Uniform Resource Locator (URL)

Uniform Resource Locator (URL)

URL

URL adalah rangkaian karakter dengan format standar tertentu, yang digunakan sebagai penunjuk alamat dari sebuah sumber daya di internet, baik itu dokumen, file gambar, teks, dan lainnya. Sebagian besar pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan URL (Uniform Resource Locator) karena sering digunakan ketika berselancar di internet. Namun, tidak semua orang mengerti apa pengertian URL itu sendiri.

Kepanjangan dari URL adalah Uniform Resource Locator dimana hal ini merujuk pada karakter tertentu, biasanya berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www). URL digunakan untuk mengidentifikasi lokasi sebuah file dalam internet. URL digunakan tak hanya untuk membuka sebuah situs web, tetapi juga untuk mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya.

Sebagai contoh, alamat URL https://idcloudhost.com/panduan/permintaan-faktur-pajak-layanan-idcloudhost/file.txt strukturnya adalah sebagai berikut:

  • https : menunjukkan protokol dimana fungsinya adalah menentukan jenis server yang berhubungan dengan Anda
  • idcloudhost: adalah nama Domain
  • com: ekstensi dari top level domain
  • panduan: adalah nama folder yang Anda klik untuk membuka dokumen yang dituju, sekaligus mewakili direktori untuk pengaturan halaman web atau file.
  • file.txt: merupakan file yang sebenarnya ditunjuk oleh URL.
Butuh Layanan Custom untuk Perusahaan Anda  ?
solusi sempurna untuk bisnis anda
Subscribe here to get update