Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Bisnis Kecil dan UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Mengelola uang bukanlah hal yang termudah untuk dilakukan baik itu secara personal maupun keuangan dari sebuah bisnis usaha. Mengingat susahnya untuk menyeimbangkan buku cek, pelacakan dan pengeluaran dan menjaga saldo bank bisa menjadi sedikit sulit. Aplikasi keuangan pribadi dan keuangan bagi kebutuhan bisnis yang dapat terhubung dengan rekening bank Anda dan membantu Anda menjaga pengeluaran Anda.

Ada banyak aplikasi keuangan yang diciptakan untuk membantu para pemilik bisnis dan usaha UKM yang sudah pasti dapat mengakomodasi kebutuhan akan catatan keuangan yang lebih kompleks lagi. Tetapi aplikasi anggaran paling dasar biasanya terhubung dengan akun keuangan Anda yang akan melacak pengeluaran dan mengkategorikan pengeluaran sehingga Anda dapat melihat kemana uang Anda pergi.

Meski begitu, ada lebih banyak lagi aplikasi keuangan yang mampu melakukan dan menawarkan fitur serta dukungan lebih dari itu. Ini tentu saja membuat bisnis kecil dan UKM dapat menggantungkan semua rekod catatan keuangan mereka kepada aplikasi ini secara online lagi lengkap. Berikut beberapa aplikasi keuangan yang dapat diunduh dari OS App Store dan di Google Play dan telah digunakan oleh banyak pemilik usaha bisnis.

 

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Keuangan

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Bisnis Kecil dan UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Umumnya ada dua jenis utama aplikasi anggaran keuangan dan yang pertama adalah pelacak pengeluaran. Ini sebagian besar digunakan oleh orang-orang yang memotong banyak barang dari pajak mereka. Pemilik bisnis yang sering bepergian, penggunaan pribadi dan semua jenis pekerjaan profesional lainnya dapat menggunakan pelacak pengeluaran. Dengan cara kerja sederhana adalah memberitahu Anda berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk semua hal yang Anda butuhkan untuk pekerjaan atau bisnis yang tengah Anda jalankan.

Dari sini Anda akan kemudian memiliki semua info yang Anda butuhkan saat musim pajak tiba atau hasil periode dari bisnis Anda. Gaya aplikasi anggaran lainnya adalah dengan melacak anggaran bank Anda, pengeluaran Anda, tagihan, utilitas, dan hal-hal lain semacam itu. Ini berguna untuk melacak ke mana uang Anda pergi sehingga Anda dapat menemukan jejak semua pengeluaran bisnis Anda. Metode ini sangat membantu bagi orang yang mengelola banyak akun sekaligus dan membayar banyak tagihan secara online seperti bagi mereka yang tengah menjalankan bisnis.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi Chatting untuk UKM terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Rekomendasi Aplikasi Keuangan

Rekomendasi Aplikasi Keuangan untuk Bisnis Kecil dan UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia
 

Mengikuti perkembangan zaman dan digitalisasi, aplikasi penganggaran keuangan menjadi semakin populer selama dekade terakhir. Perangkat lunak ini memudahkan untuk memantau pengeluaran dan kebiasaan menabung dengan menautkan akun ke aplikasi dan melacak arus kas Anda. Aplikasi ini, gratis atau berbayar, menawarkan berbagai fitur untuk meningkatkan keuangan Anda. berikut beberapa opsi aplikasi keuangan yang telah berpengalaman membantu para klien mereka secara online :

 

  • Mint

    Mint adalah salah satu aplikasi penganggaran paling populer serba bisa yang tersedia, dengan lebih dari 20 juta pengguna. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan untuk penganggaran dari semua tingkatan. Anda juga dapat mengatur pengingat pembayaran tagihan, melacak investasi, dan mengakses skor kredit TransUnion Anda dan semua itu memungkinkan dengan aplikasi serba gratis ini.

  • Financial Calculator

    Gunakan aplikasi ini saat Anda menghitung anggaran Anda untuk masa depan. Aplikasi ini pada dasarnya adalah kumpulan kalkulator yang dapat membantu Anda mengetahui berbagai hal. Misalnya, dengan fitur kalkulator pinjaman sehingga Anda dapat melihat seperti apa pembayaran dan bunga Anda nantinya. Aplikasi ini memiliki total sekitar tiga atau empat lusin kalkulator yang berkisar dari pembelian rumah hingga tarif tetap vs dapat disesuaikan dan bahkan kalkulator laba atas investasi bisnis Anda. Meski tidak 100% mengelola keuangan Anda, tetapi Financial Calculator ini dapat membantu Anda memperhitungkan keputusan bisnis yang hendak Anda ambil nantinya.

