10+ Rekomendasi Plugin Wordpress di Tahun 2022 - IDCloudHost

Knowledge Base

10+ Rekomendasi Plugin WordPress di Tahun 2022

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik
 

Saat ini, WordPress merupakan salah satu platform paling populer. CMS yang satu ini telah membangun 37% dari total keseluruhan website yang ada di seluruh dunia. Salah satu alasan dari kepopuleran ini adalah banyaknya pilihan plugin WordPress terbaik yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Ada sekitar 58 ribu plugin yang tersedia dengan fungsi beragam. Plugin ini membantu Anda untuk membangun dan mengembangkan website dengan mudah. Anda bisa menambahkan berbagai fitur tambahan pada website Anda tanpa harus melakukan coding yang rumit.

Namun, banyaknya pilihan plugin ini tentunya bisa membuat kita bingung ingin menggunakan yang mana saja. Karena itu, dalam artikel ini kami akan merekomendasikan plugin WordPress 2022 terbaik yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan website Anda.

Baca Juga : Cara Menggunakan Widget WordPress

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik 2022

1. Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu plugin WordPress terbaik yang banyak digunakan untuk membantu Anda membuat artikel yang SEO-friendly. Y SEO bekerja dengan cara menganalisis konten yang Anda tulis, lalu memberikan skor SEO pada tulisan tersebut.

Plugin WordPress yang satu ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Mulai dari hal-hal teknis seperti pengecekan dan optimasi kata kunci, pembuatan meta description dan slug, dan lain-lain ada dalam plugin SEO yang satu ini.

Selain keyword, Ia juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tulisan dengan menganalisis keterbacaan dari tulisan tersebut. Plugin yang satu ini dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, jika Anda ingin memasukkan lebih dari 1 keyword untuk analisis SEO, Anda harus upgrade ke versi premium.

2. Jetpack

Jetpack adalah plugin WordPress yang serba bisa. Para developer mendesainnya untuk membantu Anda meningkatkan traffic, mengawasi performa website, mengamankan website, dan lain-lain.

Kelebihan lainnya adalah, Jetpack dapat Anda gunakan secara gratis. Namun, jika Anda ingin menikmati fitur backup, scanning, serta peningkatan keamanan tambahan, Anda bisa melakukan upgrade ke versi premium.

Saat ini, Jetpack telah digunakan oleh lebih dari 5 juta orang di WordPress. Plugin yang satu ini juga terkenal memiliki kualitas tinggi, serta dapat memudahkan Anda dengan berbagai fitur yang bisa Anda gunakan tanpa coding sama sekali.

3. Akismet

Akismet adalah salah satu plugin WordPress terbaik dalam bidang keamanan. Plugin yang satu ini dapat membantu Anda memeriksa komentar dan formulir kontak. Akismet bekerja dengan cara mengakses data-data tersebut, lalu memilah mana yang termasuk spam atau konten berbahaya, dan mana konten yang aman.

Plugin yang satu ini akan benar-benar membantu meningkatkan keamanan website Anda. Alasannya, karena Akismet mampu untuk memfilter setiap komentar yang masuk ke website dan memiliki fitur otomatis untuk memblokir konten spam. Fitur-fitur ini keamanannya sangat ketat.
Namun, saking ketatnya keamanan tersebut, kadang Akismet juga bisa menganggap beberapa komentar biasa sebagai spam. Sehingga, walau sudah menggunakan plugin ini sebaiknya Anda harus tetap mengecek folder spam Anda secara rutin.

Akismet dapat Anda gunakan secara gratis untuk keperluan personal. Namun, bagi Anda yang memiliki website untuk kebutuhan komersial, bisa membeli versi komersilnya mulai dari harga $10 saja.

Baca Juga : Plugin WooCommerce dan Panduan Instalnya di WordPress

4. WooCommerce

WooCommerce adalah plugin WordPress 2022 yang paling populer untuk membangun toko online. Plugin ini memungkinkan Anda untuk memodifikasi halaman website Anda dengan mudah, sesuai kebutuhan toko online yang ingin Anda buat.

Selain itu, WooCommerce juga memiliki berbagai fitur tambahan khusus untuk toko online. Misalnya, menambahkan metode pembayaran, memudahkan Anda mendata pembeli dan produk, dan lain-lain. WooCommerce juga sudah terintegrasi dengan tools lainnya seperti MailChimp, sehingga Anda bisa meningkatkan performa toko online Anda dengan lebih maksimal.

Kepopuleran dari plugin yang satu ini membuat banyaknya forum pengguna yang tersedia, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga, jika Anda mengalami kendala saat menggunakan WooCommerce, tak sulit bagi Anda untuk mendapatkan bantuan dari sesama user untuk bisa menemukan solusinya.

5. W3 Total Cache

W3 Total Cache adalah plugin WordPress 2022 yang berfungsi untuk meningkatkan kecepatan akses website Anda, tanpa perlu menambahkan bandwith. Plugin ini akan menyimpan informasi yang diakses oleh pengunjung website tersebut dalam bentuk cache.
Cache ini akan tersimpan dalam device yang pengunjung gunakan. Selanjutnya, setiap kali pengunjung mengakses informasi yang sama dari website kita, data cache sebelumnya membuat halaman atau informasi itu bisa langsung terakses.

Pengunjung tidak perlu lagi me-request data tersebut ke server. Karena itulah, website bisa lebih cepat dan hemat sumber daya.
Kecepatan website adalah hal yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik website, karena sangat berhubungan dengan optimasi SEO. Biasanya, website yang memiliki akses lebih lambat akan mendapatkan peringkat yang lebih rendah juga pada halaman hasil pencarian.
Selain membuat cache, plugin ini juga memiliki banyak fitur lain yang berfungsi untuk memperbaiki dan meningkatkan performa website Anda agar lebih maksimal. W3 Total Cache dapat Anda gunakan baik secara gratis ataupun premium.

