DBMS (Database Management System)

apa itu dbms

Database Management System (DBMS) atau Sistem Manajemen Basis Data adalah sebuah paket perangkat lunak yang dirancang untuk mendefinisikan, memanipulasi, mengambil, dan mengelola data dalam database. Sebuah DBMS umumnya digunakan untuk memanipulasi data itu sendiri, format data, nama field, struktur record dan struktur file, disamping itu juga mampu mendefinisikan aturan untuk memvalidasi dan memanipulasi data.

Anda bisa mengatur paket software ini berdasarkan konsep data handling tertentu, seiring dengan berkembangnya praktik pengadministrasian database. Lebih lanjut, basis data paling awal hanya menangani bagian tunggal dari data yang diformat khusus. Sistem yang lebih berkembang saat ini dapat menangani berbagai jenis data yang kurang diformat dan mengikatnya bersama-sama dengan cara yang lebih rumit serta kompleks.

Fungsi lain DBMS (Database Management System) adalah sebagai antarmuka antara pengguna akhir dan database, memungkinkan pengguna untuk membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam database. Cara pendataan modern ini menawarkan banyak keuntungan dibandingkan sistem file tradisional, termasuk fleksibilitas dan sistem backup yang lebih kompleks.

DBMS dapat mengklasifikasikan data berdasarkan berbagai kriteria seperti model data, distribusi basis data, atau nomor pengguna. Hal ini membuatnya menjadi andalan banyak perusahaan, organisasi, bisnis dan lainnya dalam menyimpan data serta informasi sensitif mereka.

Ada beberapa jenis DBMS, beberapa diantaranya memiliki sambungan yang rumit dan ada juga yang berbentuk seperti tre e-family dan juga many-to-many. Adapun jenis-jenis tersebut seperti Hierarchical DBMS, Network DBMS, Relational DBMS, dan Object-Oriented Model.

Lebih lanjut, DBMS dapat digunakan untuk membantu berbagai industri seperti pada bidang perbankan, toko online, pendidikan, manufaktur, dan sebagainya. Dengan demikian, menggunakan paket software ini akan membantu sistem data yang lebih terpusat, menghindari duplikasi data, mempermudah identifikasi data, menjaga keamanan data, dan mudah diakses secara multi-user. 

 

Related Post :