Lightwieght Directory Access protocol (LDAP)

Lightwieght Directory Access protocol (LDAP)

LDAP

LDAP (Lightwieght Directory Access protocol) adalah Protokol yang digunakan untuk mengkases berbagai informasi dalam suatu direktori. LDAP dikembangkan atas dasar X.500 hanya saja lebih mudah dan mendukung TCP/IP. Walaupun penggunaannya belumlah luas tapi LDAP yang merupakan Open Protocol sangat fleksibel karena bisa diimplementasikan untuk aplikasi seperti E-mail, Public Key dengan berbagai platform dan sistem operasi.

LDAP ini merupakan bagian dari Internet Protocol. LDAP ini digunakan untuk mengakses suatu directory misalnya directory telepon, directory email suatu perusahaan dan lain sebagainya. Pada LDAP ini tidak hanya membaca informasi, tetapi juga bisa menambah dan mengupdate informasi yang ada directory tersebut.

LDAP juga sudah dilengkapi SASL (Simple Authentication and Security Layer) untuk memerika dan memastikan apakah suatu user berhak dan diperbolehkan masuk atau tidak. Karena itulah LDAP juga banyak digunakan untuk ‘single sign on’, yaitu dengan sekali sign-on, user dapat mengakses berbagai aplikasi yang telah disediakan.

Butuh Layanan Custom untuk Perusahaan Anda  ?
Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update