Membangun Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Diskusi / 0 | | 0

Tuntutan ekonomi di zaman seperti sekarang semakin hari semakin bertambah. Selain karena faktor gaji yang tinggi, tuntutan juga datang dari lingkungan hidup yang mau tidak mau harus mengimbanginya dengan gaya hidup yang telah ada. Banyak usaha sampingan dengan modal kecil dilakukan oleh para karyawan yang memiliki gaji pas-pasan dan memiliki banyak sekali waktu luang.

Usaha sampingan dengan modal kecil banyak diminati karena dinilai akan memberikan rezeki yang lebih dari pekerjaan utama yang dilakukan setiap hari. Untuk itu, Anda harus berani berinovasi dan mengambil keputusan agar waktu luang Anda bisa terisi dan bermanfaat. Mungkin waktu luang yang Anda miliki memiliki potensi untuk menjalankan usaha sampingan. Usaha ini tentu bisa memberikan penghasilan tambahan atau bahkan mungkin bisa menjadi rencana keuangan jangka panjang.

Baca Juga : Ingin Memulai Usaha? Simak Dulu 8 Tips Berikut

Akan tetapi, banyak juga karyawan yang enggan melakukan bisnis dengan alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal dari jam kerja yang sudah ada bisa di sisihkan sedikit untuk mengurus usaha sampingan. Bahkan banyak kantor tidak lagi memiliki larangan untuk melakukan aktivitas usaha sampingan setelah melakukan pekerjaan yang sudah dibebankan. Tentu sebelum memulai Anda perlu mengetahui tips membangun usaha di bawah ini!

Tips Membangun Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Berbagai usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan harus diimbangi dengan beberapa pengetahuan untuk menambah ketertarikan seseorang terhadap usaha sampingan yang Anda geluti. Diantaranya:

1. Ide dan kemampuan yang unik

Banyak pengusaha yang ada di dunia berhasil menjadi pengusaha sukses hanya karena berani membuka usaha sampingan yang memiliki ide bagus dan berkemampuan untuk menjalankan ide tersebut. Tingkat kompetisi yang rendah dan peluang sukses yang tinggi jarang dimiliki orang lain dan kini waktunya Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut menjadi nyata.

2. Melihat peluang pasar

Jangan pernah merasa bimbang saat Anda ingin membuka usaha sampingan. Bila Anda merupakan orang yang kreatif maka semua yang ada di sekitar Anda bisa menjadi usaha sampingan yang akan memiliki potensi tinggi. Pertama pastikan usaha barang atau jasa yang akan Anda buka memang memiliki potensi pembeli. Jangan lupa untuk melakukan survei pasar kecil-kecilan mengenai ide yang sudah Anda miliki untuk mengetahui apakah ide produk barang atau jasa yang akan Anda buka bisa berjalan dengan baik untuk kedepannya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Persaingan Dalam Berbisnis

3. Merasa perlu uang tambahan

Fakta mengenai gaji pas-pasan adalah faktor pendunkung paling kuat seseorang berani membuka usaha sampingan. Himpitan ekonomi yang semakin hari semakin menjadi-jadi membuat banyak orang semakin berpikirtuntutan ekonomi yang semakin bertambah dan membuka usaha sampingan dengan modal kecil adalah pilihan yang tepat.

4. Persiapan pensiun

Usaha sampingan dengan modal kecil akan sangat dibutuhkan untuk Anda yang bekerja di kantor-kantor swasta. Pertimbangan untuk memiliki rencana pensiun memang sangat dibutuhkan dan memiliki usaha sampingan pensiun menjadi hal yang sangat menyenangkan. Usaha sampingan bisa menjadi pegangan Anda untuk emnyambung hidup keluarga setelah Anda pensiun dari kerjaan yang selama ini menjadi tempat menafkahi keluarga Anda.

