Git

 

Git adalah sebuah VCS (Version Control System) untuk proyek software. Git juga dikenal sebagai distributed revision control (VCS terdistribusi), ini berarti penyimpanan database Git tak hanya berada dalam satu tempat saja.

Git berfungsi untuk mencatat tiap perubahan pada file proyek yang sudah dikerjakan oleh para developer, baik bersama-sama maupun sendiri. Aplikasi ini pertama kali diciptakan oleh Linus Torvalds.

Semua programmer yang terlibat menulis kode dalam sebuah project akan menyimpan hasil pekerjaan mereka dalam database Git. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan proyek tersebut, baik secara online maupun offline. Dalam Git, terdapat istilah Merge, yakni aktivitas untuk menggabungkan kode yang telah dikerjakan.

Git berfungsi untuk memantau segala perubahan pada file proyek, setelah itu menyimpannya ke dalam database. Biasanya untuk mengerjakan sebuah project kita membuat file yang telah diperbarui dan menyimpannya dengan pilihan save as. Selanjutnya, file-file lama tersebut menumpuk dalam direktori proyek. Sementara, jika Anda menggunakan Git, hanya ada satu file terbaru yang tampil di direktori project. Perubahan-perubahannya dan file-file lama akan disimpan dalam database.

Selain untuk mengontrol versi dan menghemat ruang penyimpanan, Git juga memudahkan programmer untuk melakukan kolaborasi dalam pembuatan dan pengembangan aplikasi. Karena itulah, Git menjadi salah satu tools pemrograman yang populer digunakan oleh para developer saat ini.

Related Post :