logo Cara Menaikkan Domain Authority - IDCloudHost

Cara Menaikkan Domain Authority

Cara Menaikkan Domain Authority

Menaikkan Domain Authority

 

Jika mencari sesuatu menggunakan search engine, konten yang terlampir pada bagian paling atas halaman hasil pencarian pasti kita klik pertama kali. Namun, tahukah Anda bagaimana cara website-website dengan ranking tertinggi ini mendapatkan peringkat tertinggi dalam kategori tertentu? Hal ini berkaitan dengan cara menaikkan domain authority.

Sebagai pemilik website, Anda bisa mendapatkan hal ini dengan menerapkan SEO yang baik. Salah satu aspek yang bisa dioptimasi adalah dengan menaikkan domain authority dan page authority. Anda yang sudah familiar dalam mengelola blog pasti pernah mendengar istilah ini sebelumnya.

Dengan mengetahui cara menaikkan domain authority dan page authority, Anda bisa menaikkan peringkat website pada halaman hasil pencarian. Bagaimana langkah-langkahnya? Simak dalam artikel berikut ini, ya.

Apa Itu Domain Authority?

Domain authority adalah skor yang menunjukkan kualitas dari suatu website dan seberapa tinggi kemungkinan website tersebut untuk menempati peringkat pertama pada mesin pencari. Website dengan skor domain authority yang tinggi sangat berpotensi berada di halaman pertama hasil pencarian. Istilah domain authority pertama kali muncul dari software Moz.

Data-data pada link explorer web index dan berbagai faktor lain digunakan oleh MOZ agar mendapat hasil perhitungan domain authority. Setiap website akan mendapat skor 0 sampai 100. Skor ini mempertimbangkan banyak aspek yang semuanya harus Anda perhatikan jika ingin meningkatkan domain authority website Anda.

Apa Itu Page Authority?

Page authority adalah sebuah skor pada halaman-halaman yang ada dalam suatu website. Skor ini menunjukkan nilai otoritas halaman, semakin tinggi skor maka akan semakin besar kemungkinan halaman tersebut tampil di peringkat pertama hasil pencarian.

Agar lebih mudah memahami dan membedakannya dengan domain authority, mari gunakan contoh. Misalnya, Anda memiliki sebuah website, domain authority adalah nilai yang diberikan pada website tersebut. Selanjutnya, dalam website tersebut Anda memposting 50 artikel, page authority adalah skor yang diberikan untuk setiap artikel yang Anda tulis.

Biasanya, skor domain authority dan page authority tidak jauh berbeda. Istilah ini juga pertama kali muncul pada software MOZ yang mempelajari dan membandingkan halaman website satu sama lain dengan link explorer web index.

Baca Juga : 5+ Hal Penting Saat Transfer Domain ke IDCloudHost

Hal-Hal yang Menentukan Skor Domain Authority dan Page Authority

Kita sudah mengenal domain authority dan page authority pada pembahasan sebelumnya. Anda pasti ingin mengetahui apa saja yang mempengaruhi kedua skor ini? Ada beberapa hal yang menentukan bagaimana sebuah website bisa mendapatkan peringkat yang baik pada halaman pencarian, berikut penjelasannya.

1. Traffic Rate

Jumlah pengunjung yang datang setiap harinya ke website Anda menentukan seberapa baik peringkat DA dan PA. Hal ini juga membuat Google melihat website Anda sebagai website yang kredibel.

Banyaknya pengunjung menandakan bahwa konten yang ada dalam website tersebut relevan, menarik, dan bermanfaat. Hal ini bisa membuat website Anda berkesempatan besar tampil di peringkat atas halaman pencarian.

2. Kualitas Konten

Berkaitan dengan poin sebelumnya, website bisa memiliki banyak pengunjung karena konten-kontennye menarik dan berkualitas. Konten berkualitas maksudnya adalah konten tersebut bisa memberi penjelasan yang sesuai dengan kebutuhan pembaca yang menjadi targetnya.

Konten berkualitas ini cakupannya tidak hanya teks saja. Anda juga bisa menambahkan gambar, video, audio, dan file multimedia lainnya untuk menunjang kualitas konten Anda.

3. Jumlah Konten

Konten adalah inti dari website Anda. Konten yang ada di dalam website tersebut merupakan hal yang dicari-cari oleh pengunjung website Anda. Karena itu, memperbanyak jumlah konten menjadi salah satu cara menaikkan domain authority dan page authority.

Semakin banyak jumlah konten Anda, maka semakin banyak pula potensi Anda akan mendapatkan banyak pengunjung. Alasannya, karena semakin banyak keyword SEO yang sudah Anda gunakan dan bisa menarik pengunjung untuk datang ke website.

Website yang terlihat aktif dalam memproduksi konten akan dinilai baik oleh Moz, karena hal ini menandakan bahwa website tersebut kita kelola dengan baik. Keaktifan website seperti ini merupakan salah satu indikator skor domain authority dan page authorit, lho.

