New Technology File System (NTFS)

NTFS

NTFS kepanjangan dari New Technology File System, yang merupakan sebuah sistem berkas yang masukkan oleh Microsoft dalam kumpulan sistem operasi windows NT, yang terdiri dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7.

NTFS memiliki beberapa fitur-fitur terbaik yang dibutuhkan dalam pendistribusian, misalnya seperti access control (pengaturan akses) sehingga siapapun dapat mengakses berkas-berkas (directory), penetapan seberapa banyak kuota yang dapat digunakan dalam kapasitas hardisk, toleransi pada kesalahan, serta fitur enkripsi. NTFS telah mengalami banyak perkembangan hingga kini, sehingga terdapat beberapa versi NTFS yang sudah pernah diluncurkan. Mulai dari versi 1.0 (Windows NT 3.1), versi 1.1 (Windows NT 3.50), versi 1.2 (Windows NT 4.0), versi 2.0 (tidak dilanjutkan), versi 3.0 (Windows 2000), dan versi 3.1 (Windows server 2003 dan Windows XP SP1)

Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibanding kelompok sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibuuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktory, penetapan kouta berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hardisk, fitur enkripsi serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance).

Related Post :

popup image