Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis

Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis

Media partner adalah kolaborasi antara dua organisasi (salah satunya adalah outlet media) yang dapat saling membantu dengan menggunakan promosi dan meningkatkan visibilitas & kredibilitas. Agar kedua media partner dapat maju secara berdampingan, keduanya harus mendapatkan benefit atau keuntungan dari kolaborasi tersebut sehingga keduanya merasa diuntungkan. Keuntungan itu haruslah sesuai dengan kepentingan kedua belah pihak. Jadi bagaimana cara mendapatkan media partner untuk bisnis? Simak selengkapnya berikut ini

Apa Itu Media Partner?

Media partner adalah kegiatan yang dimulai dengan mengirimkan proposal dari suatu organisasi (event organizer) atau perusahaan kepada calon mitra media untuk mensponsori tertentu atau kegiatan tertacaraentu, konferensi, peluncuran produk, kompetisi, atau kegiatan yang serupa.

Mitra media haruslah relevan atau sesuai dengan konteks yang akan kita lakukan. Jika Anda mendapatkan mitra media yang tepat, itu tidak hanya akan membawa kesuksesan pada kegiatan tersebut, tetapi juga dapat membangun kepercayaan masyarakat umum kepada organisasi/perusahaan Anda sehingga organisasi/perusahaan Anda akan mendapatkan nilai positif.

Baca Juga: Apa Itu SLA? Jenis dan Manfaatnya untuk Bisnis

Mengapa Harus Menggunakan Media Partner?

Ketika kita ingin mempromosikan bisnis kita, maka kita harus melakukan berbagai cara untuk meningkatkan penjualan kita. Mungkin dalam hal kegiatan internal kita bisa melakukannya, tapi kegiatan eksternal tentu saja kita harus banyak melakukan sesuatu untuk mengoptimalkan penjualan kita. Jika perusahaan Anda melaksanakan semuanya sendirian tentunya terkadang kita tidak punya kuasa di eksternal, maka disitulah mitra media dibutuhkan.

Tugas mitra media adalah untuk mengarahkan para calon customer untuk membeli produk kita dengan cara menerbitkan berita atau cerita yang menarik mengenai produk perusahaan kita. Dari sinilah kita bisa mendapatkan customer dari eksternal.

Manfaat Dari Media Partner 

Ini dia beberapa manfaat mengapa Anda harus menggunakan media partner dalam membangun bisnis

1. Menjamin Jangkauan Promosi

Jika kita mempromosikan produk kita tidak ada jaminan bahwa banyak orang yang akan membicarakannya. Sedangkan, jika kita bekerja sama dengan mitra media maka mereka akan menjamin jangkauan promosi produk kita sampai kepada pembaca media mereka.

2. Menambah Kredibilitas Produk

Banyak calon customer yang tidak langsung mempercayai produk yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya. Tetapi banyak pembaca media yang tetap mempercayai outlet media favorit tempat biasa mereka membaca/melihat berita, sehingga reputasi mitra media tersebut bisa Anda dapatkan dengan menjalin kemitraan dengan mereka.

3. Peningkatkan SEO

Banyak mitra mitra media yang melibatkan pertukaran tautan, jadi mereka akan menautkan link perusahaan kita dan kita akan menautkan link mitra media mereka. Jika Anda mendapatkan mitra media yang terkemuka maka ini akan meningkatkan SEO situs website perusahaan Anda.

4. Memperluas Jaringan

Jika Anda menjalin ikatan yang kuat dengan mitra media Anda yang sekarang, tentu mitra media yang lain akan mulai memperhatikan produk Anda. Karena jika kemitraan yang Anda jalankan dengan mitra media yang sekarang sukses, maka mitra media yang lain akan berusaha mendekati perusahaan Anda.

5. Meningkatkan Penjualan Produk

Beberapa manfaat diatas tentu saja membuat kita mencapai poin yang sekarang. Jika Anda memiliki banyak liputan, memiliki kredibilitas, meningkatnya SEO dan makin luasnya jaringan Anda maka pada akhirnya akan meningkatkan penjualan produk perusahaan Anda.

Baca Juga: Model Bisnis D2C Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis

media partner

Berikut ini kami berikan beberapa cara untuk mendapatkan mitra media untuk bisnis Anda.

