Apa itu ROAS? Ketahui Cara Menghitungnya!

Apa itu ROAS? Ketahui Cara Menghitungnya!

Ketika Anda melakukan campaign marketing, pernahkah Anda berfikir bagaimana keuntungan yang mungkin Anda dapat dari campaign marketing yang telah dilakukan tersebut? Jika Anda ingin mempelajari ROAS dan ingin mengetahui bagaimana cara mengkalkulasikannya? Dengan demikian, Anda harus menyimak artikel berikut ini yang akan menjelaskan bagaimana cara memformulasikannya!

Apa Itu ROAS?

Dalam memasarkan produk, kalkulasi menjadi hal yang sangat penting karena menghasilkan data yang dapat menjadi tolak ukur dalam pasar yang semakin kompetitif. ROAS (return on ad spend) merupakan metrik pemasaran yang mengukur tingkat efisiensi kampanye dalam periklanan pemasaran. Dengan demikian, return on ad spend adalah formula yang membantu suatu bisnis mengetahui tingkat keberhasilan suatu iklan pemasaran seperti target pemasaran, level suatu iklan, dan sebagainya.

Kenapa Perlu Menggunakan ROAS?

Kenapa Perlu Menggunakan ROAS?

Meskipun ada berbagai macam perhitungan matematis dalam menghitung suatu keuntungan, ROAS adalah metrik yang penting karena akan membantu seorang pemasar dalam mengoptimalkan setiap campaign yang dilakukan. Dengan demikian, hal tersebut akan meminimalisir adanya keputusan salah yang dilakukan.   

Melalui return on ad spend, Anda dapat melihat performa campaign yang telah dilakukan sehingga dapat membantu menentukan apakah campaign menghasilkan keuntungan yang Anda harapkan, dan apakah Anda harus memperbarui campaign atau pivot dalam upaya menghindari pemborosan iklan yang mungkin terjadi. 

Cara Menghitung ROAS

Pada dasarnya, ROAS adalah formula matematis yang tidak terlalu sulit jika dibandingkan dengan perhitungan lain seperti ROAI. Lebih lanjut, adapun beberapa data yang Anda perlukan yakni data pengeluaran iklan dan pendapatan yang Anda terima dari iklan tersebut. Dengan demikian, rumus return on ad spend dapat dirumuskan:

ROAS = Pendapatan dari pemasaran / Pengeluaran periklanan

Berikut adalah operasional ROAS secara otomatis, yakni sebagai berikut:

Suatu perusahaan menghabiskan $10.000 pada campaign periklanan dalam suatu bulan dan pendapatan dari campaign tersebut adalah $2000. Dengan demikian, return on ad spend yang didapatkan adalah sebagai berikut:

$10.000/$2000= $5

Berdasarkan operasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap $1 yang dihabiskan dalam periklanan perusahaan menghasilkan $5 keuntungan. 

Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Menghitung ROAS

Hal-Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Menghitung ROAS

Anda telah mengetahui bahwa ROAS adalah sistem metrik untuk mengetahui keuntungan yang akan diterima dari setiap campaign marketing yang dilakukan. Selain itu, Anda juga telah mengetahui cara mengkalkulasikan ROAS, namun ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam melakukan kalkulasi tersebut, yakni sebagai berikut:

  • Biaya Partner/Vendor

Ada banyak beban yang diasosiasikan dengan vendor sehingga perlu diperhitungkan dengan baik. Jika tidak ditabulasikan, maka ROAS yang dihasilkan tidak akan terlalu akurat. 

  • Komisi afiliasi

Komisi persen yang dibayarkan kepada afiliasi, serta biaya transaksi jaringan.

  • Click dan Impression

Metrik seperti biaya rata-rata per klik (average cost per click), jumlah total klik, biaya rata-rata per seribu tayangan, dan jumlah tayangan yang benar-benar dibeli merupakan hal yang juga diperhitungkan.

Kapan ROAS Dipertimbangkan Sudah Bagus? 

ROAS adalah metrik yang memberikan tolak ukur bagi Anda secara matematis mengenai margin pendapatan dan beban yang dihasilkan dalam periklanan. Meskipun demikian, tidak ada jawaban pasti yang menjelaskan tingkatan ROAS yang sudah bagus. 

Beberapa perusahaan menyatakan ROAS yang sudah bagus dengan ratio 4:1 (pendapatan $4 dalam setiap $1 yang dikeluarkan). Meskipun demikian, beberapa perusahaan menetapkan rasio ROAS adalah 10:1 dan lainnya juga menetapkan 3:1.