4. Link Internal dan Link Eksternal

Jika Anda membaca artikel di sebuah website, tidak jarang akan ada teks warna biru yang bisa mengarahkan Anda ke halaman artikel lain ketika di-klik. Link yang kita lihat itu biasanya berguna sebagai rujukan ke suatu halaman atau website lain. Jenis link ini ada dua, yakni internal link dan eksternal link.

Internal link memungkinkan pengguna yang meng-kliknya berindah ke halaman lain, tapi masih berada pada website yang sama. Sementara itu, external link berguna sebagai rujukan bagi pengguna agar tertarik meng-klik halaman website lain. Kedua aspek ini harus dioptimalisasikan agar SEO dan nilai domain authority serta page authority meningkat.

5. Engagement Rate

Engagement rate berkaitan erat dengan traffic. Hal ini menjadi salah satu faktor yang menentukan berapa skor domain authority dari website kita. Dalam website, engagement rate bisa terlihat dari berapa lama seseorang menghbaiskan waktu di website kita.

Banyaknya pengunjung belum tentu diiringi dengan engagement yang tinggi. Anda bisa mendapatkan pengunjung dengan iklan dan promosi. Namun, untuk membuat seseorang bertahan lama menghabiskan waktu di website kita, dibutuhkan konten yang berkualitas dan menarik untuk dibaca hingga akhir.

Selain durasi seseorang menghabiskan waktu di website, jumlah komentar dan interaksi lain yang terjadi di website juga turut menentukan engagement rate.

6. SEO-friendly

Domain authority dan page authority erat kaitannya dengan SEO. Karena itu, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan skor adalah aspek-aspek SEO pada website Anda.

SEO menjadi sebuah teknik yang berguna untuk meningkatkan traffic ke website Anda. Untuk meningkatkan skor DA dan PA, buatlah website Anda menjadi lebih SEO-friendly.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) dan Cara Mengeceknya

Bagaimana Cara Menaikkan Skor Domain Authority dan Page Authority?

Setelah mengetahui apa saja yang menentukan skor domain authority dan page authority, Anda harus mengetahui apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya. Berikut adalah cara menaikkan skor domain authority dan membuat website Anda mendapat peringkat tinggi di Google.

1. Menerapkan Strategi Branding yang Baik

Menjalankan strategi branding untuk website Anda adalah salah satu cara menaikkan domain authority yang bisa dilakukan. Jika website atau perusahaan sudah memiliki kesan yang baik di mata orang-orang, maka bukan hal yang sulit bagi Anda untuk menaikkan jumah traffic dan engagement. Jika website Anda terlihat dan terpercaya, orang akan tertarik menjadi pengunjung loyal dan menghabiskan waktu lama di website tersebut.

2. Tingkatkan Kualitas Konten

Cara menaikkan domain authority selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas konten. Pertama-tama, yang harus dilakukan adalah mengenali audiens Anda. Website atau bisnis seperti apa yang Anda kembangkan? Orang seperti apa yang Anda inginkan untuk berkunjung ke website tersebut?

Anda bisa melakukan riset soal kriteria target pengunjung Anda. Pelajari usia, gender, tingkat ekonomi, pendidikan, hobi, minat, gaya hidup, dan lain sebagainya. Dengan mengenali audiens, Anda jadi bisa memahami masalah-masalah apa saja yang mereka hadapi dan kira-kira berkaitan dengan website atau bisnis Anda. Selanjutnya, buatlah konten yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan mereka dan relevan dengan permasalahan yang biasa mereka hadapi.

3. Perkuat Internal Link

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, memasukkan link dari halaman lain pada website Anda bisa menjadi salah satu cara menaikkan domain authority. Kami menyarankan Anda merujuk link yang masih berkaitan dengan topik yang sedang Anda tulis. Dalam satu artikel, sebaiknya memasukkan 2 atau 3 internal link untuk bisa menaikkan skor domain authority dan peringkat Anda pada SERP.

Selain itu, internal link ini juga bisa jadi sarana meningkatkan traffic. Saran-saran artikel tersebut bisa saja menarik pembaca untuk mengeceknya juga karena topiknya masih relevan dengan apa yang mereka cari.

4. Promosikan Konten

Sebelumnya, kita telah membahas bagaimana engagement dan traffic rate sebagai salah satu aspek penting dalam menentukan domain authority. Bagaimana cara meningkatkan kedua hal tersebut? Salah satunya adalah dengan mempromosikan konten Anda di media sosial.

Media sosial adalah salah satu tools yang powerful untuk melakukan solusi. Anda bisa menjangkau sangat banyak orang dalam satu waktu dan membidik target calon konsumen Anda lebih mudah. Anda bisa berpromosi dengan memposting setiap artikel baru di halaman atau profil media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa berpromosi melalui iklan yang sifatnya berbayar.

5. Membangun Backlink

Backlink adalah salah satu aspek offpage SEO. Membangun backlink yang baik bisa menjadi salah satu cara menaikkan domain authority. Backlink di sini maksudnya adalah saat link menuju website Anda diposting di website lain, begitu juga sebaliknya.