Meneliti Media Partner

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah meniliti media partner yang pas untuk Anda ajak bekerja sama. Mulailah membuat daftar lengkap dan nge-list semua mitra media yang Anda rasa cocok untuk bekerja sama dengan bisnis Anda. Anda bisa nge-list dengan memulai dari daerahnya, misal media lokal, regional ataupun nasional. Pastikan audiens target pasar mereka sama dengan Anda (atau setidaknya serupa).

Jika Anda menjual produk untuk jangkauan lokal, maka Anda bisa menghubungi media parner lokal misal surat kabar lokal, stasiun radio lokal ataupun para influencer yang bekerja di sosial media. Tetapi jika pasar dari produk Anda adalah bisnis internasional maka Anda harus mencari mitra media yang lebih besar.

Menemukan Kontak yang Tepat

Carilah kontak media partner yang ingin Anda ajak bekerja sama. Biasanya jika itu outlet media yang kecil maka Anda bisa mencari manajernya, namun jika itu outlet media yang besar maka Anda bisa bertemu dengan orang jabatan tinggi yang sesuai bagiannya. Akan tetapi pasti Anda sering mengalami kesulitan untuk mendapatkan kontak orang-orang dengan jabatan tinggi tersebut, bukan?

Anda bisa menggunakan aplikasi LinkedIn untuk bertemu orang-orang dengan jabatan tinggi ini. Dengan sosial media Anda juga dengan mudah mendapatkan informasi mengenai siapa saja orang-orang yang berurusan dengan mitra media di organisasi tertentu.

Mengajukan Pertanyaan Sesuai

Sebelum Anda memasuki ke hal apa yang mereka dan Anda lakukan atau sebaliknya, penting bagi Anda untuk memenuhi persyaratan outlet media tersebut sehingga keduanya saling menyesuaikan agar saling cocok. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang Anda bisa ajukan kepada mitra media yang ingin Anda ajak kerja sama :

  • Berapa banyak pengunjung unik bulanan yang Anda miliki?
  • Perusahaan lain mana yang berkerja sama dengan Anda?
  • Seberapa besar milis Anda? (menurut Wikipedia, Milis (bahasa Inggris: mailing list) atau daftar surel adalah grup diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikut serta di dalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya).
  • Bisakah Anda menargetkan pasar dengan lokasi geografis yang berbeda?

Mari kita asumsikan bahwa sekitar 0,1% audiens media partner tersebut akan membeli produk Anda. Maka itu berarti And memerlukan mitra media dengan akses database 10.000 pelanggan milis atau 10.000 pengunjung bulanan untuk menjual 100 produk Anda

Jelaskan Kebutuhan Anda

Setelah Anda mengidentifikasi outlet media yang cocok untuk acara Anda, saatnya menyusun proposal kemitraan media. Bergantung pada jenis media yang Anda ingin ajak kerja sama, hak Anda adalah :

  • Mendapatkan publikasi siaran pers produk Anda
  • Mendapatkan iklan layanan masyarakat
  • Mendapatkan waktu tayang secara gratis
  • Mendapatkan ruang iklan diskon

Baca Juga: Amankan Website Bisnis Online dengan SiteLock

Tawarkan Sesuatu Sebagai Imbalan 

Jika Anda akan menjalan kemitraan dengan jangka panjang dengan outlet media tersebut maka Anda harus menawarkan imbalan yang tentu saja agar menjalin kemitraan yang lebih kuat. Berikut adalah beberapa cara Anda agar dapat membalas budi kepada mitra media baru Anda :

  • Promosikan mitra media Anda di situs web bisnis Anda
  • Letakkan logo mereka di profil kemitraan produk Anda
  • Buatlah beberapa konten yang melibatkan mitra media Anda
  • Beri mereka sapaan di sosial media
  • Tawarkan mitra media Anda beberapa diskon dari produk Anda atau Anda bisa melihat beberapa contoh kerja sama yang bisa Anda terapkan disini.

Apakah Anda Sudah Siap Bertemu dengan Media Partner?

Itulah beberapa penjelasan secara umum mengenai media partner, pentingnya hal tersebut dan cara untuk mendapatkan media partner yang pas dengan yang Anda butuhkan. Anda bisa menerapkan beberapa cara diatas untuk mendapatkan mitra media yang sesuai dengan bisnis Anda.

Jika Anda ingin membuat website untuk bisnis atau usaha Anda, Anda bisa membeli domain dan hosting kemudian mulai menjalankannya. Tidak perlu khawatir atau mencari kemana-mana karena IDCloudHost menawarkan berbagai layanan domain, hosting dan VPS untuk kebutuhan website Anda.

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update