endorsement kepada influencer. Anda dapat menggunakan itu semua untuk membuat bisnis Anda dikenal lebih luas.

  • Menentukan modal, pembukuan keuangan dan disiplin

    Tidak semua usaha memerlukan modal yang besar, bahkan banyak usaha saat ini justru tidak mempunyai modal sama sekali dan hanya memanfaatkan apa yang Anda miliki seperti smartphone serta koneksi internet. Meski begitu, tidak berarti Anda tidak perlu menyusun buku keuangan Anda, setiap usaha tetap memerlukan pembukuan yang rapi dan disiplin dalam menjalankannya.

  • Menghadapi persaingan dengan sehat

    Baik itu usaha skala besar maupun kecil sekalipun, persaingan akan selalu ada. Tetapi Anda harus menyikapi persaingan ini dengan sehat dan terus berdisiplin, berdedikasi menjalankan usaha pilihan Anda karena inilah yang nantinya akan membuat Anda lebih bertahan dari usaha sejenis yang sama dengan usaha Anda.

 

Baca Juga :   Cara Membuat Website GRATIS Dengan Menggunakan Google Bisnisku (Google My Business)

 

Daftar Peluang Usaha Menjanjikan 2020

Setiap pergantian tahun, selalu ada yang namanya trend yang berubah dan mengikuti zaman sehingga cara hidup masyarakat juga akan berubah mengikut trend tersebut. Salah satu sektor kehidupan yang turut terpengaruh oleh trend adalah jenis usaha atau bisnis yang dinamis dan akan selalu berkembang dengan ide- ide baru. Berikut beberapa daftar peluang usaha atau bisnis yang sekiranya menjanjikan dan menguntungkan di tahun 2020 ini.

 

Podcast

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Bergesernya trend mendengarkan radio dan menonton TV menghasilkan trend baru yakni, Podcast. Podcast berhasil menggabungkan 2 hal yakni siaran layaknya radio dan tampilan visual layaknya televisi. Podcast ini sendiri dapat ditonton melalui YouTube, Spotify, Soundtrap dan lain- lain. podcast menjadi salah satu biadang usaha karena tidak hanya bisa dilakukan separuh waktu, namun juga mendatangkan pemasukan yang menjanjikan. Jika Anda menyukai bidang ini maka sebelum memutuskan untuk meluncurkan Podcast Anda sendiri, perhatikan hal – hal berikut :

  • Setidaknya Anda akan memerlukan sebuah camera, microphone dan komputer atau laptop sebagai wadah penyiaran.
  • Podcast yang baik dan banyak diminati telah mempunyai niche atau tema perbincangan mereka sendiri, maka cari dan tentukan tema Anda sendiri.

 

 

YouTuber

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Sejak pandemi dan pemerintah memberlakukan PSBB, maka YouTube salah satu platform online yang paling banyak dicari dan diakses selama masa karantina. Selain itu YouTube telah menjadi fenomena karena banyaknya orang- orang yang terbukti berhasil dari menampilkan berbagai macam ide dan tema mereka sendiri. Tidak mengeherankan jika banyak orang yang ingin menjadi YouTuber, tetapi sebaiknya mulailah dengan menjadi YouTuber paruh waktu yang akan berkembang dari waktu ke waktu.

Anda dapat berbagi apa saja di YouTube, mulai dari tutorial memasak, kerajinan tangan, berbagi rangkuman berita terkini hingga mengajar secara online. Sedangkan YouTube sendiri memberikan kebebasan pada penggunanya, tetapi sebaiknya Anda telah menentukan tema YouTube Anda sendiri. Jika Anda juga tertarik untuk menjadi YouTuber, lakukan riset Anda dan update konten Anda dengan teratur.

Baca Juga :   Mengenal Bisnis Franchise : Tips & Trick, Syarat, Cara Membuka di Indonesia

 

Food Truck

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Apakah Anda mempunyai bakat dalam memasak? Selain membuat katering dan mengirimkannya, Anda juga dapat menjemput bola dengan membawa serta dapur Anda kemana- kemana. Food truck atau kedai berjalan biasanya sering kita lihat di pinggir jalan atau kawasan yang memang disediakan khusus seperti Car Free Day (CFD). Anda juga bisa memanfaatkan media sosial dengan membuat akun food truck Anda sendiri dengan menampilkan foto- foto produk dan foto dari pembeli Anda.

Dengan adanya akun ini, maka Anda juga bisa berinteraksi dengan pelanggan Anda langsung entah itu menyampaikan promo terbaru, pindah venue dan lainnya. Anda juga dapat menggunakan Google Bisnisku untuk jangkauan yang lebih luas. Jadi tidak ada salahnya untuk menjajakan kedai makanan Anda kemana saja karena dengan begitu semua orang akan lebih mengenalnya dan membuat pelung jual Anda juga lebih tinggi.

 

Kursus online

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Salah satu usaha yang berimbas sejak adanya pandemi ini adalah kursus yang biasanya lebih sering diadakan di sebuah lembaga dan tempat khusus atau secara personal seperti tutor yang mendatangi para muridnya. Tetapi bukan berarti peluang usaha ini justru mati, dengan adanya koneksi internet, usaha ini masih bisa tetap berlangsung.

Bahkan usaha ini menjadi sebuah peluang bagus karena para murid yang terkena karantina harus belajar sendiri tanpa bimbingan profesional dapat menggunakan jasa tutor online. Dengan begitu baik tutor dan murid dapat berinteraksi langsung namun dengan keamanan yang terjamin sekaligus tetap menjaga atau meningkatkan skill pembelajaran si murid tersebut.

