Font

 

Font adalah suatu representasi grafis dari sebuah teks yang biasanya menyertakan jenis huruf, warna, ukuran, dan desain. Font merupakan sebuah elemen penting dalam produk dan karya desain grafis apapun. Berbeda jenis font, berbeda pula fungsi dan kesan yang akan diberikannya. Karena itu, ketika mendesain kita tidak bisa menggunakan font keren hanya karena alasan estetika saja, tapi juga harus memikirkan kesan apa yang ingin diberikan pada audiens dengan menggunakan font tersebut.

Tidak hanya aplikasi-aplikasi desain, namun aplikasi pengolahan data seperti Microsoft Word, Microsoft Excel dan WordPad juga memungkinkan pengguna dapat mengubah jenis font yang digunakan untuk dokumen teks atau spreadsheet mereka.

Jenis-Jenis Font

Berbagai font biasanya digunakan untuk beragam jenis keperluan pula. Ada font yang cocok digunakan untuk teks atau desain yang formal, santai, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa jenis font keren yang dapat Anda gunakan:

Serif
Serif merupakan jenis font yang paling formal dan paling mudah dibaca. Font yang satu ini cocok digunakan untuk menulis artikel, berita, dokumen resmi, dan lain-lain. Ciri khasnya adalah tambahan garis kecil di setiap ujung hurufnya.

Sans Serif
Berbeda dengan serif, font jenis sans serif menggambarkan kesederhanaan, efisiensi, dan memberi kesan modern. Ciri khas sans serif sebagai font adalah tidak adanya garis kecil di setiap ujung hurufnya.

Slab Serif
Font slab serif biasanya digunakan pada billboard, papan iklan, pamflet dan poster. Font yang satu ini mudah dibaca dalam ukuran besar, sehingga orang yang melihatnya dari jauh pun dapat membaca teksnya. Ciri khas slab serif sebagai font adalah bentuknya yang tebal dan cenderung seperti blok. Font ini memberikan kesan vintage jika digunakan pada desain.

Script
Ciri khas font ini adalah bentuknya yang mirip tulisan tegak bersmbung. Script biasanya digunakan pada tulisan yang singkat dan tidak bisa digunakan dalam huruf kapital seluruhnya. Font ini memberi kesan elegan, natural, dan personal.

Handwritten
Font ini memiliki bentuk yang mirip tulisan tangan manusia. Font handwritten memberi kesan unik dan kreatif, dan biasanya banyak digunakan untuk logo, poster, atau sampul buku.

 

Related Post :