C++

c++ adalah

C++  adalah bahasa pemrograman komputer yang dikembangkan  di Bell Labs (Bjarne Stroustrup) pada awal tahun 1970-an. Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu BCL. Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

Secara harfiah, bahasa pemrograman yang satu ini bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language), dan merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C.

Bahasa pemrograman ini kadang disebut juga sebagai “C with Classes“. Ini karena perbedaan paling utamanya dengan bahasa pemrograman pendahulunya ada di dukungan ke pemrograman berbasis object (object oriented programming). Bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi. Misalnya, aplikasi software gadget, game, aplikasi pengolah gambar, hingga sistem operasi baru.

Apa perbedaan C++ dengan bahasa pemrograman pendahulunya?

2. Bahasa pendahulunya merupakan bahasa yang tergolong susah untuk dipelajari karena masih bersifat prosedural murni yang mana untuk membentuk suatu objek harus melakukan banyak sekali penulisan kode. Sementara itu, bahasa C++ lebih mudah digunakan.

3. Bahasa C++ merupakan pengembangan dari bahasa yang ada sebelumnya, sehingga dapat melakukan compile program-program yang ditulis dalam bahasa pemrogramannya sendiri, maupun bahasa pemrograman yang lama. 

4. Keistimewaan C++ adalah karena bahasa ini mendukung OOP (Object Oriented Programming).

Sifatnya yang fleksibel membuat bahasa pemrograman yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menggunakannya untuk pengembangan aplikasi, game, sistem operasi, hingga software mobile. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk cyber security karena bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membangun firewall, antivirus, dan sistem enkripsi.

Related Post :

popup image