 

Organic farmer atau petani organik

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Apakah Anda mempunyai sebidang tanah yang tidak digunakan? Maka saatnya untuk memanfaatkan bidang kosong tersebut meskipun itu hanya sepetak tanah yang kecil. Anda dapat menanam berbagai tanaman secara organik yang tidak memerlukan banyak ruang seperti seperti metode pertanian Agroponik. Cara ini sejatinya tidak membutuhkan lahan luas karena Anda dapat memanfaatkan pipa dan menanam bibit di dalamnya.

Usaha pertanian Agroponik ini juga telah menjadi trend pertanian terkini yang di beberapa tempat di buka untuk menjadi ide pariwisata yang menarik banyak pengunjung. Dari sini selain bisa menuai hasil Anda sendiri, Anda juga turut membantu mengembangkan ide usaha milenial yang biasanya terbentur oleh ketersediaan lahan dan pemanfaatan bahan baku yang dulunya tidak pernah terpikirkan.

Baca Juga :   Cara Membuat Laporan Keuangan Untuk UMKM, Perusahaan dan Usaha

 

Fotografer

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Kalau dulu profesi yang satu ini lebih identik dengan studio dan kliennya yang lebih formal seperti foto pernikahan, wisuda dan lainnya. Saat ini bidang fotografi juga lebih dikenal sebagai profesi yang turut melakukan foto produk. Mengingat banyaknya usaha dan merek- merek lokal kecil yang bermunculan, maka demand atau tuntutan untuk melakukan pemotretan produk juga semakin naik.

Tidak hanya brand atau mereka harus menampilkan foto produk yang menarik, unik dan bagus, fotografer juga harus mampu meningkatkan skill foto mereka yang mungkin dulunya lebih fokus dalam mengabdikan obyek hidup menjadi sebuah produk. Selain skill foto yang mumpuni, fotografer juga harus mengupgrade skill mereka dalam menata produk yang menarik.

 

Blogger, reviewer dan product testing

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Peluang usaha yang satu ini merupakan bidang usaha baru yang muncul beberapa tahun lalu dengan meningkatnya berbagai macam platform media sosial. Orang- orang yang berkecimpung di dunia ini biasa disebut Blogger, reviewer atau product testing yang akan mencoba berbagai macam produk yang kemudian hasil percobaannya akan dibagikan sebagai testimoni atau review.

Umumnya peluang usaha ini lebih condong kepada kecantikan atau kulinari karena dengan begitu blogger akan dapat membagikan pengalaman mereka kepada pembacanya. Sedangkan platform berbagi testimoni ini juga ikut berkembang, tidak lagi hanya berpusat pada blog atau website melainkan pada YouTube, Instagram, Twitter, Facebook dan media lainnya. Tentunya ini membuat peluang menjadi lebih luas karena banyak brand juga mencari jasa review yang bisa berbagi pengalaman guna dengan lebih alami dan nyata mengingat rasa familiar yang lebih umum.

 

Dropshipper dan reseller

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Usaha yang satu ini sangat terkenal karena pelakunya tidak memerlukan banyak modal dengan cukup memanfaatkan smartphone dan koneksi internet mereka semata. Anda dapat bergabung menjadi seorang dropshipper dengan membuka toko online Anda sendiri dan berjualan dengan cara menampilkan foto- foto produk yang telah ada. Meskipun begitu, pastikan Anda mencari tema jual yang Anda pahami dan pelajari dengan baik seluk beluk menjadi dropshipper yang baik dan berkualitas.

Menjadi dropshipper atau reseller juga akan membawa pengaruh dalam brand yang Anda jual tadi karena kemampuan Anda dalam berjualan akan langsung dinilai dengan testimoni yang ditinggalkan pembeli di akun e-commerce atau media sosial Anda. Untuk menjadi penjual yang baik, usahakan produk yang Anda kirim selalu tepat waktu, jaga komunikasi dengan pelanggan Anda dan jagalah kualitas barang jualan Anda.

Baca Juga :   Cara Membuat Website untuk Pemula dan Bisnis Online (UMKM) di Indonesia

 

Crafter atau pengrajin kerajinan tangan UMKM

Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020
 

Salah satu trend pasar yang kuat saat ini adalah naiknya peluang usaha sebagai crafter atau kerajinan tangan. Karena banyaknya platform penjualan online seperti e-commerce membuat pengrajin yang mungkin dulunya terbatas pada pasar dan area penjualan kini akan mendapat lebih banyak exposure dalam mengenalkan produk mereka.

Tidak hanya terbatas pada penjualan skala nasional, pengrajin juga bisa memasarkan produk mereka secara internasional melalui Etsy dan Ebay. Bidang kerajinan tangan pun semakin berkembang seperti menjual masker wajah dari kain yang sekarang lebih banyak diminati karena selain hemat, masker kain juga bisa dicuci dan digunakan kembali sehingga minim limbah. Jika Anda adalah pengrajin, tidak ada salahnya memanfaatkan momentum ini dengan bijak.

 

Kesimpulan dan penutup

Semua daftar peluang usaha di atas bisa Anda pilih dengan menyesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika Anda telah memutuskan usaha yang ingin Anda tekuni, sekali lagi lakukan riset pasar dan gali kembali apa saja yang sekiranya akan membuat usaha Anda bisa dikenali dan diminati ramai. Entah itu cara promosi yang menggunakan influencer di media sosial maupun bahan yang Anda gunakan, pastikan usaha Anda mempunyai coraknya sendiri jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis.

Setelah itu langkah yang harus Anda terapkan adalah komitmen, dedikasi dan disiplin yang kuat. Karena untuk mendapatkan untung yang menjanjikan, setiap usaha harus lebih dulu ditekuni dengan benar dan disiplin. Demikianlah daftar peluang usaha yang mengikut trend dan menjanjikan di tahun 2020 ini, semoga Anda mendapatkan inspirasi dan menemukan usaha yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

Related Post :

popup image