5+ Rekomendasi Layanan SMTP Server Mail Gratis - IDCloudHost

Knowledge Base

5+ Rekomendasi Layanan SMTP Server Mail Gratis

smtp server gratis

Apa itu SMTP Server?

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yaitu suatu protokol untuk melakukan komunikasi dengan server yang berfungsi mengirimkan email dari lokal email ke server, sebelum akhirnya dikirimkan ke server email penerima. Proses ini kemudian dikontrol dengan MTA (Mail Transfer Agent) yang ada dalam server email Anda.

Port SMTP Default

Port 25 yaitu Port tanpa dienkripsi
Prot 426 yaitu Port SSL/TLS, nama lainnya SMTPS

Baca Juga : Cara Cepat Setting SMTP Gmail GRATIS

Rekomendasi Layanan SMTP Server Mail Gratis

Pada panduan kali ini, kita akan membahas beberapa Layanan SMTP Server Gratis yang bisa Anda gunakan.
Tentu dalam menerima email dalam VPS/Hosting yang kita gunakan mudah apabila dalam setup nya anda sudah tepat. Seperti melakukan settings MX Record. Dalam mempelajari SMTP tidak semudah kita pahami.

Solusi lainnya adalah menggunakan alternatif layanan SMTP. Dengan kita memanfaatkan layanan SMTP server eksternal ini dapat menjamin terkirimnya sebuah email kepada yang kita tuju. Dan tentunya ini juga menentukan kualitas pengiriman email kita agar tidak ditandai spam bukan?

Kali ini kita akan mengulas beberapa layanan SMTP server yang memberikan kita keuntungan dengan fasilitas email gratis untuk kita secara bulanan dan juga otomatis melakukan reset setiap awal bulan dengan billing baru. Bahkan ada yang menawarkan 10.000 email pertama saja. Setelah itu Anda membayarnya. Apa saja?

1. Gmail

Siapa yang tidak tahu layanan ini, mungkin bagi Anda pengguna pencari terbesar menggunakan layanan ini. Tak perlu jauh – jauh sebagai pengguna Android sepertinya email ini menjadi barang wajib. Kalau Anda memiliki ini tentu bisa memanfaatkan SMTP servernya secara gratis. Namun, dengan batasan 20 email per-ja. Selain itu, tetap memiliki kekurangan. Dalam mengisi formnya adalah menggunakan alamat gmailnya. Jika Anda merasa kurang, ya memang disaranakan yang berbayar saja.

gmail

2. SMT2GO

Layanan SMTP Server ini bisa kita katakan cukup dan mudah. Anda tinggal daftar dan menggunakan username beserta password akun Anda untuk mengirimkan email lewat SMTPnya. Batasannya adalah 1000 email per bulan. Memang tidak begitu banyak, namun sudah lebih dari cukup untuk Anda memiliki forum blog skala kecil.

3. Mailjet

Salah satu layanan SMTP lainnya yang sedikit lebih lega adalah Mailjet. Mereka memberikan kuota 6000 email per bulan. engan maksimum 200 email per hari. Ini adalah pilihan yang baik untuk operasi kecil. Anda dapat menyimpan kontak tak terbatas, API, Relai SMTP, Webhook, dan menggunakan ‘Editor Email Lanjutan’ dan Statistik Mailjet.

4. SendGrid

Sendgrid adalah layanan yang menyediakan API untuk mengirim email dan email list untuk email marketing. Layanan ini juga telah digunakan oleh beberapa start-up ternama seperti Uber, Spotify, Airbnb, dll. Sendgrid menyediakan dua metode untuk mengakses layanan mereka:

  1. Melalui API
  2. Melalui protokol SMTP

Kita akan menggunakan metode yang pertama, karena direkomendasikan oleh Sendgrid. Batasan email dari SendGrid juga lumayan yaitu 12000 setiap bulannya. Seperti layaknya Mailjet, jika Anda hanya butuh SMTP maka fitur -fitur SendGrid lebih dari cukup.

Baca Juga : Mengenal Mail Server : Pengertian dan Kegunaan Terlengkap

5. Mailgun

Mailgun memberikan target pelanggan yang paham akan perkembangan software. Batasan emailnya 10000 per bulan. Tapi merupakan layanan SMTP sedikit lebih sulit dibagian verifikasi data pelanggan. Penulis juga merekomendasikan lebih baik menggunakan API ketimbang SMTP. Beberapa review mengatakan bahwa sering terjadi kesalahan bila menggunakan SMTP. Mailgun adalah juga salah satu provider pengiriman yang developer friendly.

mailgun smtp mail server

6.ElasticEmail.

Elastic Email selain memberikan fasilitas SMTP Server ia juga memberikan layanan email marketing dan Email API dan memberikan limit sebesar 125.000 email perbulan secara gratis. Jika Anda mengunjungi websitenya. Anda akan melihat kemudahan tampilan dan juga support yang cepat untuk Anda.

7. Postals

Postal adalah sebuah mail server terlengkap dan penuh akan fitur dapat digunakan untuk website dan web server Anda. Seperti layaknya sendgridmailgun atau juga postmark. Postal bersifat open source dan siap membantu dan bekerja untuk server Anda.

Postal dibangun oleh Krystal yang mengawali pengembangan ini untuk memberikan service sebuah layanan pengiriman email untuk pribadi kala itu. Pada akhirnya memutuskan untuk merilisnya sebagai proyek dan sumber terbuka untuk komunitas. IDCloudHost memberikan dukungan One Instal Deploy pada Layanan Console yang mudah dan murah hanya 50ribu/bulan Anda sudah dapat menikmati fasilitas postal secara full.

Baca Juga : Cara Instal Postal Mail di Cloud VPS

Penutup

Bagaimana sudah mengetahui layanan rekomendasi yang bisa anda gunakan untuk mail server Anda? Biarpun beberapa memiliki keterbatasan. Namun, mail server yang baik akan mengirimkan email yang tepat menuju inbox pengguna bukan terdata menjadi spam. Email yang berkualitas tentunya akan memaksimalkan marketing bisnis Anda. Jika Anda memiliki rekomendasi lainnya seputar email dan hal berkaitan dengan server. Dapat menghubungi Tim IDCloudHost. Semoga bermanfaat!

 

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update