Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi Webometrics

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Versi Webometrics

Saat ini, tidak sulit menemukan perguruan tinggi swasta yang juga berkualitas sama dengan perguruan tinggi negeri. Banyak diantaranya bahkan sudah hampir sama kualitasnya. Bagi Anda yang masih bingung apa saja perguruan tinggi swasta terbaik. Untuk memudahkan Anda menemukannya PTS ,maka pada artikel ini akan kami hadirkan sesuai ranking. Berikut beberapa daftar perguruan tinggi swasta terbaik Webometrics 2023.

Mengenal Peringkat Webometrics dari Universitas Dunia

Peringkat Webometrik Universitas Dunia atau The Webometrics Ranking of World Universities, juga dikenal sebagai Peringkat Web Universitas. Ini adalah adalah sistem peringkat untuk universitas dunia berdasarkan indikator komposit yang memperhitungkan volume konten Web yang di dapat dari jumlah halaman web dan file dan visibilitas dan dampak publikasi web ini sesuai dengan jumlah tautan masuk eksternal atau kutipan situs.

Sedangkan tujuan adanya pemeringkatan ini adalah untuk meningkatkan keberadaan institusi akademik dan penelitian di Web dan untuk mempromosikan akses terbuka publikasi hasil ilmiah. Analisa dan pemberian pemeringkatan dimulai pada tahun 2004 silam dan diperbarui setiap bulan Januari dan Juli. Di tahun 2021 ini pemeringkatan menyediakan indikator Web untuk lebih dari 31.000 universitas yang tercatat di seluruh dunia. Peringkat Webometrik Sekolah Bisnis adalah peringkat serupa dari Sekolah Bisnis dari seluruh dunia.

 

Metodologi Pemberian Peringkat Webometrics

Untuk dapat mengeluarkan daftar perguruan tinggi atau universitas terbaik, metodologi webometrics telah mencakup analisis tautan, analisis kutipan web, evaluasi hasil penelusuran melalui browser web, serta beberapa studi deskriptif dasar dan analisis web. 

Dilansir dari Intechopen, daftar ini termasuk analisis sejumlah besar repositori dari berbagai jenis dokumen terkait dengan sivitas akademika. Oleh karena itu penerapan metodologi ini dalam pemeringkatan umum situasi terkini di bidang akademik lebih signifikan. Mengingat sumber informasi yang besar dan mudah diakses ini, kemungkinan tak terbatas untuk mengukur atau menghitung konten web muncul dalam rentang yang luas atau dalam rentang yang lebih sempit.

Baca Juga  :     Jurusan Favorit untuk Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia

 

Kelebihan dan Kekurangan Daftar Webometrics

Sama seperti sistem peringkat lainnya, sistem peringkat Webometrics memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan. Berbeda dari sistem pemeringkatan ilmuwan dan universitas lainnya, dapat dikatakan bahwa webometrics adalah sistem pemeringkatan secara global. Ini karena sebagian besar sistem pemeringkatan hanya mencakup beberapa ratus atau ribuan universitas terbaik, sedangkan Webometrics mencakup sebagian besar universitas di dunia, yaitu, saat ini 28.000 institusi ilmiah dari seluruh dunia. Daftar ini juga memungkinkan pemeringkatan lembaga ilmiah, institut, dan anggota individu universitas, yang dapat menarik semangat kompetitif di antara anggota individu universitas.

Namun, bukan berarti tidak ada universitas lain yang berkualitas baik selain yang diperingkat. Umumnya sistem pendidikan tinggi di negara maju mengikuti kebutuhan pasar tenaga kerja dan kemajuan teknologi. Karenanya, kualitas lembaga pendidikan dipertahankan secara kelembagaan karena kriteria akreditasi yang ketat yang ditentukan oleh organ dan kementerian yang berwenang di setiap negara bagian. Di negara berkembang dan ekonomi yang kurang berkembang, ada masalah besar mengenai penilaian objektif dan peringkat kualitas institusi pendidikan tinggi disebabkan :

  • Penerapan kriteria internasional yang buruk atau tidak ada sama sekali
  • Kemungkinan keterlibatan politik ke dalam institusi pendidikan tinggi
  • Devaluasi ijazah dan kriteria melalui lembaga yang tidak memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan oleh undang-undang
  • Persentase yang sangat rendah dari produksi ilmiah dari publikasi relevan yang diindeks dalam database terkemuka dan valid