Ada banyak pendapat yang mengatakan tentang rasio ROAS, misalnya Margin yang besar berarti bisnis dapat bertahan dengan ROAS yang rendah; margin yang lebih kecil merupakan indikasi bisnis harus mempertahankan biaya iklan yang rendah. Dengan demikian, hal perlu dipertimbangkan perusahaan adalah bisa mendapatkan keuntungan dengan rasio ROAS yang telah ditetapkan. 

Bagaimana Cara Meningkatkan ROAS?

Bagaimana Cara Meningkatkan ROAS?

Dalam memasarkan produk, maka tujuan Anda terhadap ROAS adalah meningkatkan pendapatan melalui campaign marketing yang Anda lakukan. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda gunakan dalam meningkatkan ROAS sebagai berikut:

  • Lakukan efisiensi terhadap biaya iklan

Ketika Anda mampu melakukan efisiensi dengan mengurangi biaya iklan, maka Anda dapat meningkatkan ROAS. Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi biaya iklan adalah sebagai berikut:

  • Kurangi biaya pekerja

Jika Anda melakukan promosi periklanan melalui perusahaan iklan, maka Anda dapat melakukan efisiensi dengan memanfaatkan pekerjaan dalam perusahaan. Namun, jika Anda merasa periklanan dari internal perusahaan tidak efisiensi maka Anda bisa melakukan outsourcing.

  • Tingkatkan quality score

Score quality pada google menggambarkan kualitas periklanan yang dilakukan apakah relevan dengan keywords yang ditargetkan atau tidak. Dengan demikian, sangat penting bagi Anda membuat quality score agar relevant. 

  • Lakukan pengujian

Perlu bagi Anda untuk melakukan pengujian dan evaluasi secara berkala sehingga Anda dapat mengetahui goals marketing yang sedang di strategikan. 

  • Buatlah segmen periklanan

Periklanan tidak hanya berarti iklan tersebut dapat dilihat semua orang, melainkan iklan tersebut berpotensi mendatangkan traffic penjualan. Dengan demikian, segmen yang bisa Anda lakukan seperti umur, jenis kelamin, generasi, dan sebagainya.

  • Memaksimalkan pendapatan melalui periklanan

Adapun hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ROAS adalah memaksimalkan pendapatan melalui periklanan. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Automate bidding

Jika Anda sedang menjalankan google Ads, maka Anda dapat menggunakan Google Automated bid Strategies untuk mengatur target ROAS.

  • Memperbaiki keyword

Pastikan Anda memperbaiki keywords sehingga dapat memperbesar kesempatan dan meningkatkan klik yang lebih. Selain itu, pastikan keyword yang Anda pilih juga sepi kompetitor. 

  • Lakukan review dalam meningkatkan akurasi

Dalam melakukan kalkulasi sangat perlu bagi Anda memastikan bahwa semua data telah dikalkulasikan dengan baik. Hal tersebut akan meminimalisirkan kesalahan dalam perhitungan ROAS. Dengan demikian, jangan sampai ada biaya yang ditinggalkan. 

  • Tangani isu lain yang meskipun tidak berkorelasi langsung dengan ROAS

Menggunakan ROAS adalah upaya dalam memaksimalkan margin keuangan pemasaran Anda. Meskipun demikian, hal-hal lain diluar pemasaran juga perlu diperhitungkan. Misalkan ketika Anda memiliki ROAS yang kecil dengan penjualan yang besar, hal tersebut juga mengindikasikan bahwa harga jual sangat rendah.

Adapun hal lainnya, jika Anda memiliki CTR yang tinggi namun ROAS yang rendah, maka hal tersebut dapat disebabkan oleh proses check out yang complicated, harga produk yang mahal, dan sebagainya. 

Penutup

ROAS adalah formula penting untuk diimplementasikan sehingga Anda dapat melakukan evaluasi setiap periklanan yang Anda lakukan. Hal tersebut juga dapat membuat Anda meningkatkan keuntungan yang Anda miliki dengan mengurangi biaya yang tidak diperlukan dan mengevaluasi periklanan baik memperbaiki atau mengganti iklan yang dilakukan. 

Website adalah salah satu channel marketing yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Anda. Karena itu, pastikan Anda menggunakan layanan cloud yang berkualitas dan handal, ya! Tidak perlu bingung mencari karena Anda bisa menggunakan Cloud VPS IDCloudHost yang aman, cepat, dan fleksibel. Kelola website dan aplikasi Anda dengan mudah menggunakan fitur App Catalog dan Virtual Machine di Cloud VPS IDCloudHost sekarang juga.

 

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update