5. Aktualisasi diri

Karier setiap orang tentu memiliki batas yang pada suatu waktu akan mengalami penurunan. Sebelum kebuntuan karir datang dalam hidup Anda ada baiknya bila Anda mulai merintis usaha sampingan dengan modal kecil. Bisa jadi usaha sampingan akan menjadi ladang yang akan mengajarkan Anda beberapa hal yang tidak akan Anda dapatkan di tempat Anda bekerja. Proses panjang ini biasa disebut dengan aktualisasi diri, namun perlu diingat bahwa kadang pelajaran ini datang dari kegagalan yang terus dilakukan berulang-ulang.

Usaha sampingan dengan modal kecil memang menjadi pilihan alternatif yang akan di pilih untuk bisa menghasilkan uang tambahan. Untuk memenuhi kehidupan sehari-hari dan menjadi tumpuan hidup keluarga. Selain beberapa poin penting diatas Anda juga harus menggaris bawahi beberapa hal yang bisa menyebabkan usaha sampingan dengan modal kecil gagal seperti berikut!

Hal yang Dapat Membuat Usaha Sampingan Gagal

Selain sukses, dalam membangun usaha pastinya akan terjadi masalah. Hal ini pasti terjadi tinggal bagaimana usaha tersebut bisa dengan dewasa dalam mengatasinya menjadi suatu keputusan yang baik untuk kelangsungan usaha. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat usaha sampingan Anda gagal :

1. Salah prioritas

Meski memiliki skala prioritas lebih kecil dibanding dengan pekerjaan utama, usaha sampingan juga perlu Anda pikirkan matang matang. Prioritas menjalankan usaha sampingan dan bekerja harus sama besar bila Anda ingin usaha sampingan yang Anda rintis berhasil.

Banyak pemilik usaha sampingan lupa bahwa dirinya adalah seorang karyawan dan memaksakan diri untuk mengambil pesanan yang banyak. Hal ini tentu akan menjadi pemecah fokus yang akan membuat pelanggan tidak puas dengan kinerja yang Anda berikan.

2. Salah tentukan kebutuhan dan pandangan bisnis

Memulai usaha sampingan akan membuat Anda terbuai dengan hal-hal yang tidak begitu penting. Misalnya untuk membuat logo bisnis, membeli perangkat lunak mahal untuk melakukan pembukuan dan lain sebagainya. Semua hal tersebut memang penting namun bisnis kecil yang baru saja berjalan belum membutuhkan barang-barang tersebut.

Ada baiknya Anda usaha sampingan yang baru saja dibuka lebih berfokus pada promosi, pasokan bahan baku atau mengonsep usaha yang kokoh dan bisa berkembang pesat. Selain itu kegagalan bisnis biasa gagal karena pola pikir yang salah seperti “apapun yang dijual pasti akan ada yang beli”.

Pola pikir satu ini sangat tidak benar sehingga banyak sekali pengusaha yang akan menjual barang dengan asal-asalan tanpa memperhatikan aspek-aspek bisnis yang kurang penting.

3. Tidak bisa membangun jaringan

Bisnis akan dinilai baik bila memiliki jaringan yang kuat. Dengan memiliki jaringan yang kuat tentu bisnis yang dilakukan akan banyak dikenal oleh orang lain. Seberapa besar usaha yang Anda miliki hukum terus menambah jaringan adalah hal wajib yang perlu Anda kembangkan setiap waktu. Cepat atau lambat jika pemilik bisnis malas melakukan untuk membuka jaringan networking atau kerja sama maka semakin banyak celah bisnis akan tersaingi oleh para pebisnis baru.

Baca Juga : Penyebab UMKM Gagal dalam Membangun Bisnisnya

Usaha sampingan dengan modal kecil tentu akan menjadi usaha yang menyenangkan bila Anda adalah orang yang kompeten di bidang ini. Dengan usaha sampingan penghasilan Anda juga akan semakin bertambah dan biaya hidup tak lagi menjadi persoalan yang menyusahkan. Segera rintis usaha sampingan Anda mulai sekarang dan segera nikmati hasilnya di waktu yang akan datang.

Related Post :

popup image