Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Konsep di balik minimalisme yang sering dirangkum dalam moto “less is more”, pada dasarnya memiliki makna yang dalam dari sekedar menggunakan atau mempunyai sedikit barang. Dengan ide untuk menghilangkan kekacauan oleh perabotan ruangan dan mengurangi esensi dalam ruang adalah cara untuk menumbuhkan penyederhanaan yang menenangkan dalam pikiran kita. Selain itu, sedikit barang yang ada, maka sedikit pula perawatannya.

Menghilangkan kekacauan dan beban rasa suntuk atau bosan karena melihat terlalu banyak barang dalam satu tempat, hanya berkonsentrasi pada apa yang esensial, adalah sebuah konsep dari kondisi pikiran minimalis. Mungkin bagi sebagian orang konsep ini cukup menarik karena mereka menginginkan desain rumah dan kantor yang lebih luas serta lega. Tetapi juga tidak semua orang menyukai ruangan yang sederhana dan memberikan kesan seadanya ini.

Desain interior minimalis terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan konsep ini dapat terlihat sangat terbatas dan hambar. Namun memakai desain minimalis tidak melulu menjadi monoton. Dengan beberapa perencanaan, membuat desain minimalis akan lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Jika Anda tertarik untuk membuat desain minimalis untuk tempat tinggal atau tempat kerja Anda, mari simak tips desain konsep minimalis dibawah ini.

 

Memahami Konsep Desain Minimalis

Sementara minimalis mungkin menjadi tren baru dalam desain digital, ide-ide inti minimalis sebenarnya telah ada sejak lama. Akar apa yang kita sebut ‘desain minimalis’ dapat ditemukan dalam budaya tradisional Jepang. Budaya Jepang menghargai keseimbangan dan kesederhanaan. Arsitektur Jepang, desain interior, seni, dan desain grafis telah lama menggunakan aspek minimalis.

Sebagai gerakan di Barat, minimalisme dimulai pada awal abad ke-20. Dipengaruhi oleh gerakan Bauhaus, banyak arsitek mulai menggunakan desain minimalis di desain fasad bangunan mereka. Ludwig Mies Van der Rohe, arsitek Jerman-Amerika, adalah salah satu pelopor gerakan minimalis. Ia dikreditkan sebagai orang pertama yang menerapkan frasa “less is more” untuk desain arsitektur.

Pendekatan yang kurang lebih terhadap kreativitas dengan cepat berpindah dari arsitektur ke bidang lain yakni desain interior dan industri, lukisan, dan musik. Tetapi tidak peduli apa pun bidangnya, prinsip utama minimalisme tetap sama yaitu hanya menyisakan bagian penting dari fitur, untuk dapat lebih memusatkan perhatian penerima dan meningkatkan keanggunan keseluruhan desain.

Baca Juga  :   Telkom Buka Akses Netflix, Sekarang Sudah Bisa di Akses Normal di Indonesia

 

Tips Konsep Minimalis Untuk Rumah dan Kantor

Sejatinya sebuah rumah dan kantor yang tertata rapi dengan hanya menonjolkan esensi yang mendukung keperluan penghuninya, akan lebih memberikan kenyamanan dan meningkatkan produktivitas penghuninya. Untuk mendapatkan esensi dan manfaat sebuah konsep minimalis, tentu saja tidak terlepas dari faktor- faktor penunjang di dalam rumah dan kantor tersebut ini. Mari simak apa saja yang harus Anda perhatikan dalam membangung rumah dan kantor berkonsep minimalis.

 

Menggunakan Warna- warna yang Ideal dan Inspiratif

Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman
 

Ketika Anda mencoba berkonsentrasi, hal terakhir yang Anda butuhkan adalah banyak warna cerah yang harusnya muncul dalam pikiran Anda..Warna-warna cerah secara alami merangsang ide kreatif sehingga warna- warna ini mungkin membuat Anda merasa lebih antusias tapi tidak menutup kemungkinan mengganggu mood Anda juga.

Dinding Anda harus bersih dari terlalu banyak pola sehingga Anda mungkin ingin menghindari wallpaper yang penuh motif atau warna dan memilih cat sederhana. Ini tidak berarti bahwa Anda harus tetap dengan warna putih, betapapun klasiknya warna ini untuk kantor rumahan yang minimalis. Pastel lembut adalah cara yang baik untuk memperkenalkan sedikit warna serta warna yang lebih kaya dan menjadi pilihan populer beberapa tahun belakangan ini.