Baca Juga  :     Rekomendasi Universitas Negeri dan Swasta Jurusan Informatika Terbaik di Indonesia

 

Daftar Perguruan Tinggi /Universitas yang Termasuk dalam Daftar Webometrics

Diambil dari situs resmi Webometrics, tujuan asli dari pemeringkatan ini adalah untuk mempromosikan publikasi Web. Mendukung inisiatif Open Acces, akses elektronik ke publikasi ilmiah dan materi akademis lainnya adalah target utama mereka. Namun indikator web juga sangat berguna untuk tujuan pemeringkatan karena tidak didasarkan pada jumlah kunjungan atau desain halaman tetapi pada kinerja global dan visibilitas universitas.

Adapun daftar negara yang termasuk dalam daftar perguruan tinggi atau universitas dalam Webometrics adalah :

 

  • Amerika Serikat dan Kanada
  • Eropa, termasuk Turki, Kaukasus & Israel
  • Eropa Tengah & Timur
  • Asia, tidak termasuk Timur Tengah
  • Asia Tenggara
  • Asia Selatan, Anak Benua India
  • Dunia Arab & Persia (Afrika Utara dan Timur Tengah)
  • Afrika
  • Amerika Latin yakni Tengah, Amerika Selatan dan Karibia
  • Oceania

 

Baca Juga  :    Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

 

Daftar Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Berdasarkan Webometrics 2023

Webometrics mencangkup banyak perguruan tinggi dan universitas dari seluruh dunia termasuk juga dari Indonesia yang juga membuat daftar private university atau swasta. Berikut beberapa daftar perguruan tinggi swasta yang masuk ke dalam daftar Webometric tahun 2023:

  1. Telkom University
  2. Bina Nusantara (Binus) University
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
  4. Universitas Mercu Buana
  5. Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Universitas Gunadarma
  7. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  8. Universitas Dian Nuswantoro
  9. Universitas Tri Sakti
  10. Universitas Islam Indonesia

Dikutip dari laman resmi Webometrics 2023 Ranking Web sangat berkorelasi dengan Ranking lainnya, terutama yang berdasarkan hasil penelitian. Ini memiliki cakupan yang jauh lebih besar karena peringkatnya lebih dari 20.000 universitas di seluruh dunia dan juga mempertimbangkan lebih banyak misi universitas dan tidak hanya penelitian saja. Dari 10 daftar perguruan tinggi swasta  Indonesia diatas, tentunya bisa menjadi pilihan Anda untuk memilih 10 diantaranya sebagai tempat untuk melanjutkan studi pendidikan ke jenjang sarjana.

Baca Juga  :    Tips dan Trik Diterima Beasiswa IDCloudHost 2021

Penutup

Itulah 10 nama perguruan tinggi swasta yang masuk dalam ranking sebagai universitas terbaik di Indonesia. Telkom university berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi swasta terbaik tahun 2023. Ini merupakan sebuah peningkatan setelah dua tahun lalu berada di posisi kedua.  Tentunya ini juga menunjukkan bahwa perguruan tinggi swasta juga sama berkualitas dengan perguruan tinggi negeri.

Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di tahun 2023 Telkom University tetap mempertahankan mutu dan kualitas pendidikannya. Jika Anda tertarik ingin melanjutkan pendidikan strata satu di Telkom University dengan pendanaan biaya kuliah gratis hingga lulus. Maka, Anda bisa segera mendaftar di Beasiswa IDCloudHost 2023  yang merupakan program  kolaborasi tim IDCloudHost dengan Telkom University setiap tahunnya.

Penerima beasiswa ini akan mendapatkan bantuan biaya kuliah full, tunjangan studi hingga uang saku. Kemudian penerima beasiswa juga dapat menambah pengalaman bekerja di dunia start up perusahaan teknologi dengan diberikan kesempatan untuk bergabung bersama IDCloudHost. Dan yang terakhir adalah penerima beasiswa akan mendapatkan berbagai reward. Pendaftaran program beasiswa IDCloudHost masih dibuka hingga 25 Juni 2023 mendatang.  Segera daftarkan diri Anda ya!

solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update