Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan pekerja yang ahli dalam bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Menjadi seorang ahli dalam suatu bidang memang tidak mudah, membutuhkan banyak pembelajaran, praktik, trial dan error , bahkan harus mempunyai jam terbang tinggi supaya bisa mahir dalam hal tersebut. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan produk maupun jasa yang senantiasa memerlukan strategi pemasaran.

Salah satu profesi yang cukup dicari dan membutuhkan keahlian dalam sebuah perusahaan adalah profesi Digital Marketing Specialist, posisi ini membutuhkan keahlian yang beda daripada yang lain terutama dia harus ahli dalam bidang digital. Mengingat saat ini adalah zaman dimana hampir semua aspek kehidupan telah di digitalisasi sehingga bahkan proses jual beli saat ini dilakukan secara online.

Profesi Digital Marketing Specialist merupakan individu yang telah menguasai atau ahli dalam pekerjaan dalam dunia digital marketing serta telah mampu mengerjakan lingkup kerja di dalamnya. Pengertian Digital Marketing Specialist lebih jelasnya individu yang ahli dalam bidang ini tentunya mempunyai gaya marketing tersendiri dan berbeda dengan marketing konvensional yang umum dilakukan. Mari cari tahu mengenai profesi yang saat ini mengalami peningkatan yang berbeda sejak adanya digitalisasi global.

 

Lingkup Pekerjaan Digital Marketing Specialist

Dalam digital marketing utamanya memanfaatkan berbagai teknologi yang disediakan, dengan demikian akan lebih dapat menaikkan brand awareness juga penjualan pada produk atau jasa perusahaan tersebut. Beberapa pekerjaan yang masuk dalam lingkup profesi Digital Marketing Specialist yaitu :

 

  • Search engine Optimization atau SEO yakni menggunakan dengan sebaik mungkin search engine dalam marketing serta promosi mengingat ini akan membantu mendongkrak peluang jual beli dan membantu mengenalkan merek atau image branding.
  • Memasang iklan secara iklan karena berbagai iklan ke media sosial juga platform lain, misalkan Google, Instagram, Facebook, Youtube, Twitter, dan lainnya.
  • Email marketing yang digunakan email blasting dalam menjalankan proses promosi.
  • Videotron adalah dengan memanfaatkan billboard atau papan reklame elektronik dalam menjajakan iklan.
  • Iklan di televisi juga radio guna Memasarkan produk lewat iklan di dua media.

 

Cakupan pekerjaan seorang profesi Digital Marketing Specialist diharuskan mampu menjalankan hal-hal di atas semuanya. Sebab, demi menyandang profesi tersebut banyak pembelajaran yang harus dijalankan dan diketahui, sehingga benar-benar mampu menjadi seorang Digital Marketing Specialist.

 

Baca Juga :     Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

 

Job Deskripsi Profesi Digital Marketing Specialist

Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya
 

 

Pada dasarnya orang yang mampu menangani pekerjaan dalam lingkup Digital Marketing Specialist mempunyai beberapa job desk digital marketer yang pasti sering ditemui yaitu :

 

  • Digital Strategist

    Seorang yang tugasnya memikirkan serta mengkonsep berbagai ide campaign marketing dalam ranah digital secara menyeluruh.

  • Social Media Strategist

    Seorang yang tugasnya mengkonsep serta merancang berbagai distribusi content campaign marketing ke media sosial.

  • Social Media Specialist

    Seorang yang tugasnya meninjau serta meningkatkan engagement penggemar serta pelanggan produk lewat penyampaian content ke media sosial.

  • SEO Specialist

    Seorang yang tugasnya mengoptimalkan serta meningkatkan ranking website bisnis maupun produk pada search engine.

 

Baca Juga :      Daftar Program Affiliate Marketing yang Menguntungkan dan Mudah

 

Selain yang diuraikan diatas, profesi Digital Marketing Specialist juga harus memiliki aset digital untuk menunjang pekerjaannya antara lain :

 

  • Website
  • Akun sosial media
  • Identitas brand atau logo
  • Mempunyai jejak online atau review juga feedback

 

Tugas Profesi Digital Marketing Specialist

Profesi Digital Marketing Specialist mempunyai tugas yang perlu dijalankan, terutama dalam memaksimalkan pemasaran pada perusahaan, yaitu :

 