Namun, sebelum Anda mengecat dinding Anda, pikirkan tentang warna furniture yang ingin Anda pilih dan gunakan nanti. Furniture saat ini datang dan tersedia dalam warna putih serta material seperti kayu alami dan kayu buatan. Sementara warna putih terlihat bagus ketika dirawat dengan baik, kayu alami dapat memberikan sedikit karakter alami ke ruang yang rata atau monoton. Bahkan kayu yang lebih gelap akan terlihat sangat efektif dengan skema warna yang pucat.

Jika Anda memiliki ruang berwarna gelap, jangan takut untuk bereksperimen dengan warna yang lebih dalam dan kemudian menambahkan cermin di sekitar ruangan untuk memantulkan cahaya di sekitar ruangan. Anda akan terkejut betapa baiknya metode ini bekerja, terutama karena warna yang tepat dapat menipu mata untuk membuat efek bahwa ruang jauh lebih besar daripada yang terlihat dalam warna putih saja.

Baca Juga  :   TikTok Ads : Cara Beriklan, Tutorial Menggunakannya, Cara Kerja, dan Potensinya

 

Metode Sederhana untuk Pengorganisasian Penyimpanan

Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman
 

Rak majalah jelas merupakan salah satu cara terbaik untuk mengumpulkan majalah atau koran dalam satu wadah. Demikian pula, Anda bisa menggunakan rak kawat sederhana untuk membuat baki kertas jika Anda masih memakai kertas dalam kegiatan kantor harian Anda. Namun, hal terbaik untuk rumah dan kantor modern minimalis adalah senantiasa bebas dari kertas. Jika Anda bisa, cobalah untuk menyimpan kertas sesedikit mungkin dan alih-alih gunakan metode online seperti Google Documents untuk menyimpan semua yang Anda butuhkan. Dengan cara ini Anda akan dapat menemukan sesuatu dengan segera dan dokumen Anda tidak akan pernah hilang.

Keluhan umum lainnya di ruang kantor adalah jumlah kabel yang mau tidak mau selalu kusut bersama. Sebaik mungkin Anda harus mencoba untuk bebas tanpa kabel dengan menggunakan cara- cara seperti internet nirkabel dan printer nirkabel. Namun, masih ada beberapa kabel yang tidak dapat Anda singkirkan, jadi cobalah mengaturnya dengan memasukkannya melalui klip bulldog di belakang meja Anda. Anda juga harus menggunakan label untuk memastikan bahwa Anda tahu kabel mana dan mengatasi kebingungan sebelum Anda mencabut sesuatu yang penting.

Semakin banyak hal yang dapat Anda kurangi, semakin rapi dan tenang ruang Anda. Selalu pastikan bahwa semuanya akan dirapikan pada akhir hari ke dalam file yang dikategorikan sehingga Anda dapat menemukannya lagi nanti. Plus, jika Anda membersihkan meja setiap hari, Anda akan dengan cepat membiasakan meletakkan segala sesuatu di tempatnya dan mendapatkan lingkungan yang lebih bersih tanpa banyak effort.

 

Mencoba Beberapa Inspirasi Desain

Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman
 

Setiap ruang kantor membutuhkan semacam inspirasi dan bahkan jika Anda akan mencari kantor rumah minimalis, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa detail atau dekorasi yang dapat Anda nikmati saat Anda berada di sana. Misalnya, jika Anda memiliki dinding yang putih, sebuah lukisan bisa menjadi ide yang bagus untuk membuat ruang terasa lebih homier dan memberi Anda sesuatu untuk dilihat saat Anda berpikir.

Menambahkan karpet adalah cara lain untuk membawa beberapa pola atau dekorasi tanpa menciptakan gangguan yang menggoda. Karpet juga ideal untuk zonasi ruangan dan membuat ruang terasa lebih besar. Cobalah bereksperimen dengan tempat Anda meletakkan permadani dan bagaimana itu akan cocok dengan keseluruhan ruangan. Sebagai contoh, meletakkan permadani di tengah ruangan akan menunjukkan proporsi seimbang atau menonjolkan ketidakseimbangan, tetapi meletakkan permadani di sudut di bawah meja dan kursi menciptakan bagian yang lebih kecil di dalam ruangan.

Tumbuhan merupakan tambahan bagus untuk kantor apa pun dan tanaman sukulen atau spider plants tampaknya paling baik untuk lingkungan semacam ini. Spider plant sangat mudah dirawat dan akan hidup jika ditempatkandi atas rak buku atau di keranjang gantung di atas meja Anda selama beberapa tahun dengan perawatan dan perhatian yang baik. Tanaman sangat ideal karena membantu mengoksigenasi udara dan menciptakan suasana yang lebih segar di ruangan mana pun. Plus, mereka adalah dekorasi alami dalam interior yang cukup mencolok.