Jika website Anda sering dirujuk oleh website lain seperti itu, Google akan menyukai website Anda karena terlihat lebih kredibel dan terpercaya. Selain bisa membuat algoritma Google lebih menyukai website Anda, membangun backlink juga berguna untuk meningkatkan traffic dan konversi.

6. Maksimalkan SEO Onpage

Menerapkan SEO dengan baik bisa meningkatkan kualitas konten Anda. Tujuannya adalah agar artikel Anda bisa semakin relevan dengan kebutuhan pengunjung dan banyak dibaca. Ada beberapa aspek yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi SEO secara onpage.

Perhatikanlah penggunaan kata kunci. Gunakan kata kunci tersebut pada slug, meta description, dan alt gambar. Persebaran keyword yang tepat bisa membuat algoritma mesin pencari lebih mudah menemukan website Anda.

Selain itu, struktur tulisan juga perlu Anda perhatikan. Gunakanlah heading yang sesuai untuk setiap poin yang Anda tuliskan, hal ini bisa membantu pengunjung lebih mudah ketika membaca tulisan Anda.
7. Rutin Membersihkan Toxic Link dan Spam

Link dan komentar spam bisa berdampak buruk bagi website kita. Sebagai pemilik website yang harus mengurus banyak hal, terkadang kita bisa saja lupa memeriksa dan membersihkan hal ini secara rutin.

Anda bisa menggunakan beberapa plugin untuk membantu membersihkan komentar dan link spam dalam website Anda. Poin yang satu ini sangat penting sebagai cara menaikkan domain authority.

8. Kesabaran dan Konsistensi

Jumlah konten dan keaktifan blog menentukan skor domain authority. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengupdate konten di blog secara rutin. Konsistensi sangat diperlukan dalam hal ini, Anda harus meluangkan waktu dan pikiran untuk mengelola blog terus menerus.

Dalam menjalankan sebuah website, tak jarang kita mengalami berbagai hambatan. Misalnya, sudah menulis banyak konten tapi traffic tak junjung naik, teknik SEO yang perlu banyak pembaharuan, promosi yang tidak berjalan lancar, dan lain-lain.

Dengan menjaga kesabaran dan konsistensi, Anda bisa terus memperbaiki diri dan nantinya juga menaikkan domain authority Anda. Strategi SEO adalah investasi, karena itu prosesnya memang berjalan panjang dan tidak bisa Anda nikmati hanya dalam semalam saja.

9. Tingkatkan Kecepatan Website

Desain website yang baik, bukanlah yang sekedar menarik ketika dilihat saja. Desain website yang baik juga harus mudah dan cepat ketika diakses. Karena itulah, kecepatan loading website sangat penting untuk Anda perhatikan.

Bayangkan jika Anda mengunjungi suatu website untuk membaca artikel, tapi website tersebut butuh waktu loading yang sangat lama. Sebagai pengunjung, Anda mungkin kehilangan minat membaca dan merasa tak nyaman di website tersebut karena harus menunggu loading terlalu lama. Sebagian orang bahkan langsung menutup website tersebut dan beralih ke website lainnya.

Karena itulah, kecepatan website tidak boleh luput dari perhatian Anda. Jika website lambat, semua desain dan konten yang telah dipersiapkan dengan matang jadi gagal mendapatkan hati pengunjung.

10. Website Mobile Friendly

Smartphone adalah benda yang tidak pernah lepas dari keseharian banyak orang di zaman sekarang. Bahkan, saat ini tercatat ada 96,4 persen orang Indonesia yang mengakses internet lewat ponsel setiap harinya. Jumlah yang sangat fantastis, bukan? Hal ini menunjukkan betapa pentingnya membuat website yang mobile-friendly.

Sehingga, website Anda tidak hanya lancar dan nyaman dikunjungi lewat desktop saja, tapi juga lewat smartphone. Hal ini bisa membantu Anda menjangkau pengunjung yang lebih luas, yakni para pengguna smartphone.

Mereka yang merasa nyaman berada di website Anda tentunya akan menghabiskan waktu lebih lama pula. Sehingga, nantinya bisa turut meningkatkan engagement rate sebagai cara menaikkan domain authority dan peringkat SEO.

Baca Juga : Panduan Lengkap Apa itu Domain Authority dan Page Authority

Penutup

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda tentang cara menaikkan domain authority dan page authority untuk website. Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah menerapkan berbagai tips dan cara yang sudah kita bahas sebelumnya.

Perlu Anda ketahui bahwa usia sebuah website tidak serta merta membuat website tersebut memiliki domain authority yang lebih tinggi daripada website yang lebih baru. Karena itu, Anda tak perlu berkecil hati karena tips ini bisa digunakan bahkan jika website Anda masih seumur jagung.

Selamat mencoba tips-tips ini untuk website Anda! Jika belum memiliki website dan ingin membuatnya, maka berbagai layanan hosting dan CloudVPS dari IDCloudHost siap membantu Anda.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update
    popup image