Bare Metal

bare metal adalah
 

Bare Metal adalah sebuah istilah yang mengacu pada sebutan “hard disk” OS (Operating System) sebuah komputer yang akan kita instal. Berbeda dengan hard disk pada umumnya yang komputer miliki, Bare Metal lebih mengacu pada layanan cloud computing sehingga muncul istlah Bare Metal Cloud atau environment yaitu sebuah Virtual Machine (VM) yang diinstal secara langsung pada hardware yaitu hard disk/bare metal bukan dalam host operating system.

Agar mudah dipahami, Bare Metal Server pada cloud memiliki dedicated physical server yang ditambah sebuah nilai flexibilitas pada sistem cloud. Dalam sebuah forum dikatakan, bahwasanya baremetal itu adalah sebuah server fisik tapi dapat kita lakukan instant deploy dalam sekian detik. Seperti layaknya server di luar negeri, penyedianya melakukan itu pada Dedicated Server (DS). Dalam hitungan detik DS yang dipesan dapat digunakan dalam hitungan detik tanpa ada campur tangan support team.

Bare metal bisa kita katakan juga sebuah dedicated server yang selanjutnya dibuat menjadi mesin virtual (VPS) agar lebih mudah dalam melakukan operasi. Selanjutnya resourcenya fully dedicated ke mesin virtual seperti CPU, RAM, Storage, Network, dan lainnya tidak ada yang shared. Sehingga hanya anda yang menggunakan resource tersebut.

Related Post :