Baca Juga  :    Rekomendasi Daftar Film Netflix yang Bagus dan Terbaik

 

Memilih Furniture Penyimpanan yang Tepat

Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman
 

Ada dua cara dalam memilih perabot kantor untuk kantor dan rumah minimalis yakni lemari tertutup dan rak terbuka. Keduanya memiliki kelebihan dan campuran keduanya mungkin adalah yang terbaik. Jika Anda memiliki banyak dokumen yang perlu disimpan, rak terbuka dapat menjadi cara yang baik untuk membuat semuanya mudah diakses, terutama jika Anda menggunakan rak dan folder majalah untuk mengatur semuanya dengan rapi.

Rak terbuka juga ideal untuk menambahkan beberapa ornamen dan dekorasi seperti bingkai foto untuk memecah monotoni. Kabinet pula di sisi lain, sangat bagus untuk menutup semuanya dan menciptakan latar belakang yang sederhana. Anda bisa menggunakan lemari pakaian built-in jika Anda berada di kamar tidur cadangan atau memilih furniture khusus kantor.

Trik yang bagus untuk menciptakan ilusi ruang adalah memilih furniture yang lebih tinggi dalam gaya Scandinavia. Kayu pucat dan desain ramping sangat cocok untuk minimalis dan jauh lebih luas dalam kesan yang diberikan. Plus, jika Anda dapat menemukan furniture dengan kaki kurus, ini juga akan menambah udara ruangan dan menciptakan ilusi cahaya di kantor rumah minimalis.

 

Menemukan Kursi Duduk Terbaik

Tips Konsep Minimalis untuk Rumah dan Kantor yang Nyaman
 

Akhirnya, kursi yang Anda duduki sepanjang hari untuk bekerja sangat mungkin merupakan kursi terpenting di seluruh rumah maupun kantor. Tidak hanya perlu cukup nyaman untuk menghentikan Anda rasa gelisah, tetapi juga harus cukup mendukung untuk memastikan bahwa Anda tidak berakhir dengan masalah punggung.

Ada dua cara mencari kursi yang sempurna yakni pilihlah kursi yang kebetulan pas dengan bentuk tubuh Anda atau pilih kursi yang memungkinkan Anda melakukan penyesuaian agar sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Metode mana pun yang Anda pilih tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Metode pertama sangat bagus untuk menemukan kursi yang akan cocok dengan gaya ke kantor minimalis Anda tetapi tidak nyaman digunakan sepanjang hari.

Metode kedua sangat bagus untuk tetap nyaman karena Anda dapat mengganti kursi sesuai dengan kebutuhan Anda, tetapi kemungkinan kursi ini akan berukuran besar dan dilengkapi dengan banyak pegangan dan tuas. Kursi benar-benar adalah objek pribadi sehingga perlu mencoba sebanyak mungkin sebelum Anda membeli. Dengan pemikiran ini, Anda harus menetapkan anggaran yang cukup tinggi dibandingkan dengan perabot kantor lainnya karena ini tentang menjaga tubuh Anda sehat.

Baca Juga  :   Daftar Peluang Usaha (Bisnis) yang Menjanjikan dan Menguntungkan di Tahun 2020

 

Kesimpulan dan penutup

Garis-garis yang bersih, reduktif, tidak berantakan, monokromatik, kesederhanaan, dan less is more adalah beberapa istilah dan konsep yang langsung terlintas dalam pikiran ketika berpikir tentang minimalis. Mustahil untuk menyangkal ketenangan dan keindahan kesederhanaan ketika berhadapan dengan interior minimalis yang bersih, namun dapat memberi efek pada mental yang berada di dalam ruangan minimalis tersebut.

Desain minimalis yang mencakup kesederhanaan di setiap level mulai dari pilihan furniture, skema warna, tata letak, dan menghindari embel-embel yang rumit adalah naluri dasar minimalis. Anda juga tidak perlu takut kalau desain ini akan terasa menjemukan dan lapuk dimakan waktu. Karena sejatinya ide dan konsep tata ruang minimalis tidak akan pernah ketinggalan zaman dan akan selalu menjadi pilihan karena sifatnya yang efisien, fleksibel, fungsional dan hemat waktu maupun biaya.

Related Post :