Cara Menggunakan Widget WordPress - IDCloudHost

Knowledge Base

Cara Menggunakan Widget WordPress

Cara Menggunakan Widget WordPress
 

Apa itu Widget? Widget dalam WordPress adalah blog dari konten yang bisa Anda tambahkan ke situs Anda. Baik di bagian sidebar, footer, maupun berbagai area lainnya, Apabila Anda pernah mengunjungi website seseorang, dan melihat foto, formulir sign up ataupun menu, semua itu disebut dengan widget. Secara garis besar, widget dapat menambahkan fungsionalitas di website Anda. Anda pun tidak perlu menulis kode untuk fungsionalitas tersebut.

Widget yang umumnya ada pada website adalah menu, daftar postingan populer, kalender, banner, ikon dan masih banyak lagi. Ada berbagai cara jika Anda ingin menambahkan widget ke website Anda. Selain itu, widget sendiri memiliki jenis yang beragam. Misalnya, terdapat widget untuk menampilkan postingan terbaru, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda tertarik untuk menambahkan widget ke website yang Anda miliki? Karena widget memberian fungsionalitas tambahan, pengunjung uga semakin nyaman menavigasikan website Anda, Artikel ini akan membahas jenis widget dan beberapa tutorial seputar widget. Simak hingga akhir, ya!

Baca Juga : Panduan Memilih WordPress Hosting 2022

Tipe Tipe Widget di WordPress

  • Meta Widget

Widget jenis pertama adalah widget meta. Widget ini memberikan Anda dan pengguna lain keleluasaan untuk login ke panel administrasi Anda, dari website utama. Ini merupakan salah satu widget yang unik dan sangat berguna untuk Anda manfaatkan.

  • Email Subscription Widgets

Anda bisa mengintegrasikan berbagai sistem autorespon seperti MailChimp, Constant Contact, AWeber hingga InfusionSoft. Anda melakukan hal ini dengan menambahkan kode ke widget yang telah disiapkan, dan Anda juga bisa menampilkan boks opt-in yang memungkinkan Anda untuk membuat list email subscriber lewat website WordPress Anda.

  • Social Media Widgets

Tidak hanya subscription email, Anda juga bisa mengintegrasikan sosial media. Hal tersebut adalah penggunaan widget yang paling umum dan populer. Ada banyak sekali tema untuk widget sosial media. Namun apabila Anda memiliki kemampuan untuk menulis kode, Anda bisa membuat sendiri salah satunya sesuai dengan keinginan Anda.

  • Recent Posts, Pages, and Categories Widgets

Anda perlu memastikan bahwa pengunjung website Anda tidak kesulitan menavigasikan website. Widget ada untuk membantu Anda dalam hal ini. Recent post, pages dan categories Recent post berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru, menyusun daftar halaman dengan pages, dan mengelompokkan berbagi topik dalam blog Anda lewat categories. Menarik, bukan?

  • Search Widget

Apabila blog dan website Anda tergolong skala besar, menawarkan kemudahan bagi pengunjung untuk dapat dengan mudah mencari konten yang mereka inginkan, akan menjadi cara efektif dalam mengembangkan navigasi. Widget search akan membantu ANda dalam hal ini. Walaupun tidak memiliki fungsionalitas yang banyak, cara ini dapat menjadi cara cepat untuk meningkatkan kemudahan navigasi website.

  • Text Widget

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, menambahkan kode HTML pada sebuah widget dapat memperluas fungsionalitasnya pada situs WordPress. Namun, widget text memberikan Anda tujuan yang lebih simpel. Melalui widget ini, Anda bisa menampilkan teks biasa dalam area widget. Hal ini cukup berguna untuk tagline atau informasi penting lainnya yang ingin Anda tunjukkan secara terang-terangan.

  • Shopping Cart Widget

Apabila Anda menggunakan WordPress sebagai ecommerce, atau menjual produk sebagai aktivitas sampingan, widget ini adalah salah satu yang harus Anda miliki. Anda bisa memilih plugin seperti WooCommerce atau Ecwid, dan Anda akan mendapatkan akses ke opsi-opsi widget yang bisa mengubah website Anda menjadi seperti toko. Anda juga dibantu dengan dashboard yang menyediakan fitur untuk mengamati penjualan.

  • Form Widget

Salah satu widget yang paling banyak digunakan adalah Contact Form. Berguna apabila Anda tidak memiliki alamat email yang tersedia untuk publik. Namun, Anda juga memiliki alasan lain untuk mengumpulkan informasi pengunjung seperti submisi, formulir konsen dan sebagainya. Widget form memungkinkan Anda untuk melakukan pengumpulan informasi tersebut.

  • Call to Action Widget

CTA Widget tersedia pada website Anda salah satunya adalah widget CTA. Ia memungkinkan pengunjung website untuk melakukan suatu aktivitas seperti membeli, atau mendaftarkan email dengan tujuan subscription. Widget CTA akan membantu Anda agar pengunjung melakukan tindakan-tindakan spesifik tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Jadwal Post Artikel di WordPress

Tutorial Menggunakan Widget Pada WordPress

  • Menambahkan Widget Default di WordPress

Jika ingin menambahkan widget default dari WordPress, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, pergi ke bagian pengaturan, dan klik Appearance. Setelah mengklik Appearance pilih Widget.

 

Widget WordPress
 

Setelah memilih Widget, arahkan kursor ke tanda tambah di kiri atas dengan tulisan Adblock.

 

widget wordpress
 

Pada kolom Search, ketik Widget yang ingin Anda pakai. Sebagai contoh, dalam gambar dipilih Widget kalender.

 

Widget WordPress
 

Setelah menampatkan tampilan seperti gambar di bawah, arahkan kursor ke kanan atas dan klik Update.

Selamat! Anda telah berhasil menambahkan plugin!

 

 

Baca Juga : Tutorial Optimalisasi WordPress dengan Cyberpanel dan OpenLiteSpeed

  • Menambahkan Widget yang Bukan Default

Apabila Anda masih merasa kurang puas dengan widget default, Anda bisa menambahkan widget lainnya lewat plugin. Berikut langkah-langkahnya.

Pertama, di Dashboard klik Plugin dan pilih Add New.

 

 

Setelah itu, arahkan kursor ke kanan atas, dan masukkan kata kunci. Kata kunci adalah plugin yang ingin Anda cari. Sebagai contoh, di gambar menggunakan kata kunci musik.

 

Widget WordPress
 

Setelah muncul hasil pencarian, pilih salah satu yang Anda inginkan, kemudian klik Install Now. Apabila sudah di instal, Anda bisa langsung memilih Activate.

Selamat! Anda telah menambahkan fitur  yang Anda inginkan!

Baca Juga : Cara Membuat Sitemap di Blogger dan WordPress Dengan Mudah dan Cepat

Kesimpulan dan Penutup

Widget ialah sebuah blok dari konten yang ada di WordPress yang bisa Anda masukkan ke website yang Anda miliki. Widget tersebut dapat ditempatkan di berbagai area seperti sidebar, footer dan masih banyak lagi. Ia juga bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan informasi pengunjung. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan widget berupa formulir sign up.

Widget yang umumnya ada pada website adalah menu, daftar postingan populer, kalender, banner, ikon dan masih banyak lagi. Ada berbagai cara jika Anda ingin menambahkan widget ke website Anda. Selain itu, widget sendiri memiliki jenis yang beragam. Misalnya, terdapat widget untuk menampilkan postingan terbaru, dan masih banyak lagi.

Related Post

  • Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

    Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
    layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
    downgrade atau cancel setiap waktu

    Buat Private Cloud
    Subscribe here to get update