  • Moodah

    Dengan pengalaman membantu lebih dari 40.000 klien UKM, Moodah adalah aplikasi lokal yang akan membantu Anda dalam penjualan, pembukuan keuangan serta mempermudah semua pencatatan penjualan dari bisnis Anda. Mengedepankan banyak fitur dan dukungan seperti bookkeeping, akses mengelola juga memantau bisnis secara real- time, pencatatan semua transaksi penjualan, pengelolaan dari hutang piutang, laporan neraca keuangan, arus kas hingga tentu saja la dan rugi dari periode bisnis Anda.

    Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Keuangan untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

  • Soltius

    Mendapatkan penghargaan akan keberhasilan dan komitmennya, membuat aplikasi keuangan yang satu ini patut diperhitungkan. Menawarkan berbagai solusi bisnis untuk berbagai skala bisnis dan dan usaha pula, Soltius datang dengan fitur- fitur serta dukungan handal seperti berbagai manajemen sperti data management dan supply chain management hingga cloud yang menjadi pilihan terbaik dalam penyimpanan online. Disamping kemudahan metoda pembayaran yang mudah, membuat Soltius ini patut dipertimbangkan.

  • Google Sheets

    Jika Anda adalah pemilik bisnis baru dan masih bingung menentukan aplikasi keuangan yang terbaik, Google Sheets adalah pilihan yang mudah untuk membiasakan diri Anda dalam mencoba aplikasi keuangan. Google Sheets dan aplikasi serupa dengannya berfungsi dengan sangat baik sebagai aplikasi anggaran. Cukup isi sel dengan pendapatan, pengeluaran, dan data lainnya, Anda kemudian dapat melihat apa yang Anda hasilkan dan belanjakan setiap bulan. Google Spreadsheet benar-benar gratis, sehingga aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang belum terbiasa dengan aplikasi keuangan yang kompleks.

  • Pawoon

    Selain Financial Calculator diatas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Pawoon sebagai kalkulator. Aplikasi ini cukup compact dengan kemampuan meminimalisir kemungkinan kesalahan dalam proses pembayaran. Selain juga dapat memenuhi kebutuhan utama dalam bisnis, aplikasi ini sangat menunjang kinerja pembayaran di kasir, mencetak struk transaksi hingga menyimpan semua data- data transaksi bisnis dengan baik.

  • Simplifi

    Simplifi by Quicken adalah salah satu aplikasi keuangan yang juga ramai digunakan karena menawarkan rencana pengeluaran yang dipersonalisasi dengan pembaruan waktu nyata tentang berapa banyak yang tersisa untuk dibelanjakan sepanjang bulan. Aplikasi ini menyinkronkan rekening bank Anda untuk menunjukkan posisi Anda dan kemajuan Anda dalam tujuan keuangan. Simplifi by Quicken juga melacak tagihan bulanan dan langganan Anda, termasuk yang tidak Anda gunakan.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi Pembayaran untuk UKM Terbaik dan Gratis di Indonesia

 

Kesimpulan dan Penutup

Apakah Anda pernah merasa tidak memahami dengan baik situasi keuangan bisnis Anda? Apakah uang tampaknya kembali keluar secepat masuknya? Apakah Anda kewalahan dalam mencatat semua pengeluaran dan transaksi keuangan selama menjalankan bisnis? Menjalankan bisnis sendiri seringkali menjadi trial dan error sampai Anda menemukan metode bisnis yang sesuai dengan Anda nantinya.

Sebenarnya ada banyak alat di luar sana yang dapat membantu Anda mengendalikan keuangan dan mendapatkan lebih banyak transparansi tentang kesehatan keuangan bisnis Anda. Banyak dari alat ini tersedia sebagai aplikasi di iPhone atau Android Anda, sehingga Anda dapat melacak informasi keuangan penting saat dalam perjalanan sekalipun. Pemilik bisnis yang cerdas selalu mendapat informasi secara waktu nyata dan mereka tahu di mana pengeluaran mereka, faktur apa yang belum dibayar, dan arus kas apa yang secara realistis dapat mereka harapkan pada saat tertentu.

Bagi banyak bisnis, wawasan waktu nyata semacam itu dapat berarti perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Sebagian besar bisnis gagal bukan karena mereka tidak memiliki produk yang bagus atau pemasar mereka yang buruk, melainkan karena masalah arus kas. Memiliki wawasan yang mendalam tentang keuangan Anda dapat membantu Anda menghindari krisis arus kas berikutnya dengan mencatat dan merekam semua transaksi keuangan Anda dengan bantuan aplikasi yang bisa Anda coba di daftar rekomendasi diatas.

 

Related Post :