6. WP Rocket

Sama seperti W3 Total Cache, plugin yang satu ini juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan akses website Anda. Namun, WP Rocket bekerja dengan cara yang berbeda dari plugin yang kita bahas sebelumnya.

WP Rocket memungkinkan Anda untuk mengurangi beban file HTML, CSS dan Javascript dalam website Anda. Berkurangnya file-file inilah yang membuat akses website Anda lebih ringan dan cepat bagi pengunjung.

WP Rocket adalah plugin WordPress yang sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna. Fitur menarik lainnya dari plugin ini adalah adanya GZIP Compression yang memungkinkan pengguna untuk mengkompres halaman website pada server, sehingga dapat menghemat sumber daya. Sebagai pertimbangan Anda, WP Rocket adalah plugin premium yang tidak dapat Anda gunakan secara gratis. Selain itu, plugin yang satu ini sulit Anda gunakan berbarengan dengan plugin lain yang memiliki fungsi serupa, karena akan menyebabkan sering error.

7. Sleeknote

Sleeknote merupakan plugin WordPress yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki website untuk keperluan bisnis. Plugin popup yang satu ini akan membantu Anda meningkatkan konversi penjualan dengan cara mengarahkan pengunjung ke sebuah halaman tempat Anda mempromosikan produk atau jasa.

Plugin ini dapat melakukan semua hal tersebut tanpa harus merombak ulang UX website Anda. Sleeknote juga memiliki fitur campaign builder drag-and-drop yang dapat digunakan dengan lebih dari 110 template. Selain itu, Anda juga dapat menargetkan popup tersebut berdasarkan data pengunjung yang diperoleh dari kebiasaan browsing mereka.

Anda dapat menggunakan Sleeknote secara gratis selama 7 hari pertama, tapi setelah itu plugin ini akan mengenakan biaya pemakaian setiap bulannya. Plugin WordPress ini cocok untuk Anda yang memiliki website yang besar dan kemampuan yang advance dalam mengelola website. Selain itu, cocok juga untuk Anda yang ingin mendapatkan insight lebih detail tentang siapa saja yang berkunjung ke website Anda.

8. Imagify Image Optimizer

Tak jarang website kita memiliki banyak gambar dalam setiap kontennya. Namun, tahukah Anda bahwa gambar-gambar yang memiliki ukuran besar ini akan memperlambat kecepatan akses website? Karena itulah, Imagify hadir sebagai plugin yang akan membantu pengguna untuk mengkompres gambar yang ada dalam konten-konten di website mereka. Tidak hanya mengkompres, Imagify juga memiliki fitur untuk mengkonversi gambar ke format WebP yang lebih ringan.

Level kompresi yang ada dalam Imagify juga beragam. Mulai dari kompresi normal yang tidak mengubah kualitas gambar, hingga yang menurunkan kualitas gambar tersebut. Namun, jika merasa hasil kompresi pilihan tidak sesuai, Anda selalu bisa mengembalikan gambar ke versi asli dengan fitur backup yang tersedia dalam plugin ini.

Baca Juga : Panduan Cara Menggunakan Elementor di WordPress

9. Elementor

Plugin WordPress terbaik ini berfungsi untuk memodifikasi tampilan website Anda. Elementor bekerja sebagai page builder dan memiliki berbagai fitur desain untuk menunjang tampilan halaman situs WordPress Anda.
Beberapa fitur yang ada dalam Elementor yakni, Box Shadows, Hover Effect, Animations, Background Overlay, dan lain-lain. Elementor membantu

Anda untuk mempercantik halaman website tanpa harus menggunakan coding atau menguasai PHP.
Selain itu, Elementor memiliki lebih dari 100 template halaman yang dapat Anda sesuaikan dengan tema website Anda. Mendesain tampilan menggunakan Elementor sangat mudah, karena tampilan dari plugin ini pun user-friendly. Sehingga, cocok untuk digunakan oleh pemula.

10. Contact Form 7

Contact Form 7 berfungsi untuk membuat formulir. Biasanya, para pemilik website menggunakannya untuk mendata kontak, pendaftaran, pemesanan, atau konfirmasi dari pengunjung. Anda dapat membuat formulir sesuai format yang Anda inginkan dengan fitur Markup Simple yang ada dalam plugin ini.

Plugin WordPress yang satu ini juga memungkinkan pengguna untuk dapat membuat formulir auto-response. Selain itu, Anda juga dapat mengelola beberapa formulir sekaligus dengan Contact Form 7.
Plugin ini dapat Anda gunakan sepenuhnya secara gratis. Menariknya lagi Contact Form 7 juga sudah mendukung tools dan sistem lain seperti Captcha, Askimet, Submission, dan lain-lain.

Baca Juga : Tips Membuat Toko Online Beserta Template dan Plugins yang Sesuai

Penutup

Itulah rekomendasi plugin WordPress 2022 yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan performa dan berbagai fitur pada website Anda. Namun, pastikan Anda memang menginstall plugin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan website, ya!

Sebenarnya, masih ada ribuan plugin WordPress lain yang memiliki berbagai fitur menarik. Akan tetapi, beberapa yang telah kita bahas dalam artikel ini sudah cukup untuk membantu kebutuhan utama dalam website Anda. Menginstall plugin awalnya memang terlihat merepotkan, tapi ke depannya hal ini akan mempermudah Anda dalam memanajemen halaman website Anda.

Tak hanya menggunakan plugin, Anda juga bisa mengembangkan website Anda dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah ada pada WordPress. Anda dapat membaca langkah-langkahnya lewat berbagai panduan WordPress yang ada di IDCloudHost. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update