Loopback Address

Loopback Address

Loopback Address adalah Alamat IP (IP Address) yang dialokasikan software untuk mengakses host itu sendiri. Loopback Address tidak mewakili hardware yang tidak terkoneksi dengan suatu network hanya digunakan untuk menjalankan aplikasi secara lokal dalam host yang bersangkutan.

IP loopback merupakan IP yang digunakan sebagai router id dalam interface-interface loopback. interface loopback sendiri adalah interface logikal, artinya interface ini secara nyata tidak ada atau virtual. Oleh karena itu, IP loopback sangat penting digunakan dalam router OSPF. Loopback Address di MikroTik juga merupakan address yang terpasang pada interface bridge tanpa ada port-nya. IP loopback di set dengan IP yang tertinggi yaitu dengan subnet mask 255.255.255.255.

Secara default router id dalam sebuah router diambil dari IP tertinggi dan jadi masalah ketika interface ini mati, maka yang akan dilakukan adalah memilih DR/BDR yang baru. Akan tetapi jika kasus pada interfacenya mati-hidup dan seterusnya, maka pemilihan DR/BDR akan berulang-ulang dan tidak selesai, dan pertukaran LSA tidak akan terjadi sehingga proses convergence menjadi kacau. IP loopback mengatasi permasalahan ini, karena ip loopback tidak akan down karena IP ini tidak menghubungkan ke suatu network tertentu atau interface nyata.

Related Post :

popup image