  1. Merencanakan serta melaksanakan berbagai pengembangan seluruh web yang berkaitan dengan perusahaan, email, SEO atau SEM, iklan online, juga media sosial.
  2. Mendesain, mengembangkan serta mempertahankan secara kontinuitas aktivitas di media sosial perusahaan.
  3. Mengukur serta melaporkan seluruh kinerja aktivitas pemasaran digital juga membandingkan dengan target (KPI juga ROI).
  4. Mengidentifikasi tren juga insights dengan mengoptimalkan seluruh aktivitas channel pada pemasaran online berdasarkan dengan data insights.
  5. Menjalankan brainstorming dengan berkala dalam menyusun strategi terbaru berkaitan dengan pemasaran secara online.
  6. Merencanakan, melaksanakan, hingga mengukur berbagai percobaan serta tes konversi.
  7. Menjalankan kolaborasi bersama tim dalam membuat halaman di web dan user experience.
  8. Berkolaborasi bersama agen external, media untuk iklan, dan mita lain.
  9. Mengevaluasi berbagai teknologi, trend IT, aplikasi yang sedang berkembang juga memberikan pemikiran juga perspektif dalam mengadopsi teknik pemasaran online dengan tepat.
  10. Mempunyai target juga evaluasi secara terukur, lewat channel iklan yang berbayar, misalkan, Iklan di Facebook maupun kampanye Google Adwords, hingga lewat perangkat lunak canggih CRM (manajemen hubungan pelanggan sosial), misalkan, SAP C4C, Sage CRM, microsoft Dynamics, juga Salesforce CRM.

 

Baca Juga :      Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Kualifikasi Dan Tanggung Jawab Profesi Digital Marketing Specialist

Profesi Digital Marketing Specialist : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, Dan Tanggung Jawabnya
 

Profesi Digital Marketing Specialist biasanya dalam perusahaan harus mempunyai kualifikasi yang mumpuni, yaitu :

 

  • Jenjang pendidikan umumnya bergantung dengan kebutuhan perusahaan dalam bidang pemasaran. Profesi ini biasanya memerlukan kandidat dengan gelar sarjana dalam bidang pemasaran, pemasaran online, dan lainnya. Mahasiswa lulusan jurusan tersebut diharapkan mampu menguasai dasar pemasaran, teknis dalam mesin pencari atau search engine, SEO, analisis web, hingga pay-per-click. Jadi, Minimal berpendidikan Diploma, sarjana sampai master di bidang studi atau jurusan pemasaran juga bidang yang terkait.
  • Mempunyai pengalaman di bidang pemasaran digital juga menguasai teknik SEO atau SEM, dapat mengelola database, media sosial, email, maupun kampanye iklan online.
  • Mempunyai kreativitas dalam mengidentifikasi target juga merancang kampanye digital serta berpengalaman dalam merancang hingga mengoptimalkan landing pages.
  • Menguasai berbagai teknik A atau B dengan eksperimen juga multivariat eksperimen serta mempunyai pengetahun kuat dalam analisis situs Web, seperti Google Analytics, Omniture, Netinsight, juga WebTrends).
  • Berpengalaman merancang serta mengoptimalkan kampanye di Google Adwords juga mempunyai pengetahuan sadar atau sederhana berkaitan dengan HTML, JavaScript, dan CSS.
  • Mempunyai kemampuan dalam menganalisis serta dapat membuat kebijakan didasarkan dari data.
  • Up-to-date akan tren baru yang muncul di bidang teknologi, consumer behavior, pemasaran online, juga pengukuran kinerja.
  • Merancang strategi dalam mengarahkan online traffic di website perusahaan juga menjalankan trekking konversi juga membuatkan perbaikan bagi website.
  • Mengembangkan juga mengelola kampanye pemasaran secara digital dan memanfaatkan teknik pemasaran secara digital salah satunya pencarian berbayar atau paid search, PPC, juga SEO.
  • Merancang berbagai konten sosial juga email kampanye untuk perusahaan.
  • Mengelola berbagai merek atau produk perusahaan dengan cara online hingga menciptakan promosi dalam meningkatkan kesadaran terhadap merek atau brand awareness.
  • Merancang desain untuk situs web perusahaan serta meningkatkan desain, usability, konten, hingga konversi website perusahaan.
  • Bertanggung jawab dalam perencanaan serta pengendalian anggaran di seluruh aktivitas pemasaran digital.
  • Melakukan evaluasi penelitian pasar, kegiatan promosi perusahaan asing, hingga kondisi pasar.

 

Baca Juga :     Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Dikutip dari Kompas bahwa nantinya profesi Digital Marketing Specialist di masa mendatang akan menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Sebab, perkembangan teknologi terus berlanjut dan kebutuhan akan teknologi terus meningkat, maka perusahaan diharuskan mempunyai tim yang ahli dalam bidang digital marketing.

Namun, menjalani profesi Digital Marketing Specialist tentu ada tantangannya. Salah satu tantangannya yakni bagaimana mampu menyakinkan pimpinan sebuah perusahaan dalam menggeser pola marketing yang sebelumnya konvensional menuju channel digital. Sebab, tidak semua perusahaan siap menjalankan digital marketing. Terpenting, mengingat zaman yang semakin maju, perusahaan mau tidak mau harus mempersiapkan diri mengikuti gelombang kemajuan teknologi dunia.

Related Post :

popup image